Berikut Ini Berbagai Macam Pengaruh Tidur Terhadap Tubuh Kita

Kita perlu tidur yang teratur sama seperti dengan apa yang kita butuhkan untuk kegiatan bernapas dan makan. Saat kita sedang tidur, tubuh kita akan sibuk memperbaiki kesehatan fisik dan mental kita untuk membuat keadaan tubuh kita siap dalam menghadapi aktivitas di hari berikutnya.  Pada tubuh anak-anak dan remaja, hormon yang mendorong pertumbuhan tubuh mereka akan dilepaskan selama dalam keadaan tidur. Hormon-hormon ini membantu membangun massa otot, serta membuat perbaikan sel dan jaringan. Tidur sangat penting untuk pengembangan selama masa pubertas.

Nah berikut beberapa pengaruh tidur terhadap tubuh

Bagaimana jika kita kurang tidur ?

Otak kita tidak dapat akan berfungsi dengan baik dalam mempengaruhi kemampuan kogniti dan keadaan emosi kita. Jika kebiasaan ini di lakukan dalam jangka waktu yang lama, dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita dan mempermudah tubuh kita untuk terserang penyakit kronis. Tanda-tanda yang lebih jelasnya lagi dari kurangnya waktu tidur yaitu adanya rasa kantuk yang berlebihan, menguap, dan mudah tersinggung. Kurang tidur yang kronis dapat mengganggu keseimbangan, koordinasi, dan kemampuan dalam pengambilan keputusan.

Ketika kita kurang tidur

Efek dari mengkonsumsi alkohol terlalu berlebihan yaitu seperti risiko terjadinya kecelakaan. Menurut Harvard Medical School, studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari lima jam setiap malam meningkatkan risiko kematian sekitar 15 persen di bandingkan dari semua penyebab kematian lainnya. Kurang tidur sangat berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik kita dan secara dramatis dapat menurunkan kualitas hidup kita.

Sistem syaraf pusat

Letak sistem saraf pusat kita merupakan jalannya berbagai informasi dari tubuh kita. Selama tidur, otak akan memproses neuron dan membentuk jalur saraf pusat yang baru sehingga kita siap untuk menghadapi aktivitas lagi di pagi hari. Pada anak-anak dan dewasa muda, otak akan melepaskan hormon pertumbuhan selama tidur. Saat kita sedang tidur, tubuh kita juga akan memproduksi protein yang membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.

Kurang tidur membuat otak kehilangan fungsinya

Hal ini akan membuat membuat fungsi otak menjadi rusak. Kita akan merasakan perasaan lemas dan banyak menguap serta perasaan lesu. Kurang tidur mengganggu kemampuan kita dalam berkonsentrasi untuk belajar hal-hal baru, ini dapat berdampak negatif terhadap memori otak dalam jangka panjang dan juga akan menghambat kita dalam berkreativitas. Saat emosi pun akan berpengaruh pada otak, membuat kita menjadi seseorang yang tempramental danterganggunya fungsi kognitif di otak.

Kurang tidur dalam jangka waktu yang lama

Akan ada resiko mudahnya kita untuk berhalusinasi, terutama jika kita menderita narkolepsi atau lupus erythematosis sistemik. Kurang tidur dapat memicu seseorang menderita penyakit mania atau gangguan bipolar pada orang yang memiliki manik depresi. Risiko lainnya termasuk perilaku impulsif, depresi, paranoia, dan pemikiran lain untuk bunuh diri.

Efek samping dari kurang tidur yaitu adanya gangguan tidur mikro

Gangguan tidur mikro akan menyerang kita ketika kita hanya mampu tidur dalam beberapa menit saja setiap hari. Jika kita kurang tidur, maka dengan mudah gangguan tidur mikro akan menyerang kita. Hal ini juga dapat membuat kita lebih rentan terhadap cedera karena tidak adanya keseimbangan seperti dalam bekerja atau berjalan yang memudahkan kita untuk terjatuh maupun kecelakaan. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, kurang tidur merupakan penyebab umum dalam kecelakaan tragis yang melibatkan pesawat terbang, kapal, dan bahkan kebocoran reaktor nuklir.

Sistem kekebalan

Ketika kita sedang tidur, sistem kekebalan tubuh akan memproduksi sitokin pelindung dan antibodi untuk melawan infeksi pada sel-sel. Sitokin dan zat pelindung lainnya juga membantu kita untuk tertidur, memberikan peranan penting pada sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi lebih banyak energi dalam mempertahankan serangan penyakit.

kurang tidur meningkatkan produksi hormon stres kortisol

Kurang tidur dapat menurunkan kadar hormon yang disebut leptin, yang berfungsi untuk memberitahu otak kita bahwa perut kita sudah cukup makan. Selain itu, meningkatkan kadar yang disebut ghrelin biokimia, yang merupakan perangsang nafsu makan. Kurang tidur akan membuat tubuh kita melepaskan tingkat yang lebih tinggi dari insulin setelah kita makan, memproduksi banyak lemak di penyimpanan lemak dan meningkatkan risiko kita terkena diabetes tipe 2.

Sistem kardiovaskular

Berat badan akan lebih mudah naik ketika kita kekurangan tidur setiap hari, kita juga lebih rentan terhadap peningkatan risiko masalah dengan sistem kardiovaskular. Tidur mempunyai peran penting untuk menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. Kurang tidur dapat menyebabkan risiko yang lebih tinggi pada masalah kesehatan yang lebih kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Menurut Harvard Medical School, untuk orang-orang penderita hipertensi, satu malam tanpa tidur yang cukup saja dapat menyebabkan tekanan darah tinggi di hari-hari berikutnya.

Jika kita kekurangan waktu tidur, hal ini tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Mari ketahui lebih lanjut mengenai bebererapa efek berbahaya yang di sebabkan oleh tidur terlalu malam.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *