Cara Alami Untuk Mencegah Timbulnya Kembali Polip Hidung

Hidung yang terlalu kering akan membuat sulit lendir yang berada di sinus dan hidung untuk bergerak dan mengalirkan. Penumpukan lendir dapat menimbulkan infeksi, kemacetan, peradangan dan akhirnya membantuk polip di bagian hidung.

Anda bisa menggunakan minyak yang merupakan metode tradisional untuk menjaga hidung kita agar tetap terhidrasi. Minyak tidak hanya melumasi tetapi juga mencegah bakteri dan mikroba berbahaya lainnya yang akan memasuki hidung dan untuk mencegah segala jenis infeksi. Berikut adalah beberapa saran untuk kita mengenai peranan minyak yang bisa digunakan sebagai pelumas :

Solusi Tepat Menyembuhkan Polip Tanpa Operasi Bedah Dengan QNC JELLY GAMAT!!!

Minyak mustar

Minyak mustard telah digunakan secara tradisional sebagai salah satu mukolitik terbaik yang mampu memecah lendir dan membantu mengurasnya keluar dari sinus. Minyak ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur dengan berbagai kandungan lain seperti vitamin, mineral dan asam lemak yang sangat bermanfaat. Glukosinolat dalam minyak mustard dapat mencegah mikroba sedangkan senyawa yang disebut allyl isothiocyanate di dalamnya mencegah infeksi jamur. Glukosinolat juga merupakan anti-karsinogenik yang dapat mencegah pertumbuhan tumor kanker. Sifat anti-inflamasi dan magnesium dapat membantu kemacetan dada yang salah satunya disebabkan oleh dahak.

Sapi ghee (mentega)

Ghee atau mentega yang terbuat dari minyak susu sapi memiliki banyak nutrisi, asam lemak, antibakteri, anti jamur, anti-oksidan dan antivirus. Ayurveda merupakan minyak obat India kuno yang menggunakan bahan ghee untuk berbagai kondisi medis termasuk pendarahan hidung, sinusitis, dan sakit kepala. Kitaa hanya perlu untuk menghangatkan sedikit sapi ghee dan meletakkannya di kedua lubang hidung, sebaiknya dilakukan sebelum pada waktu tidur. Kita dapat menggunakan kapas atau pipet untuk menggosok di daerah hidung dengan beberapa jari kita yang dimasukan ke dalam lubang hidung.

Minyak wijen

Minyak ini telah digunakan oleh Ayurveda untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit bahkan penyakit sinusitis yang sudah kronis. Minyak wijen ini memiliki sifat antibakteri, anti-jamur dan dengan banyak kandungan antioksidan di dalamnya. Bila kita meletakkan minyak wijen di bagian lubang dalam hidung, hal ini akan membantu melapisi selaput lendir di rongga hidung kita dan sementara dapat meringankan ketidaknyamanan yang terjadi pada hidung kita dengan membunuh bakteri.

Minyak kelapa

Minyak kelapa ini juga mengandung antijamur, antibakteri dan antimikroba dengan semua manfaat asam lemak rantai menengah. Ini tidak hanya dapat melumasi hidung saja, tetapi juga dapat memberikan bantuan untuk meringankan beberapa gejala dari alergi. Masukkan ke dalam lubang hidung dengan cara yang sama seperti yang sudah kita lakukan pada setiap minyak lainnya.

Ketika di suhu dingin, kita dapat mengambil sedikit minyak tersebut lalu menggosokannya kebagian dalam hidung menggunakan jari. Hal ini akan membuat bagian dalam hidung menjadi sedikit lebih hangat dan lembab. Jika sudah dalam bentuk minyak, panaskan minyak sebentar untuk membuatnya menjadi terasa lebih hangat sebelum mengoleskannya pada hidung.

Diet alami untuk mencegah tumbuhnya polip hidung

Alam telah menyediakan sumber daya yang sangat melimpah, segala sesuatu yang tubuh kita perlukan dapat dengan mudah didapatkan untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Peradangan dan alergi adalah dua penyebab utama dari munculnya polip hidung. Jika kita dapat mencegah kedua kondisi ini, kita juga sebenarnya mungkin dapat mencegah kekambuhan dari tumbuhnya kembali polip hidung.

Para ahli mengatakan bahwa makanan yang memiliki nutrisi seperti Vitamin C, Quercetin (flavonoid), Omega-3 asam lemak, vitamin A dan E, Beta-karoten, Selenium, dan Bromelain ini sangat bermanfaat untuk mencegah perkembangan polip hidung. Seiring dengan mengkonsumsi makanan yang kaya gizi tersebut, kita juga harus menghindari berbagai macam penyebab alerginya seperti makanan yang menyebabkan alergi terhadap tubuh kita.

Jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi dalam pencegahan terhadap pertumbuhan polip hidung bisa kita dengan mengkonsumsi makanan jenis tertentu yang mengandung semacam kandungan yang mempunyai sifat antioksidannya, seperti jenis makanan di bawah ini :

  • makanan yang mengandung kaya akan vitamin C
  • makanan yang mengandung tinggi Quercetin flavonoid
  • makanan yang mengandung Omega-3 dan kaya Asam Lemak
  • makanan yang kaya akan kandungan vitamin A
  • makanan yang kaya tinggi akan kandungan vitamin E
  • makanan lain seperti nanas yang kaya akan kandungan Bromelain

Selain cara pencegahan di atas tadi, ternyata masih banyak lagi untuk mencegah polip agar tumbuh kembali, hal yang paling utama adalah dengan tidak memakanan makanan yang tidak sehat dan menjauhi penyebab alerginya, dengan selalu menjaga pola makan dan menjaga kebersihan supaya tubuh kita pun tidak dengan mudah terinfeksi oleh bakteri dan virus yang menyerang, karena pertumbuhan polip hidung pun di sebabkan oleh adanya gangguan yang terjadi dalam hidung yang juga di sebabkan oleh berbagai macam bakteri. Untuk itu kita harus lebih mengetahui tentang beberapa cara penyembuhan alami untuk polip hidung, agar kita tidak perlu melakukan pengobatan medis yang biasanya selalu menimbulkan efek samping yang buruk bagi tubuh kita.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *