Cara Alami Untuk Menghilangkan Plak Dan Noda Pada Gigi

Berlatih membersihkan gigi yang baik, flossing dan menyikat secara teratur atau selalu melakukan check up ke dokter untuk melakukan pembersihan yang akan membuat gigi dan gusi kita tetap terjaga sehat dan bagus. Kebersihan bukanlah satu-satunya faktor dalam kesehatan gigi kita, tetapi apa yang kita makan dan minum juga dapat berpengaruh terhadap kondisi sehat atau buruknya gigi kita, seperti makanan yang dapat membuat warna gigi menjadi berubah dan tidak seputih sebelumnya. Tetapi tenang saja, ternyata ada juga loh beberapa makanan yang dapat memutihkan gigi secara alami, tanpa perlu kita menggunakan bahan-bahan kimia lainnya untuk mendapatkan gigi putih dan bersih. Segala sesuatu yang kita konsumsi tentunya akan melewati gigi dan gusi terlebih dahulu bukan?.

Plak yang terbentuk pada gigi merupakan koloni bakteri, dengan kita selalu menyikat gigi dan flossing gigi secara teratur, dapat membantu menghentikan plak berlebih, tetapi hal yang penting juga jika kita bisa mengatur asupan makanan yang akan kita konsumsi. Bakteri yang disebabkan oleh makan-makanan manis merupakan penyebab utama dari kerusakan gigi. Ketika bakteri tersebut mulai makan kandungan gula dalam mulut kita tersebut, mereka akan menghasilkan zat asam yang tertentu yang akan mengikis permukaan enamel pada gigi kita. Jika kita menjaga asupan gula dan asam dalam menu diet kita, tentu saja kita dapat menjaga gigi dan gusi dalam kondisi yang sehat untuk jangka waktu lama yang akan datang. Perlu diingat saja bahwasanya mulut yang sehat juga membutuhkan perawatan gigi secara teratur seperti menyikat dan flossing.

Yogurt

Makanan lembut yang umum ini dapat membantu kita untuk memenuhi menu makanan diet kita sehari-hari tanpa membuat gigi kita menjadi rusak, karena yogurt ini menganduh rendah gula. Gigi pada dasarnya terdiri dari mineral, kalsium serta fosfat, dan semua kandungan tersebut sudah terdapat dalam yogurt yang berfungsi untuk membantu memperkuat gigi kita.

Buah rendah gula

Jika gigi kita berada dalam kondisi yang benar-benar tidak baik, kita bisa menggantikan buah-buahan segar dengan jenis buah segar lainnya dengan jumlah kandungan gula dan asamnya yang lebih rendah seperti apel, pir, dan pisang yang menjadi pilihan terbaik.

Teh

Teh kaya akan antioksidan dan nutrisi lain yang memiliki sejumlah efek positif pada kesehatan tubuh kita. Untuk kesehatan gigi kita, tentunya ada sejumlah kadungan polifenol yang ditemukan dalam teh ini yang dapat mengendalikan bakteri dan plak. Senyawa ini telah terbukti baik dapat membunuh bakteri pada gigi serta untuk mencegah produksi asam yang dapat merusak gigi.

Cranberry

Cranberry segar dan jus cranberry tanpa gula ternyata mengandung senyawa yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri pada gigi kita. Jika kita dapat mencegah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam, tentunya kebiasaan ini snagat baik untuk kebersihan gigi kita.

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang sangat ampuh untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dalam mulut, termasuk dapat mencegah gigi berlubang dan infeksi lainnya yang dapat terjadi di mulut.

Minyak samin

Mentega yang tinggi vitamin ternyata memiliki efek yang sama untuk gigi kita seperti kandungan yang terdapat dalam minyak ikan cod. Keduanya memiliki vitamin D dan vitamin K2 untuk memperkuat dan remineralisasi. Minyak samin adalah salah satu sumber yang baik dari berbagai jenis vitamin tertentu. Untuk membuat minyak samin ini kita hanya perlu mentega untuk dipanaskan yang bertujuan untuk mencairkan mentega yang sebelumnya pada tersebut.

Minyak hati ikan cod

Seperti namanya, minyak ini berasal dari hati ikan cod yang kaya akan asam lemak yang sehat, serta vitamin A dan D. Minyak ikan cod pernah menjadi suplemen yang populer untuk anak-anak karena jumlah tinggi akan kandungan vitamin D nya ini dapat mencegah rakhitis. Kombinasi dari vitamin A dan D ini ternyata dapat membantu mencegah gigi kita berlubang bahkan remineralize gigi yang sudah berlubang.

Minyak oregano

Oregano memiliki sifat antibakteri, dengan menggosokkan beberapa minyak pada gusi, kita sudah dapat mengobati infeksi ringan yang terjadi. Seperti minyak cengkeh, minyak oregano juga dapat mengiritasi, jadi cobalah untuk mencampurkan minyak ini dengan minyak zaitun.. Bawang putih juga dapat mengobati infeksi gusi dan gigi. Kita dapat menerapkan satu siung bawang putih ke daerah gigi atau gusi yang terkena untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Ada baiknya terlebih dahulu kita harus mengetahui mengenai beberapa penyebab utama dari gigi sentitif tersebut, supaya kita lebih mudah untuk menghindari apa saja yang membuat gigi dan gusi kita menjadi sensitif. Yang lebih terpenting yaitu dengan selalu memperhatikan makanan apa saja yang terbaik dan makanan apa saja yang tidak baik untuk kesehatan gigi dan gusi kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *