Berikut Makanan Yang Menyebabkan Gigi Menjadi Kuning

Memiliki senyum berseri-seri dengan gigi putih indah dan sehat saat ini sama pentingnya dengan memiliki gaya rambut atau pakaian yang sudah menjadi fashion. Dengan gigi putih bersih tentunya kita akan menjadi lebih percaya diri saat tersenyum ataupun tertawa, tidak hanya itu, gigi bersih pun akan mencegah gigi dari kerusakan dan tentunya nafas kita pun menjadi lebih segar.

Bagaimana ini bisa terjadi ?

Perubahan warna gigi bukan sesuatu yang dapat dengan cepat di perbaiki seperti semula agar warnanya agar tampak putih kembali. Perubahan warna gigi adalah proses dimana gigi kehilangan warna putih dan berubah menjadi warna kuning gelap. Hal ini terjadi secara alami ketika lapisan luar dari enamel gigi mulai melemah dan ternyata mulai menembus lalu menunjukkan warna yang lebih gelap atau lebih kuning pada bagian bawah dentin. Enamel atau Email adalah lapisan yang melindungi gigi kita dan enamel dapat hilang dengan sendirinya secara alami dari waktu ke waktu.

Penyebab Gigi Menguning Dan Tipsnya

Teh Hitam dan kopi

Teh dan kopi, keduanya mengandung tanin yang dapat dengan mudah menyebabkan perubahan warna pada gigi. Tanin merupakan biomolekul yang dapat ditemukan di banyak tanaman, pohon dan tumbuhan yang berbeda. Mereka secara alami berwarna gelap dan dapat dengan mudah menempel di berbagai permukaan dan senyawa, seperti enamel gigi. Setelah minum teh atau kopi, residu dari tanin akan tetap menempel pada gigi hingga satu jam setelahnya secara bertahap akan mulai melemah dan larut.

Tip : Mengurangi asupan harian teh hitam dan kopi akan membantu mencegah gigi dari perubahan warna. menggantikan teh hitam dengan teh hijau juga akan membantu gigi untuk mempertahankan warna putih alami mereka, ditambah dengan kandungan yang lebih sehat dari teh hijau daripada teh hitam atau kopi. Menyikat gigi setelah minum teh atau kopi bisa menjadi cara efektif untuk mencegah gigi dari perubahan warna kuning, tetapi, menyikat setelah minum juga dapat merusak bagian enamel gigi. Kita harus menunggu selama satu jam, lalu kemudian kita bisa menyikat.

Tembakau

Merokok atau mengunyah tembakau dapat menyebabkan sejumlah kondisi masalah mulut yang serius, termasuk perubahan dengan menguningnya gigi. Pada catatan yang lebih serius, merokok secara teratur dapat menyebabkan penyakit gusi dan gigi. Produk tembakau mempengaruhi gigi dengan mengganggu fungsi normal dari jaringan gusi. Hal ini menyebabkan sariawan, infeksi dan kondisi lainnya dengan melemahkan gigi dan gusi sedemikian rupa dan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Tip : Mengurangi asupan tembakau atau berhenti melakukan kebiasaan merokok adalah cara yang tepat untuk mencegah gigi, dan mulut, dari terinfeksi. Mengunyah permen karet bebas gula dan air minum setelah merokok dapat membantu untuk membilas mulut dan gigi dari zat berbahaya yang terkandung dalam produk tembakau dan asap. Perokok juga harus menyikat gigi secara teratur, setidaknya tiga kali sehari dan minum lebih banyak air.

Minuman Ringan

Minuman ringan seperti Coca-Cola, Pepsi dan Sprite mengandung banyak gula, asam sitrat dan asam fosfat. Ini menjadi penyebab lemahnya lapisan enamel pada gigi dan membuat pengikisan sehingga akan merusak bagian dalam gigi. Faktor utama rusaknya enamel pada gigi yaitu karena kandungan gula yang tinggi sehingga menyebabkan gigi menjadi lebih mudah untuk berubah warna (kuning). Produk Cola khususnya diketahui dengan cepat bahwa minuman tersebut menyebabkan perubahan warna gigi secara signifikan.

Tip : Banyak orang berpikir bahwa minuman ringan bebas gula menjadi alternatif yang lebih sehat, namun produk ini juga mengandung jumlah asam sitrat tinggi yang dapat merusak gigi. Mengganti minuman dengan jus atau air putih biasa menjadi cara alternatif untuk melindungi gigi dari kerusakan.

Permen dan cokelat

Permen dan cokelat mengandung tinggi kandungan gula, perasa dan pewarna. Kebanyakan permen akan meninggalkan warna di bagian lidah dan gigi setelah di makan. Permen keras yang membutuhkan waktu lama untuk makan juga berkontribusi terhadap menguningnya gigi, karena lamanya proses berada mereka di dalam mulut. Sederhananya, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk makan, semakin banyak kemungkinan akan merusak enamel gigi.

Tip : Semua kalangan begitu menyukai makanan manis ini. Permen ini menjadi penyebab kerusakan yang cukup besar untuk gigi dan karena itu seharusnya hanya dimakan pada waktu yang tidak terlalu sering.

Saus dan bumbu

Saus kari, saus tomat dan bumbu seperti cuka dan kecap semua mengandung pewarna yang berkontribusi terhadap perubahan warna gigi. Bahan pewarna dan zat adiktifnya sangat berperan terhadap melemahnya lapisan enamel gigi.

Tip : Saus dan bumbu lainnya merupakan bagian integral. Sayuran hijau tertentu seperti brokoli atau bayam, bekerja untuk memperkuat email gigi dan membantu memperkuat lapisan pelindung gigi.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *