Cara Ampuh Mengatasi Kondisi Kecemasan

Kecemasan merupakan respon normal yang dialami oleh tubuh terhadap stres atau situasi berbahaya yang menyebabkan tubuh kita seperti berada di bawah tekanan. Kecemasan menjadi sangat bermasalah dan terlihat parah ketika terjadi secara terus-menerus atau timbulnya reaksi berlebihan terhadap situasi yang terbilang normal. Kecemasan yang terjadi secara konstan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, insomnia, masalah pencernaan dan serangan panik lainnya. Penyebabnya seperti kondisi stres, masalah tiroid, alkohol yang berlebihan, kafein atau asupan gula yang berlebihan dan adanya ketidakseimbangan hormon.

Kabar baiknya adalah ada banyaknya solusi alami yang dapat mengatasi kondisi kegelisahan yaitu dengan mengkonsumsi makanan tertentu sambil menghindari perhatian orang lain terlebih dahulu, menggunakan suplemen dan memanfaatkan khasiat dari minyak esensial. Dan proses inipun dapat dilakukan dirumah loh.

Makanan yang harus dikonsumsi

  • Makanan tinggi vitamin B

Makanan ini terdapat didapat daging sapi yang mengkonsumsi tanaman rumput organik, ikan, unggas, ragi dan sayuran berdaun hijau untuk mendapatkan cukup asupan vitamin B yang akan membantu mengatur suasana hati. Tidak hanya dengan vitamin D saja yang dapat kita gunakan untuk membantu merubah suasana hati supaya lebih bahagia dan nyaman, kita juga bisa mengambil manfaat dari memelihara hewan kucing yang akan membantu meningkatkan suasana hati kita.

  • Susu dan makanan lain yang tinggi kalsium

Kalsium adalah mineral yang dapat membantu mengurangi kecemasan. Yogurt tanpa gula organik dan ikan salmon merupakan contoh sumber yang baik untuk kandungan tinggi kalsiumnya.

  • Makanan yang kaya magnesium

Magnesium membantu menenangkan saraf dan banyak sekali orang yang mengalami kekurangan magnesium. Makanan magnesium tersebut seperti kacang-kacangan, alpukat dan sayuran laut.
Asam lemak omega-3, air putih, dan ikan juga dapat mengurangi kondisi peradangan dan membantu menstabilkan suasana hati. Omega-3 juga mengandung DHA, yang sangat penting untuk fungsi otak.

Makanan yang harus dihindari

  • Makanan tinggi gula

Gula dapat memberikan kadar gula dalam darah menjadi tinggi dan kemudian meningkatkan kondisi kecemasan sepanjang hari. Dan benar saja kalau gula tersebut mempunyai caranya tersendiri untuk mempengaruhi tubuh kita.

  • Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman atau makanan berkafein dapat menyebabkan meningkatnya kondisi kecemasan. Untuk itu kita harus membatasi jumlah asupan kopi atau teh hitam yang tidak boleh lebih dari satu cangkir per hari.

  • Alkohol

Dapat menyebabkan gejala kecemasan dan bukanlah cara yang positif untuk mengatasi tingkat stres. Ada juga beberapa penelitian yang meneliti tentang bagian otak mana saja yang dipengaruhi oleh alkohol tersebut.

  • Makanan dari olahan tepung

Makanan ini sama halnya dengan gula karena bertindak sama seperti reaksi yang ditimbulkan gula dalam tubuh, menyebabkan fluktuasi gula darah dan dengan mudah juga dapat merubah suasana hati.

Penanganan alami untuk kecemasan

  • Ginseng india

Ini adalah ramuan adaptogenik yang telah terbukti dapat memperbaiki gejala kecemasan dengan mengurangi efek stres pada tubuh.

  • 5-HTP (5-hydroxytryptophan) (50-100 mg 2x sehari)

Senyawa neurotransmitter tersebut dapat menenangkan serta meningkatkan serotonin. Yang harus diperhatikan yaitu tidak boleh menggunakan obat tersebut dengan resep antidepresan atau anti-kecemasan obat.

  • Wati (200-250 mg 3x sehari)

Tumbuhan ini sapat membantu meringankan serangan panik dan mengurangi kecemasan secara keseluruhan. Dengan tidak mengkonsumsi alkohol dan tentunya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis sebelum kita menggunakannya.

  • Gaba (500 3x mg setiap hari)

Asam amino yang bertanggung jawab untuk mengurangi kecemasan dalam sistem saraf, juga dapat membantu mengendurkan sistem saraf  otot.

  • Magnesium dan Kalsium (500 mg kalsium dan 250 2x mg magnesium per hari)

Kedua mineral ini dapat membantu untuk mengendurkan otot dan membantu menenangkan sistem saraf. Magnesium dapat menyebabkan diare, jadi hati-hati ya dengan penggunaan dosisnya. Kalsium ini tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi kecemasan atau untuk mengurangi kondisi stres saja, sudah banyak diketahui juga kan, bahwasanya kalsium dan magnesium ini juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dalam tubuh kita. Sehingga, kalau tubuh kita ini kekurangan kalsium maka proses tumbuh kembang badan pun tidak secara maksimal dapat bekerja, tidak hanya itu saja, karena ada tanda dan gejala tubuh dari kekurangan kalsium ini loh.

  • Makanan yang mengandung vitamin B

Vitamin B membantu memerangi stres dan menstabilkan suasana hati kita. Untuk itu kita harus bisa untuk memilih makanan yang benar mengandung vitamin B tersebut dan mengkonsumsinya sekitar 50mg 2x sehari dari B kompleks. Jenis vitamin ini tidak hanya baik untuk mengurangi kecemasan saja, akan tetapi vitamin B ini juga sangat baik dan dibutuhkan oleh otak kita.

  • Minyak esensial

Minyak lavender telah terbukti mengurangi kecemasan dan membantu untuk merilekskan tubuh. Masukan 3 tetes minyak lavender di telapak tangan dan menggosokannya kebagian leher untuk mengurangi kondisi kecemasan tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *