Cara Alami Untuk Mengurangi Kram Saat Menstruasi

Beberapa dari kita (kaum perempuan) mengalami rasa sakit, kembung, jerawat, sakit kepala, mengidam, kenaikan berat badan, kecemasan, menstruasi yang tidak teratur, dan perubahan suasana hati selama perubahan hormonal siklus ini. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan stres dan menyebabkan suasana hati yang mudah marah pada masa menstruasi tersebut. Sebagian dari kita pastinya mempunyai jerawat yang timbul dibagian wajah dan punggung, selain itu dapat menimbulkan gejala lain seperti sakit kepala dan kelelahan. Dan ternyata ada beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan ketika menstruasi, bisa saja kebiasaan itu yang menyebabkan ketidaknyamanan saat dalam siklus menstruasi.

Kita semua tahu khususnya untuk para perempuan mengenai bagaimana kondisi menstruasi tersebut datang, gejala PMS, dan kram dapat mengganggu aktivitas kita biasanya dalam awal kedatangan siklus tersebut. Kondisi ini juga dapat menimbulkan risiko kesehatan seperti anemia (dalam kasus pendarahan berat). Jika kita menggunakan obat seperti OAINS, antidepresan, dan kontrasepsi hormonal, hanya ada sedikit kemungkinan yang dapat mengurangi gejala PMS tanpa menyembuhkan secara total penyebab rasa sakit atau gejala tersebut, yang tentunya obat-obatan ini juga menimbulkan efek samping.

Namun, kita juga bisa menerapkan strategi holistik untuk mendukung penyembuhan secara alami untuk tubuh agar dapat menimbulkan efek positif dalam jangka panjang pada kesehatan tubuh kita dan juga memungkinkan kita untuk jarang mengalami gejala PMS yang menyakitkan. Ada beberapa cara untuk memperbaiki gejala PMS dan beberapa gejala lainnya. Namun tahu bahwa seperti apapun tidak ada jen is obat-obatan ajaib yang dapat menghilangkan rasa sakit dan penyembuhan dengan cepat.

  • Secara rutin mengkonsumsi air lemon setiap pagi, karena lemon ini memiliki efek alkalizing pada tubuh dan akan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan mineralisasi sepanjang hari.
  • Memenuhi asupan tinggi vitamin D3 dalam diet, apalagi kalau ada dari salah satu kalian yang tempat tinggalnya berhawa dingin sehingga sulit sekali untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang akan memenuhi asupa vitamin D3 tersebut.
  • Meningkatkan konsumsi sayuran hijau untuk memastikan terpenuhinya asupan vitamin B, serat dan mineral kedalam tubuh kita, jenis makanan tersebut akan memenuhi banyak asupan kalsium, magnesium, zat besi, vitamin B dan mineral lainnya melalui sayuran hijau tersebut. Seperti halnya dengan swiss chard, collard hijau, yogurt, biji labu, biji wijen, bayam juga mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tersebut.
  • Mengkonsumsi ikan berlemak sehat atau minyak rami setiap hari secara rutin untuk membantu mengontrol ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.
  • Obat yang paling favorit yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti halnya untuk mengatasi kram tersebut adalah obat rumah atau tradisional Ayurvedic yang menggunakan kayu manis dan jahe untuk membuat teh. Kita hanya perlu menggunakan ¼ sendok teh kayu manis dan sejumput jahe tanah atau beberapa iris tipis setengah inci jahe segar kedalam secangkir air panas. Tunggu dan biarkan selama 5 menit sampai air mulai berubah warna, kemudian saring dan minum teh tersebut secara rutin.
  • Vitex atau berry suci adalah ramuan yang akan membantu kita untuk mengatasi dan mengurangi kondisi kram saat menstruasi.
  • Minyak borage sangat kaya dengan kandungannya yang anti-inflamasi seperti asam lemak omega-6 yang dikenal dapat mengurangi rasa sakit pada payudara dan nyeri serta gejala PMS lainnya.
  • Mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan tinggi kalsium dan magnesium sangat penting sebagai asupan makanan diet kita karena untuk menyeimbangkan hormon.
  • Menggunakan bantalan pemanas atau kantong yang berisi air hangat yang kita taruh di sekitar wilayah bagian tubuh tertentu untuk melemaskan otot-otot yang kaku dan mengurangi rasa sakit dengan memperlancar oksigen di daerah tersebut.
  • Salah satu hal yang paling penting yang harus kita lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut ialah dengan mempunyai waktu tidur nyenyak sekitar 7-8 jam untuk mengurangi kondisi stres tersebut. Meditasi dan latihan pernapasan (pranayama) juga pun dapat membantu dalam mengurangi stres.
  • Jika kita mengkonsumsi banyak kacang-kacangan dan biji-bijian kemudian meningkatkan latihan aerobik dalam waktu tersebut. Maka kondisi tersebut akan meningkatkan hormon endorphin hormon dalam tubuh yang dapat meningkatkan perasaan nyaman dan bahagia. Karena kemunculan hormon ini dapat bekerja seperti pembunuh rasa sakit alami.
  • Oleskan krim progesteron alami atau krim yang terbuat dari ubi pada bagian perut yang mangalami sakit dan kram, biasanya pada bagian perut bagian bawah, pantat, payudara dan daerah lengan atas. Waktu terbaik untuk memulai mengoleskan krim ini adalah satu minggu sebelum dimulainya periode menstruasi tersebut.

Selain itu, ada juga beberapa alasan yang menyebabkan menstruasi menjadi sakit, karena selain dari konsumsi makanan yang dilarang juga ternyata ada beberapa kondisi internal lainnya yang menyebabkan rasa sakit karena kondisi pada bagian perut tertentu yang kram.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *