Berikut Ini Tanda-Tanda Bahwa Kulit Anda Menderita Penyakit Kudis

Kudis disebabkan oleh tungau yang berbentuk seperti serangga kecil yang disebut Sarcoptes scabiei. Tungau sendiri merupakan sejenis parasit yang hidup di dalam atau luar permukaan kulit dari tubuh manusia yang tidak sama sekali memberikan manfaat untuk tubuh kita. Tungau ini menyebabkan penyakit kulit, tungau sendiri ukurannya cukup kecil, berwarna krem, di punggung mereka terdapat duri dan bulu, dan terdapat empat pasang kaki. Tungau betina lebih besar (sekitar 0,4 mm x 0,3 mm) dibandingkan dengan laki-laki (0,2 mm x 0,15 mm), bentuk dari tungau bisa kita lihat dengan bentuk titik saja ketika kita melihat dengan mata telanjang.

Tungau betina membentuk tempat tinggal dengan cara membuat terowongan di dalam kulit lalu bertelur, dan bisa melahirkan sekitar 40-50 telur yang tentunya di letakan di tempat tinggalnya tersebut. Telur menetas menjadi larva setelah 3-4 hari kemudian tumbuh menjadi dewasa dalam waktu 10-15 hari.

Sebagian besar gejala kudis disebabkan karena adanya respon sistem kekebalan tubuh kita terhadap air liur, telur atau kotoran tungau. Dengan kata lain, gejala ruam dan gatal-gatal sebagian besar disebabkan oleh adanya alergi dari tubuh kita terhadap tungau. Rata-rata banyaknya jumlah tungau yang hidup atau bersarang pada orang yang sudah terinfeksi sekitar 12.

Penyakit kudis sendiri merupakan penyakit kulit yang umum terjadi di wilayah kekuasaan Ratu Elizabeth ini yaitu Di Inggris, sekitar 1 dari 1.000 orang telah mengembangkan penyakit kulit ini setiap bulannya. Penyakit kudis sangatlah umum menyerang masyarakat di daerah perkotaan, pada wanita dan anak-anak dan di saat musim dingin. Kasus ini juga sangatlah umum terjadi di banyak belahan dunia, terutama di mana ada kemiskinan serta kepadatan penduduk. Selain itu, penyakit kulit ini juga mengeluarkan gejala-gejala yang tentunya membuat keadaan kulit kita menjadi tidak nyaman dan tidak sehat serta berubahnya keadaan permukaan kulit kita.

Nah berikut ini beberapa gejala yang di timbulkan akibat penyakit kudis :

Gatal-gatal, ini merupakan gejala utama dari penyakit kudis. Awalnya keadaan ini cenderung hanya berada di satu tempat, dan kemudian menyebar ke daerah lain. Rasa gatal pada umumnya akan lebih buruk ketika terasa pada malam hari atau setelah mandi menggunakan air panas. Rasa gatal seketika akan menyeluruh dan membuat permukaan badan kita terasa panas. Kita bisa menggunakan obat antibiotik untuk meringankan gejala ini.

Terowongan tungau/liang, ini dapat dilihat pada kulit kita seperti ada garis-garis halus, gelap, atau keperakan, panjang sekitar 2-10 mm. Mereka sering diam pada bagian kulit yang longgar seperti di antara jari-jari, permukaan bagian dalam pergelangan tangan, dan tangan. Namun, mereka dapat terjadi pada setiap bagian lain dari kulit di tubuh kita.

Ruam, ruam biasanya muncul setelah kita merasakan gatal di kulit. Hal ini biasanya dapat muncul di manapun pada tubuh. Ruam ini akan terlihat jelas di bagian dalam paha, bagian perut, bokong, ketiak, dan sekitar puting susu pada wanita. Munculnya ruam ternyata memiliki ciri-ciri yang khas. Namun, beberapa orang akan mengembangkan ruam yang tidak biasa yang mungkin akan membingungkan dengan beberapa kondisi kulit lainnya.

Goresan, menggaruk secara terus-menerus dengan kasar karena rasa gatal dapat menyebabkan kerusakan kulit. Dalam beberapa kasus, kulit yang rusak akan mudah terinfeksi oleh kuman lain seperti bakteri. Ini merupakan infeksi kulit sekunder. Jika kulit mudah terinfeksi dengan bakteri, kulit akan menjadi merah, meradang dan terasa panas.

Kondisi kulit yang tidak nyaman, kudis dapat memperburuk gejala kondisi kulit lainnya, masalah kulit terutama gatal seperti eksim, atau masalah seperti psoriasis. Pada awalnya kondisi penyakit ini sangat sulit untuk di diagnosis karena banyaknya kesamaan yang mirip dengan penyakit kulit lainnya seperti eksim dll.

Berikut ini bagian daerah yang sering di jadikan tempat tinggal oleh serangga kecil penyebab penyakit kudis ini, seperti pada bayi dan balita, daerah yang paling sering terinfeksi adalah:

  • kepala
  • leher
  • tangan
  • telapak kaki

Tempat umum terjadinya ruam pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa termasuk :

  • pergelangan tangan
  • siku
  • ketiak
  • puting susu
  • zakar
  • pinggang
  • pantat
  • daerah antara jari-jari

Ruam sendiri dapat menyebabkan kulit menjadi melepuh atau seperti adanya benjolan jerawat serta tempat liang tungau yang juga dapat dilihat pada kulit. Beberapa orang penderita kudis dapat mengembangkan bentuk lain dari penyakit kudis yang dikenal sebagai kudis Norwegia, ini merupakan jenis yang lebih parah dan sangat dengan mudah untuk menular. Kulit orang yang berkudis dapat membuat kulit kerak yang tebal dan terdapat ribuan tungau serta telurnya. Kulit yang berkudis biasanya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, termasuk orang penderita HIV atau AIDS, orang yang menggunakan steroid atau perawatan lain seperti obat-obatan tertentu untuk rheumatoid arthritis, atau orang-orang yang sedang menjalani kemoterapi. Tungau dapat mengalahkan sistem kekebalan tubuh dengan mudah dan berkembang biak pada tingkatan yang lebih cepat.

Berikut ini metode alami untuk menyembuhkan penyakit kudis

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *