Berikut Penjelasan Mengenai Pencegahan Akibat Mata Lelah

Kelelahan mata atau mata tegang adalah kondisi umum yang di alami banyak orang ketika seseorang harus berada di depan komputer atau layar elekronik lainnya yang mengeluarkan cahaya. Gejala-gejala umum yang sering kita rasakan yaitu adanya rasa lelah pada bagian kelopak mata maupun bola mata, gatal, dan mata seperti terbakar.

Kelelahan pada mata bukanlah hal yang serius, kita dapat melakukan pencegahan ketika di dalam rumah, tempat kerja ataupun di luar rumah. Tapi kadang-kadang kelelahan mata adalah tanda kondisi yang mendasari bahwasanya kita perlu perawatan untuk kesehatan mata. Jika kelelahan mata masih berlanjut meskipun kita sudah melakukan tindakan pencegahan yang sederhana, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini sangat penting jika mata lelah yang anda alami dikaitkan dengan penyakit lain seperti sakit kepala atau dengan masalah mata lainnya seperti:

  • Rasa tidak nyaman pada mata
  • Penglihatan ganda
  • Perubahan signifikan dalam penglihatan

Penyebab mata lelah

Setiap aktivitas yang memerlukan penggunaan intensif oleh mata, seperti waktu berkendara dalam jangka waktu yang lama atau membaca dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Paparan cahaya terang atau melihat sesuatu dalam keadaan cahaya redup juga dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Salah satu penyebab paling umum dari kelelahan mata yaitu menatap terlalu lama pada perangkat digital yang mengeluarkan cahaya dengan radiasi tertentu, seperti :

  • Layar komputer
  • Smartphone
  • Video game

Jenis kelelahan mata atau ketegangan mata dikenal sebagai Computer Vision Syndrome. Ini biasanya mempengaruhi sekitar 50% -90% dari pekerja yang selalu menggunakan komputer. Beberapa penelitian mengatakan bahwa gejala mata yang berkaitan dengan komputer bertanggung jawab atas 10 juta perawatan primer pemeriksaan mata setiap tahun.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu menggunakan perangkat digital dengan jarak yang lebih dekat ke mata mereka, yang selalu membaca membaca buku dan surat kabar dengan keadaan jarak yang lebih dekat pada objek atau dalam keadaan ruangan cahaya yang tidak sempurna akan memaksa mata mereka untuk bekerja lebih keras dari biasanya karena mereka di haruskan untuk fokus pada ukuran huruf yang lebih kecil.

Perangkat digital juga sering dikaitkan dengan kelelahan mata karena kecenderungan untuk berkedip yang lebih sering ketika menatap layar komputer. Orang biasanya berkedip sekitar 18 kali per menit, ini memang benar secara alami menyegarkan mata, tetapi studi menunjukkan bahwa orang akan berkedip sekitar dua kali lipat saat menggunakan komputer atau perangkat digital lainnya dan mengakibatkan mata menjadi kering, lelah, gatal, dan perasaan mata seperti terbakar.

Gejala pada mata lelah

Kelelahan mata dikaitkan dengan gejala yang tidak nyaman dan menjengkelkan, seperti:

  • Sakit mata atau iritasi
  • Kesulitan fokus
  • Mata kering atau berair
  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya
  • Sakit di leher, bahu, atau punggung

Gejala-gejala ini dapat menurunkan produktivitas Anda. Hal ini dapat di kaitkan dengan kurang tidur, karena selama dalam tidur, mata yang seharusnya diisi ulang dengan nutrisi penting, justru menyebabkan iritasi mata secara terus-menerus.

Pencegahan mata lelah

Biasanya kelelahan mata dapat dicegah atau dikurangi dengan melakukan perubahan sederhana dalam kebiasaan bekerja atau kebiasaan beraktivitas dalam lingkungan.
Berikut adalah beberapa tips pencegahan dari National Eye Institute untuk menjaga mata anda agar tetap sehat.

Membuat perubahan saat bekerja menggunakan komputer, seperti:

  • Tempatkan layar 20-26 inci dari mata Anda
  • Secara teratur membersihkan debu, karena noda di layar dapat mengurangi kontras dan meningkatkan masalah dengan silau dan pantulan cahaya
  • Mengubah pencahayaan untuk mengurangi silau dan pantulan keras
  • Gunakan kursi yang sudah disesuaikan dengan jarak komputer

Membuat perubahan perubahan kecil di saat bekerja, seperti:

  • Cobalah aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, berpaling sekitar 20 kaki di depan Anda selama 20 detik
  • Melakukan istirahat secara teratur dari pekerjaan komputer

Jaga mata Anda dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Oleskan waslap yang dibasahi air hangat untuk mengusap mata yang lelah, mata kering (dalam keadaan mata tertutup).
  • Gunakan air mata buatan untuk menyegarkan mata Anda ketika mereka merasa kering.
  • Untuk membantu mencegah mata kering saat bekerja di dalam ruangan, gunakan pembersih udara untuk menyaring debu dan humidifier untuk menambah kelembaban udara.

Jika Anda mengalami kelelahan atau sakit pada mata, Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui secara pasti tentang apa yang anda alami. Kelelahan mata mungkin terkait dengan kondisi yang mendasari seperti ketidakseimbangan otot mata, adanya kebutuhan untuk memakai kacamata atau perubahan resep kacamata yang seharusnya di gunakan. Kaca okupasi mungkin diperlukan untuk beberapa orang yang menderita Computer Vision Syndrome. Sebuah bahan lensa tunggal atau lensa bifocal yang berwarna dapat membantu meningkatkan persepsi kontras dan menyaring silau dari cahaya reflektif untuk mengurangi gejala ketegangan pada mata.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *