15 Cara Alami Untuk Membuat Kulit Anda Tetap Sehat Dan Terlihat Muda

Kulit adalah organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. Berat kulit diperkirakan sekitar 7 % dari berat tubuh total. Pada permukaan luar kulit terdapat pori – pori (rongga) yang menjadi tempat keluarnya keringat. Tubuh tentunya membutuhkan nutrisi yang tepat untuk melawan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh kita. Nutrisi membantu sel-sel untuk mendapatkan lebih banyak energi. Makanan cepat saji, stres, banyaknya racun yang bersarang dan diet tak sehat akan mempercepat penuaan, jika kita melindungi diri dari bahan kimia berbahaya, tidur yang baik, istirahat yang cukup dan olahraga, tentunya akan membantu kita untuk memiliki kulit yang sehat cantik dan berseri.

Dalam menjaga penampilan tentunya kita di tuntut untuk memperoleh kulit yang cantik dan sehat, terutama di bagian muka, karena kita akan lebih percaya diri ketika kulit wajah kita cantik dan sehat tanpa adanya jerawat, bintik-bintik hitam, noda-noda, kerutan, warna kulit belang dan berminyak.

Berikut beberapa Tipsnya :

Minum banyak air putih

Fungsi tubuh tidak akan bekerja secara optimal ketika kita mengalami dehidrasi, dan jika mengalami dehidrasi, itu akan membuat kulit kita terlihat kusam, bersisik, kendor dan longgar karena kurangnya cairan dalam tubuh.

Makan makanan dengan kaya antioksidan

Antioksidan adalah sumber terbaik tubuh untuk melawan penyakit dan masalah penuaan dini dengan mengurangi kerusakan dan peradangan pada bagian kulit. Peradangan adalah penyebab utama pembentukan kerutan. Ini dia beberapa sumber terbaik dari kandungan antioksidan :

  1. Bluberi
  2. Delima
  3. Acai berry
  4. Goji berry
  5. Bayam
  6. Raspberi
  7. Biji
  8. Anggur ungu
  9. Gelap coklat (70% atau lebih tinggi dari kandungan cocoa)
  10. Teh hijau organik

Makan makanan organik

Ini akan membatasi konsumsi racun yang akan mencegah penuaan pada kulit.

Membatasi kulit dari paparan sinar matahari

Setiap hari matahari memproduksi vitamin D dan mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit, tapi dengan terlalu banyak sinar matahari yang secara kontak langsung dengan kulit justru akan membuat kulit menjadi rusak. Jangan lupa untuk selalu memakai kacamata hitam dan menggunakan tabir surya titanium dioksida.

Pilihlah produk kulit alami

Banyak produk perawatan kulit mengandung bahan kimia yang keras. Ketika mecoba menggunakan pelembab atau makeup, kita tidak pernah mengetahui bahwa bahan kosmetik tersebut terbuat dari bahan-bahan alami atau tidak, sehingga yang terjadi pada kulit kita menjadi tidak sempurna.

Gunakan produk pembersih non-toksik

Sangat penting untuk membatasi paparan bahan kimia beracun karena kulit dengan sangat mudah untuk menyerap bahan-bahan tersebut.

Menyimpan pot tanaman

Tingkat polusi dalam ruangan bisa lebih tinggi dari tingkat di luar ruangan, karena tumbuhan-tumbuhan akan bertindak sebagai filter dalam udara yang berpolusi atau berdebu.

Cukup vitamin C

Kita akan terhindar dari kulit keriput, jika kita melakukan diet yang sehat menggunakan tambahan suplemen Vitamin C. Para peneliti telah menemukan bahwa kulit yang mengandung vitamin C yang baik akan menghasilkan lebih banyak kolagen dari pada orang dengan kulit yang kekurangan Vitamin C.

Hindari gula

Hal ini menyebabkan kolagen rusak dan elastis, yang menyebabkan kulit mudah keriput.

Makan lemak sehat

Menambahkan makanan seperti alpukat, minyak zaitun, biji rami, kacang-kacangan dan ikan ke dalam menu diet akan sangat baik terhadap fungsi dan keadaan kulit kita, karena akan membuat kulit kita menjadi sehat dan terlihat lebih muda.

Membersihkan tubuh

Racun dapat menumpuk dalam tubuh karena melalui udara, air dan makanan yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh serta terjadinya penuaan dengan cepat. Detoksifikasi bisa dengan cara membersihkan racun dari kulit kita melalui minuman jus dianjurkan bagi tubuh untuk memperoleh produksi energi yang baik dan menghilangkan racun. Satu gelas air di pagi hari dengan campuran perasan lemon juga dapat membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh kita.

Melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan stres

Tingkat stres yang tinggi akan memperngaruhi kulit kita dan kita di anjurkan untuk melakukan yoga atau meditasi yang dapat menghilangkan masalah dan pikiran yang mengganggu.

Tidur

Meremajakan dan memperbaiki sel-sel kulit kita sebagian besar di lakukan adalah ketika sedang tidur. Lamanya waktu tidur tidak berpengaruh terhadap cantiknya kulit tetapi kulit akan menjadi sehat dan cantik ketika kita memiliki kualitas tidur yang sempurna.

Olahraga

Hal ini meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi yang dapat melepaskan racun melalui keringat, yang menyebabkan kulit menjadi lebih kencang. Dengan tersenyum, kita akan membantu kulit di bagian permukaan wajah menjadi lebih lentur dan sehat.

Selain tips yang sudah di sebutkan tadi, alangkah baiknya kita terlebih dahulu melakukan perawatan muka dengan selalu membersihan dengan sabun muka secara teratur, serta asupan makanan yang benar-benar kaya akan nutrisi, karena perawatan kulit tidak hanya dari luar saja, tetapi perawatan dari dalam pun di perlukan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *