Berikut Ini Beberapa Tips Dan Cara Terbaik Untuk Perawatan Mata Kita

Melakukan perawatan untuk mata kita merupakan sebagian hal yang wajib rutin di lakukan untuk mengetahui kesehatan kesehatan mata kita. Memiliki pemeriksaan mata melebar yang komprehensif adalah salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk memastikan bahwa mata kita dalam keadaan sehat. Jutaan orang memiliki masalah dengan penglihatan setiap tahunnya. Beberapa masalah ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan secara permanen bahkan sampai kebutaan, sementara masalah lainnya adalah masalah umum yang dapat dengan mudah dibantu atau di sembuhkan dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Tips untuk menjaga kesehatan mata

  • Memiliki pemeriksaan mata melebar yang komprehensif. Suatu pemeriksaan mata melebar adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi berbagai penyakit umum pada mata seperti glaukoma, penyakit mata diabetes dan degenerasi makula terkait usia.
  • Mengetahui sejarah kesehatan mata keluarga kita. Sangat penting untuk mengetahui apakah telah ada salah satu dari anggota keluarga kita yang telah di diagnosis dengan penyakit atau kondisi tertentu yang berhubungan dengan mata. Hal ini akan membantu untuk menentukan apakah kita berada pada risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit tersebut atau tidak.
  • Makan-makanan yang benar untuk melindungi penglihatan kita. Makan makanan yang kaya akan vitamin seperti buah-buahan dan sayuran, khususnya sayuran hijau gelap seperti bayam, kangkung, atau daun sawi hijau sangatlah penting untuk menjaga mata kita agar tetap sehat. Penelitian juga menunjukkan ada manfaat kesehatan mata dari ikan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3 nya, seperti salmon, tuna, dan halibut.
  • Menjaga berat badan yang sehat. Meningkatnya berat badan atau obesitas merupakan awal dari risiko terkenanya penyakit lain seperti diabetes dan kondisi sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, seperti penyakit mata diabetes atau glaukoma. Jika kita mengalami kesulitan menjaga berat badan yang sehat, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter.
  • Memakai kacamata pelindung. Kacamata pelindung termasuk kacamata pelindung untuk menjaga mata yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan yang benar untuk aktivitas tertentu yang melibatkan mata kita untuk bekerja.
  • Berhenti merokok. Merokok merupakan hal yang buruk yang dapat berpengaruh langsung terhadap mata kita. Penelitian telah menyebutkan bahwa merokok dapat meningkatan risiko penyakit lain yang akan mengembangkan permasalahan pada mata kita yang berkaitan dengan usia degenerasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik, yang semuanya dapat menyebabkan kebutaan.
  • Menggunakan kacamata disaat cahaya begitu terang. Kacamata adalah aksesori fashion yang sangat membantu yang bertujuan untuk menjaga mata kita dari sinar ultraviolet matahari. Ketika membeli kacamata hitam yang akan memblokir 99-100 persen dari kedua sinar yang dapat membahayakan ini seperti UV-A dan radiasi UV-B.
  • Memberikan waktu istirahat untuk mata. Jika kita menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau hanya terfokus pada satu hal saja dalam waktu yang lama, kadang-kadang kita lupa untuk berkedip dan membuat mata kita menjadi cepat lelah. Cobalah aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit mencoba untuk berpaling melihat objek yang jauh sekitar 20 kaki di depan kita selama 20 detik. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan pada mata.
  • Bersihkan tangan dan lensa kontak kita. Untuk menghindari adanya risiko infeksi pada mata kita, selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum meletakkan atau mengambil lensa kontak yang akan kita gunakan. Pastikan untuk mensterilkan lensa kontak seperti yang diperintahkan dan menggantinya secara teratur.
  • Menjaga keselamatan mata di tempat kerja. Pengusaha diminta untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman. Ketika kacamata pelindung diperlukan sebagai bagian dari pekerjaan kita, contohnya seperti kita kerja selalu menghabiskan waktu berlama-lama di komputer dan di haruskan kita menggunakan kacamata antiradiasi untuk menjaga mata kita agar tidak rusak akibat terlalu lama menatap komputer.

Nah berikut ini merupakan beberapa faktor resiko rusaknya mata kita, seperti :

Age Macular Degenration atau AMD merupakan faktor resiko yang berkaitan dengan usia biasanya terjadi pada orang yang berusia 50 tahunan dan lebih tua. Faktor risiko lain adalah sebagai berikut :

  • merokok, penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko AMD dua kali lipat
  • ras, kaukasia lebih mungkin untuk mendapatkan AMD daripada orang-orang keturunan Afrika
  • sejarah keluarga, orang dengan riwayat keluarga AMD berada pada risiko yang lebih tinggi

Katarak akan mempunyai risiko tersendiri yang akan meningkat seiring bertambahnya usia. Faktor risiko lain untuk katarak meliputi :

  • penyakit tertentu seperti diabetes
  • kebiasaan buruk seperti merokok dan alkohol
  • lingkungan seperti paparan sinar matahari

Diabetes Retinopati

  • penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2
  • Selama kehamilan, diabetes retinopati mungkin menjadi masalah bagi wanita penderita diabetes
  • Semakin lama seseorang memiliki diabetes, semakin besar kesempatannya mengembangkan diabetes retinopati

Glaukoma, Siapapun dapat mengembangkan penyakit glaukoma. Beberapa orang di bawah ini berada pada risiko yang lebih tinggi terkait pengembangan penyakit glaukoma :

  • Afrika Amerika di atas usia 40 tahun
  • semua orang di atas usia 60, orang Amerika terutama Meksiko
  • orang dengan riwayat keluarga glaukoma
Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *