Cara Ampuh Untuk Mencegah Gejala Bersin-Bersin

Bersin merupakan mekanisme perlindungan yang membantu mengusir alergen dan iritan unutk keluar dari tubuh kita. Alergi ini bisa timbul seperti akibat dari bulu binatang, asap, jamur, debu, serbuk kayu, serbuk sari dan iritasi seperti lainnya adalah penyebab paling umum dari bersin. Cuaca dingin, perubahan kelembaban dan suhu, air hujan, aroma tajam, alergi makanan, obat-obatan tertentu dan faktor-faktor seperti lainnya juga bisa menyebabkan bersin. Bersin sering disertai dengan masalah-masalah seperti kurangnya konsentrasi, kelelahan, hidung meler, iritasi hidung, dan mata merah. Bersin biasanya tidak menimbulkan masalah serius tetapi jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, tentunya akan membuat kita menjadi frustasi. Ada banyak pengobatan rumah sederhana untuk membantu meringankan gejala bersin tersebut, seperti berikut ini:

Minyak pepermin

Sifat antibakteri yang terdapat dalam peppermint oil ini dapat membantu kita untuk meringankan gejala bersin-bersin tersebut. Kita hanya membutuhkan lima tetes minyak pepermin kedalam air panas yang kemudian kita hirup uap tersebut. Kita juga dapat menghirup uap dari air panas yang dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih untuk meredakan gejala bersin yang disebabkan oleh adanya iritasi hidung atau pilek.

Teh Adas

Teh jenis ini ternyata memiliki sifat antibiotik alami dan anti-virus yang dapat melawan infeksi yang terjadi didalam saluran pernapasan atas yang menjadi penyebab bersin. Kita bisa tambahkan 2 sendok teh biji adas yang sudah dihancurkan kedalam air panas selama 15 menit, kemudian saring dan kita minum air tersebut untuk mengurangi gejala bersin-bersin.

Lada

Ini juga menjadi solusi yang sangat efektif untuk meredakan hidung meler akibat bersin-bersin, kita bisa mencampurkan satu setengah sendok makan bubuk merica kedalam air hangat dan kita meminum atau berkumur 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Teh chamomile

Secangkir teh panas chamomile juga dikenal sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk gejala bersin yang disebabkan oleh alergi, karena mengandung sifat antihistamin yang sangat baik yang dapat memberikan pengobatan secara instan. Kita bisa menggunakan 1 sendok teh chamomile dengan satu cangkir air panas dengan campuran madu sebagai penambah rasa, dan meminumnya 2 kali sehari.

Jahe

Jahe merupakan salah satu pengobatan rumah tertua dan efektif yang sudah banyak digunakan sebagai pengobatan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti timbulnya kondisi bersin-bersin. Kita bisa menggunakan 2 sendok ekstrak jahe 2 kali dalam sehari untuk menghentikan gejala bersin tersebut. Atau kita bisa menggunakan irisan jahe yang dimasukan kedalam air panas dan mencampurkan madu sebagai penambah rasa. Memang benar adanya loh kalau jahe memberikan manfaat terbukti untuk kesehatan tubuh kita.

Bawang putih

Bawang putih sangat dipercaya dengan khasiatnya yang dapat melawan infeksi pernapasan karena kandungan sifat antibiotik alami dan sifat antivirus. Hal ini dapat digunakan secara internal atau eksternal untuk meringankan gejala bersin berlebihan yang disebabkan oleh infeksi flu biasa. Kita bisa menggunakan 5 siung bawang putih yang kemudian dihaluskan dan selanjutnya kita hirup aroma dari bawang putih tersebut untuk membantu melonggarkan saluran hidung kita yang menjadi penyebab bersin.

Vitamin C

Vitamin C dapat membantu menurunkan produksi histamin berlebihan dalam tubuh kita yang menjadi penyebab bersin. Ketika timbul gejala flu biasa, kita bisa meminum segelas limun atau jus jeruk untuk mendapatkan asupan yang baik dari vitamin C. Diet yang kita lakukan pun harus mencakup sayuran yang mengandung bioflavonoid, yang bekerja dengan cara yang sama seperti vitamin C. Karena mengandung sifat antioksidan yang sama yang dapat mengontrol produksi histamin dan dengan demikian mengurangi bersin. Ada juga loh beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selain dari vitamin C.

Minyak oregano

Minyak oregano memiliki sifat antibakteri, antijamur, antiparasit dan sifat anti-inflamasi yang sangat berperan penting dalam memerangi penyakit sinusitis. Minyak alami yang diekstrak dari tanaman oregano liar ini juga memiliki dua kunci utama yang sangat penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh yaitu carvacrol dan thymol.

Biji fenugreek

Biji fenugreek juga memberikan bantuan untuk meringankan bersin karena sifat antivirusnya. Fenugreek memiliki efek menenangkan pada bagian selaput lendir yang dapat menghilangkan iritasi dan membantu untuk mengobati gejala bersin.

Hal pertama yang harus kita ketahui yaitu mengenai gejala awal dari penyakit flu, karena flu juga dapat berkaitan dengan gejala bersin-bersin. Selain itu, kita juga harus merubah gaya hidup kita untuk menjadi lebih sehat dan di siplin serta memilih jenis asupan makanan yang bagaimana untuk kita konsumsi, karena ada juga beberapa makanan yang dapat menyehatkan paru-paru dan sistem pernafasan kita, agar lebih sehat dan kuat lagi dan tentunya tidak mudah untuk terinfeksi serangan radikal bebas dari luar tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *