Cara Meningkatkan Nafsu Makan Dengan Aman

Nafsu makanan merupakan masalah yang banyak sekali orang alami seperti menurunnya nafsu makan yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita menurun, karena tidak adanya asupan makanan yang kita konsumsi, untuk itu kita harus mengetahui beberapa tips untuk meningkatkan nafsu makan dengan gizi yang seimbang.

Jika kita sakit, kehilangan berat badan dan tidak memiliki nafsu makan, bisa jadi kondisi ini dikarenakan sakit, masalah emosional atau sebagai efek samping dari pengobatan tertentu yang sudah kita jalani. Kita sudah tahu bahwasanya jika mengkonsumsi makanan secara berlebih dapat menaikan berat badan kembali atau setidaknya kebiasaan ini dapat menjaga berat badan kita agar tetap seimbang. Apa kita mempunyai masalah dengan nafsu makan? coba deh ketahui beberapa cara sederhana untuk meningkatkan nafsu makan. Agar asupan makan tubuh kita pun menjadi terkontrol dan tentunya terpenuhinya berbagai macam nutrisi dalam tubuh kita.

Mengetahui makanan favorit

Cara ini merupakan cara yang paling efektif sekali untuk meningkatkan nafsu makan kita dengan cara menyediakan selalu makanan favorit untuk menjadi cemilan sederhana kita setiap hari. Karena dengan cara inilah nafsu makan kita akan mudah terangsang dan memudahkan kita untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan teratur.

Membiasakan diri dengan makanan ringan dari pada makanan berat

Cemilan merupakan makanan yang biasa menemani keseharian kita dan mudah untuk di makan dimana saja dari pada dengan makanan dengan sepiring penuh yang akan membuat kita menjadi merasa mual. Jadi, dari pada membuat perut kita merasa mual karena tidak menerima adanya asupan makanan berat dan padat, lebih baik kita menggunakan cara yang lebih sederhana yaitu dengan selalu menggigit beberapa makanan ringan di sela-sela kita beraktivitas.

Pilih makanan yang berenergi

Makanan yang berenergi biasa lebih cenderung termasuk kedalam makanan yang mempunyai kandungan tinggi kalori. Jika kita mempunyai kebiasaan pola makan yang buruk, sangat cocok dan di ajurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kalori yang tinggi. Makanan berenergi yang sehat yaitu seperti keju, kacang atau selai kacang, alpukat, keju, mentega, atau kentang atau makanan ringan lainnya yang mempunyai kandungan kalori yang tinggi.

Tambahkan rasa ke dalam menu makanan

Mungkin saja sebagian besar dari permasalahan makanan adalah rasa cicip dari makanan itu sendiri yang terasa hampa dan tidak menggugah selera makan kita. Untuk itu, kita bisa menambahkan bumbu dan rempah-rempah ke dalam menu makanan yang akan kita hidangkan agar dapat menambah rasa. Seperti halnya dalam menambahkan garam untuk meningkatkan rasa, tetapi jika kita mempunyai riwayat penyakit tekanan darah tinggi, lebih baik kita harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai penambahan jumlah garam dalam masakan atau tentang bagaimana cara untuk pengganti garam itu sendiri.

Meningkatkan suasana makan menjadi lebih asyik

Memang betul jika suasana tempat makan menjadi lebih asyik dan menyenangkan tentunya proses santap kita melahap makanan jadi lebih meningkat dan berselera. Kita bisa mencobanya dengan cara makan bersama keluarga atau teman-teman dengan di iringi musik kesukaan kita yang akan membuat suasana pun menjadi lebih mengasyikan dan nafsu makan pun menjadi terbawa menyenangkan.

Tidak berlebihan minum air sewaktu makan

Minum air dengan cukup sebelum dan selama makan mungkin saja dapat mengurangi jumlah makanan yang akan kita makan karena jumlah kadar air dalam tubuh meningkat dan membuat perut menjadi mudah kenyang. Kita hanya perlu beberapa teguk saja untuk melancarkan makanan yang berada di dalam tenggorokan agar tidak tersendat.

Mengubah bentuk dan tekstur makanan kita

Jika kita mengalami kesulitan dalam proses mengunyah atau menelan makanan, kita dengan mudah dapat mengubah tekstur atau bentuk makanan yang akan kita konsumsi. Kita dapat memotong jenis makanan apapun yang akan kita olah menjadi potongan-potongan kecil untuk membuatnya menjadi lebih mudah untuk dikonsumsi. Kita bisa menambahkan cairan untuk menghaluskan makanan tertentu yang akan kita konsumsi sehingga lebih mudah untuk di telan atau kita juga bisa mengkonsumsi makanan lunak seperti sup, yogurt, dan buah yang sudah matang.

Berolahraga

Aktivitas apapun yang melibatkan fisik ternyata dapat melepaskan zat kimia otak yang bisa meningkatkan mood kita untuk merangsang nafsu makan. Berjalan-jalan sebentar sekitar satu jam atau lebih sebelum makan ternyata dapat membuat nafsu makan kita menjadi meningkat dan makanan pun akan terlihat lebih menarik.

Jangan pernah mengabaikan gangguan nafsu makan yang kita alami, karena dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang akan berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh kita. Untuk itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa gejala kondisi hilangnya nafsu makan dan gejala anoreksia.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *