Berikut Masalah Yang Dapat Timbul Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil

Buang air kecil merupakan proses pengeluaran cairan kotor dari dalam tubuh atau cairan urin dari kantung kemih. Kebiasaan banyak orang yang selalu menahan kencing dapat memiliki resiko kesehatan yang serius, karena dalam hal seperti menahan sesuatu yang seharusnya keluar dari dalam tubuh ini dapat membuat infeksi saluran kemih yang berat dan juga berbagai macam bakteri pun akan dengan mudah menginfeksi serta mempengaruhi saluran kemih.

Hal ini terjadi karena kuman muncul dalam urine yang telah menetap terlalu lama di dalam kandung kemih. Dengan berjalannya waktu, infeksi ini dapat menyebar ke ginjal dan menyebabkan kondisi yang lebih serius. Bagaimana kita dapat menahan cairan urin dalam tubuh kita ?…Sebagian besar wanita dapat menahan kencing selama tiga sampai enam jam, tetapi hal ini sangat tergantung pada banyaknya jumlah urin yang di tahan, asupan cairan dan juga kapasitas kandung kemih fungsional, yang merupakan kombinasi dari ukuran sebenarnya kandung kemih sensitivitas. Berikut masalah yang timbul akibat menahan buang air kecil :

Batu ginjal

Orang-orang yang rentan terhadap pertumbuhan batu ginjal di karenakan menahan pipis, tentunya harus di perhatikan lagi, karena konsekuensi yang beresiko dari batu ginjal bisa jauh lebih buruk. Batu ginjal bisa timbul dan tumbuh di akibatkan oleh kelebihan natrium dan kalsium, dan jika kandungan mineral ini tidak di keluarkan secara teratur melalui urin, ternyata batu tersebut akan mencoba untuk keluar melalui saluran kemih dan rasa sakit yang di timbulkan oleh batu ginjal inipun menghasilkan rasa sakit yang tak tertahankan.

Cystitis

Merupakan peradangan pada kandung kemih yang di sebabkan oleh bakteri yang menginfeksi saluran kandung kemih, penderita sistitis ini kebanyakan kaum perempuan. Dan berikut beberapa gejala dari sistitis :

  • Nyeri di bagian panggul
  • Ada perasaan seperti terbakar dan nyeri saat buang air kecil

Pembengkakan kandung kemih

Rata-rata kandung kemih dapat menyimpan hingga 15 ons cairan. Jika kita minum delapan gelas air sehari, jumlah cairan yang kita konsumsi dalam jumlah sekitar 64 ons, atau rata-rata dapat menyimpan hingga sekitar seperempat dari air yang kita minum setiap hari. Jika selalu menahan air kecing yang sudah terlalu banyak dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan pembengkakan kandung kemih karena air kencing trus menetap dalam jumlah banyak di dalam kandung kemih.

Timbul masalah lain

Dampak penyakit lain yang akan timbul di sebabkan oleh menahan pipis yaitu kita akan menderita beberapa efek samping lainnya seperti :

  • Rasa nyeri yang sangat saat buang air kecil
  • Demam yang disebabkan oleh efek dari bakteri yang sudah menetap dalam urin yang tidak dikeluarkan dari tubuh sehingga bakteri itupun menginfeksi saluran kandung kemih.
  • Sakit perut
  • Haid yang tidak teratur/terjadi dalam jangka waktu lama
  • Timbul rasa gelisah
  • Kesulitan untuk berkonsentrasi pada apa pun karena selalu ada keinginan untuk buang air kecil

Seperti yang sudah kita sadari, ada banyak masalah kesehatan yang dapat kita hindari dengan hanya selalu pergi untuk buang air kecil secara teratur ketika kandung kemih kita sudah terasa penuh dan jangan selalu menunda-nunda untuk kencing apalagi dalam jangka waktu yang lama.

kita berharap dengan anjuran ini akan membantu dan dapat berperan penting untuk kita dalam mengambil tindakan perawatan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita terutama untuk salah satu organ saluran pembuangan tubuh kita kandung kemih dan tentunya kita pun akan terbebas dari resiko berbahaya yang akan mempengaruhi tubuh serta untuk menjaga ginjal kita agar tetap dalam keadaan yang sempurna supaya kinerja dan fungsi ginjal tetap baik. Kita harus selalu ingat bahwa ginjal merupakan organ dalam ke dua paling penting dalam tubuh kita dan dengan pengaruh yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita dalam menyaring kotoran dalam darah kita yang selanjutnya di keluarkan bersamaan melalui urin.

Salah satu alasan utama yang selalu disarankan untuk mengkonsumsi cukup banyak cairan adalah karena hal itu akan membantu fungsi penting dari pembersihan ginjal yang benar-benar hanya dapat dilakukan melalui tidak berlebihan dan tidak berkurangnya dari dorongan cairan kotor melalui urin dari air yang kita minum.

Hidup sehat memanglah tidak sulit dengan apa yang harus kita lakukan seperti hidup tidak sehat, karena hidup tidak sehat lebih mahal, seperti kita pada zaman modern ini sudah banyak sekali makanan dan minuman yang bermerek dan cepak saji, tentunya kebanyakan orang sudah menjadikan kebiasaan ini sebagai gaya hidup yang tanpa mereka sadari bahwa makanan cepat saji dan minuman bermerek maupun minuman berenergi tentunya mempunyai efek samping yang buruk bagi tubuh karena kandungan berbahaya yang menjadi bahan dasar olahan minuman tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *