Berikut Ini Bukti Kematian Orang-Orang Yang Disebabkan Oleh Kafein

Kematian yang disebabkan oleh minuman berkafein atau minuman berenergi sangat terbilang langka terjadi, namun jika sebagian orang tersebut mempunyai masalah kondisi medis yang mendasarinya bisa menjadi lebih rentan loh terhadap overdosis kafein walaupun dengan jumlah yang lebih kecil akan resiko kematiannya yang tinggi. Tapi sayangnya, sekarang ini sudah banyak orang meninggal yang diakibatkan terlalu banyaknya asupan makanan atau minuman berkafein. Untuk itu, disini kita akan membahas sedikit beberapa kasus kematian yang disebabkan oleh kafein:

Kematian yang disebabkan oleh pil kafein

Pil kafein merupakan jenis obat yang berbahaya karena kandungannya yang tinggi akan dosis besarnya terhadap kafein yang dapat digunakan hanya dalam beberapa kali pada waktu singkat.

  • Kematian seorang remaja berusia 19 tahun asal Connecticut, yang dipercaya sebagai akibat dari “toksisitas kafein“, karena penggunaan dosis tinggi dua lusin tablet No-Doz. Penghitungan cepat dari dosis tersebut setara dengan sekitar 4800 mg kafein (dan ini adalah efek kerja yang terbilang maksimum dari obat No-Doz).

Karena sekarang ini zaman sudah semakin canggih sehingga memungkinkan adanya sebuah produksi obat-obatan tertentu yang mengemas suplemen atau tablet yang mempunyai kandungan tinggi kafein. Untuk itu, kita harus berhati-hati lagi dengan penggunaan jenis pil kafein tersebut, terutama jika kita memiliki masalah kesehatan yang buruk, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

Lihat juga beberapa makanan penyebab gigi rusak!

  • Kasus ini juga telah merenggut nyawa seseorang asal Inggris berusia 26 tahun, yang ditemukan tewas setelah ia mengkonsumsi 50-100 jenis pil yang mengandung tinggi kafein yang disebut EPH25.

Pil ini juga mengandung efedrin dan suplemen berbahaya lainnya serta dengan kandungan kafeinnya yang tinggi yaitu sekitar 200mg.

  • Kejadian yang sama juga menimpa perempuan Inggris lainnya yang juga baru-baru ini mengalami overdosis dengan mengambil pil diet secara berlebihan tanpa mengetahui dosis umum yang harus digunakannya. Pil diet itu dikenal sebagai Fat Metaboliser Capsule, tetapi dalam kasus ini belum diketahui berapa banyak kandungan kafein yang terdapat dalam pil tersebut, tetapi ahli forensik sudah menetapkan bahwa banyaknya pil yang dikonsumsi tersebut setara dengan lebih dari 50 cangkir kopi mengenai kandungan tinggi kafeinnya.
  • Sama halnya dengan kasus sebelumnya, kematian juga menimpa seorang laki-laki dari Inggris yang baru-baru ini overdosis penggunaan pil raspberry keton yang juga memiliki kandungan tinggi kafein yaitu sekitar 160 mg.

Kematian yang disebabkan oleh minuman berenergi

  • Remaja asal Ohio, AS, ditemukan tewas setelah menelan dosis besar bubuk kafein murni. Ahli forensik juga mengatakan bahwa kandungan kafein yang terkonsentrasi dalam darah pemuda tersebut memiliki lebih dari 70 mikrogram kafein per mililiter darah. Pada dasarnya dosis normal kafein itu menempatkan hanya pada sekitar 1-15 mikrogram per mililiter darah.
  • Kejadian yang sama dialami oleh warga Australia yang berumur 28 tahun pada tahun 2009 lalu, yang tewas setelah meminum 7-8 kaleng minuman energi dalam satu waktu dan paling parahnya lagi yaitu meminumnya pada waktu pagi hari. Beberapa menit setelah menghabiskan beberapa kaleng minuman berenergi, pria tersebut langsung mengalami serangan jantung. Karena sudah banyak diketahui bahwasanya minuman berkafein atu berenergi tersebut mempunyai efek yang sangat berbahaya terhadap jantung kita. Dan minuman berkafein juga termasuk kedalam beberapa penyebab urin menjadi berbau, untuk itu kita harus lebih berhati-hati lagi ya dalam memakan jenis asupan makanan yang akan kita konsumsi.
  • Seorang pria asal Nigeria meninggal setelah meminum 8 kaleng meminum minuman bermerek bernergi. Beberapa saat setelah meminum 8 kaleng, pria tersebut langsung mengalami kejang-kejang dan tidak sadarkan diri, kemudian meninggal.
  • Kematian tragis pun terjadi yang di alami oleh seorang gadis asal Amerika Serikat pada tahun 2011, yang mengalami serangan jantung setelah mengkonsumsi sekitar dua kaleng minuman berenergi (bersoda) yang mengandung 480mg kafein.
  •  Pada tahun 2013, seorang ibu mengajukan gugatan terhadap perusahaan raksasa produsen minuman berenergi atas kematian anaknya yang berusia 19 tahun. Anaknya tersebut mengkonsumsi 3 kaleng minuman bersoda (dengan merek terkenal yang sudah diketahui banyak orang) hanya dalam kurun waktu dalam 24 jam sebelum meninggal. Karena sudah dilakukan penelitian bahwasanya minuman berenergi tersebut memiliki kandungan yang sangat tinggi akan kafeinnya yaitu sekitar 480 miligram kafein.

Karena benar saja, kalau kafein tersebut sangat berpengaruh terhadap tubuh kita, entah itu mempengaruhi secara fisik maupun secara mental. Jadi sudah seharusnya kita untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan dan terlebih dahulu mengetahui mengenai efek yang dapat ditimbulkan oleh minuman berkafein tersebut. Pada dasarnya kafein ini juga sudah digunakan oleh banyak orang untuk menjaga tubuh kita agar tetap terjaga dan supaya tidak mudah mengantuk. Tapi jika kita mempunyai masalah gangguan tidur yang berlebihan, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur kita secara alami dan cepat tanpa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *