Cara Kita Agar Terbangun Dari Kelumpuhan Tidur

Kelumpuhan tidur adalah perasaan tubuh yang seperti dalam kondisi tidak bisa menggerakan badan ketika saat tidur. Kondisi seperti ini juga tidak memungkinkan kita untuk bergerak atau berteriak. Kelumpuhan tidur atau sleep paralysis adalah peristiwa biologis yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, karena kondisi ini biasanya disebabkan oleh perubahan kimia pada otak seperti yang kita transisi seperti dari kondisi tidur seseorang untuk terjaga. Kondisi seperti ini juga dapat kita hindari dan kita cegah dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Lalu apa yang harus kita lakukan ketika kita mendapati kondisi hal tersebut????

Tidak melawan

Dengan cara kita melawan perasaan seperti tertekan dalam kondisi tertidur juga akan meningkatkan rasa takut, sehingga memicu pusat-pusat emosi pada otak dan memperkuat keadaan mimpi yang sedang berlangsung. Mengontrol rasa takut merupakan cara yang paling penting untuk dilakukan ketika mengalami kondisi seperti itu.

Menggerakan jari kaki

Taktik lain yang sangat baik yang dapat bekerja bagi banyak orang yang mengalami kelempuhan tidur adalah mencoba untuk memindahkan ekstremitas, seperti jari atau jari kaki. Sebagian besar perasaan kelumpuhan biasanya berada dibagian perut, dada, dan tenggorokan. Secara perlahan kita harus bisa untuk menggerakan jari-jari kaki sebisa mungkin, karena ini juga akan membantu untuk menghilangkan kelumpuhan.

Mengatur pola nafas

Nafas adalah kontrol otonom seperti yang berhubungan dengan jantung atau sistem pencernaan kita, sehingga tidak akan membuat lumpuh seperti pada bagian otot-otot besar di lengan, dada dan kaki. Tapi napas juga dapat merubah dan terganggu oleh adanya perhatian atau dipengaruhi oleh rasa takut yang parah, yang menjadi alasan mengapa penderita SP lupa untuk mengontrol napas ketika terjadi serangan tersebut. Jika kita dapat mengontrol napas, tentunya kita juga dapat mengontrol rasa perasaan takut yang terjadi selama SP tersebut berlangsung.

Melakukan konsultasi

Jika kita mengalami kondisi gangguan tidur seperti itu yang sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya kita konsultasikan dengan dokter spesialis yang biasa menangani masalah kondisi gangguan tidur seperti itu, ditakutkannya kita mempunyai masalah kesehatan lain yang lebih serius yang menjadi pemicu timbulnya masalah tidur tersebut.

Sebenarnya masih banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi keadaan tersebut, hanya saja kebanyakan dari kita selalu panik atau tidak bisa mengontrol emosi dan nafas saat mengalami SP, alhasil kita pun tidak bisa mengatasi hal tersebut dengan baik dan cepat. Kebanyakan orang yang mengalami SP ini disebabkan oleh posisi tidur yang tidak baik sehingga menyebabkan orang tersebut mengalami kekuan pada sebagian anggota tubuhnya, yang banyak orang dikenal sebagai ketindihan dan banyak yang percaya bahwa kondisi tersebut terjadi karena adanya makhluk gaib. Sebenarnya ada juga beberapa posisi tidur yang sehat yang sudah banyak direkomendasikan oleh para dokter, tentunya mempunyai manfaat dan kesehatan untuk  tubuh kita agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Gangguan tidur ini tidak hanya jenis SP saja, memang benar kebanyakan gangguan tidur yang dialami oleh orang-orang adalah SP yang biasanya paling umum disebabkan oleh keadaan tubuh yang kecapean atau mengalami kondisi tubuh yang terbilang stres sehingga terjadilah perubahan kimia dalam obat yang dengan cepat merespon kondisi tersebut dengan mempengaruhi kualitas waktu istirahat atau waktu tidur kita. Ada baiknya kita mengetahui beberapa jenis gangguan tidur yang biasa terjadi, agar kita lebih mudah untuk menghindari serta mengatasi kondisi tersebut, sehingga kualitas tidur kita pun menjadi nyenyak dan nyaman.

Yang mempengaruhi kualitas tidur kita tidak lain dan bukan tidak adalah jenis asupan makanan yang dikonsumsi, karena makanan sangat berpengaruh sekali terhadap tubuh kita termasuk dengan kualitas tidur yang akan kita dapatkan. Untuk itu kita harus mengetahui beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur, jadinya kita tidak perlu untuk mengkonsumsi jenis obat-obatan yang dapat meningkatkan kualitas tidur, apalagi dengan dengan jenis obat kimia. Obat atau pil tidur yang banyak digunakan oleh penderita insomnia hanya akan bekerja dalam satu waktu saja ketika kita akan tidur, selebihnya proses kerja obat ini akan menimbulkan beberapa efek samping dikemudian hari dan yang perlu di ingat yaitu penggunaan obat-obatan jenis ini tidak akan menyelesaikan ataupun tidak akan memperbaiki masalah gangguan tidur yang kita derita.

Tidur merupakan waktu istirahat yang kita butuhkan untuk mengembalikan kondisi fisik dan mental kita yang sudah lelah dalam menjalani kegiatan sehari-hari, sehingga dengan waktu tidur yang berkualitas akan membantu kerja serta proses anggota tubuh kita untuk menyegarkan kembali keadaan tubuh yang lelah. Untuk itu kita harus mempunyai waktu tidur yang baik untuk tubuh kita, agar kita lebih sehat lagi untuk menjalani kegiatan atau kehidupan besok.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *