Efek Kopi Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui Peminumnya

Siapa yang tidak tau dengan minuman yang banyak di gemari oleh masyarakat dunia ini, Kopi. ya kopi adalah minuman yang di gemari karena banyak khasiatnya bagi tubuh, di balik itu ternyata kopi yang banyak mengandung kafein ini mengandung banyak kerugian bagi tubuh. ini dia beberapa efek kopi/kafein bagi tubuh :

  • Lebih dari 4 cangkir kopi dikaitkan dengan kematian dini. Sebuah studi bermitra menemukan bahwa pria yang minum lebih dari empat 8 fl.oz. cangkir kopi mengalami peningkatan 21% yang menjadi penyebab kematian.
  • Konsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Terutama pada mereka yang sudah menderita hipertensi dan orang-orang yang tidak biasa mengonsumsi kafein. Orang dengan penderita hipertensi melakukan uji coba dengan di beri 250 mg kafein (sekitar 2 kopi) dan hasilnya data menunjukkan bahwa tekanan darah mereka meningkat selama sekitar 2-3 jam setelah mengkonsumsi kafein.
  • Peningkatan risiko serangan jantung pada orang dewasa muda. Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Lucio Mos menemukan bahwa orang dewasa muda yang didiagnosis dengan hipertensi ringan memiliki 4 kali risiko terkena serangan jantung jika mereka mengkonsumsi jumlah kafein setara dengan 4 cangkir kopi.
  • Kafein terkait dengan nyeri sendi. Studi ini menunjukkan bahwa orang yang pesta pada minuman berkafein meningkatkan risiko untuk mengalami encok atau pegal linu
  • Kista payudara pada wanita. Satu studi menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 31-250 mg kafein / hari mengalami peningkatan 1,5 kali lipat kemungkinan akan menderita penyakit payudara fibrokistik dan wanita yang minum lebih dari 500 mg / hari memiliki peningkatan 2,3 kali lipat dalam kemungkinan menderita kista.
  • Kafein bisa menyebabkan inkontinensia. Sebuah studi dari University of Alabama menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi banyak kafein 70% lebih mungkin untuk mengembangkan inkontinensia.
  • Kafein dapat menyebabkan insomnia. Kafein yang telah masuk ke sistem tubuh seseorang akan menyebabkan insomnia pada waktu tidur.
  • Kafein dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Orang yang mengkonsumsi minuman berkafein sering mengalami sakit perut atau gangguan pencernaan. Ini terjadi ketika minuman yang dikonsumsi pada saat waktu perut kita kosong.
  • Kafein dapat menyebabkan sakit kepala. Sementara pada dosis tertentu kafein dapat mengurangi gejala sakit kepala, berlebihan kafein dapat menyebabkan sakit kepala dan menyebabkan migrain.
  • Kafein bisa mengurangi kesuburan pada wanita. Sebuah studi dari University of Nevada School of Medicine menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi sekitar 27% kemungkinan seorang wanita untuk hamil.
  • Kafein dan Risiko Keguguran. Dalam penelitian terbaru, pria dan wanita yang mengonsumsi setidaknya dua minuman berkafein sehari selama seminggu akan meningkatkan risiko keguguran.
  • Kafein mungkin tidak sehat bagi penderita diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dilakukan oleh American Diabetes Association menunjukkan bahwa kafein dapat menyebabkan gangguan metabolisme glukosa pada penderita diabetes tipe 2. Overdosis kafein dapat menyebabkan banyak gejala yang merugikan termasuk kematian, terutama pada mereka dengan kondisi medis yang lemah.
  • Alergi kafein. Beberapa orang memiliki lebih kepekaan terhadap molekul kafein, yang menyebabkan reaksi alergi seperti dalam tubuh seperti gatal-gatal dan nyeri. Meskipun tidak alergi benar, banyak laporan gejala yang sangat negatif setelah mengkonsumsi meskipun jumlah terkecil.
  • Kafein menyebabkan kontraksi jantung lebih kuat. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa setelah mengkonsumsi minuman yang berkafein menyebabkan kontraksi pada jantung lebih kuat.
  • Gejala manopause yang lebih buruk. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam The Journal of The North American Menopause Masyarakat menunjukkan, bahwa wanita menopause yang mengonsumsi kafein memiliki tingkat yang lebih besar dari gejala vasomotor.
  • Konsumsi kafein dapat menyebabkan peningkatan kecemasan dan depresi. selain itu kafein dapat menyebabkan kecemasan dan panik serangan.
  • Kafein menghambat produksi kolagen dalam kulit. Efek ini bergantung pada dosis, tetapi peminum kafein harus sadar dengan dampak negatif yang di timbulkan.
  • Kafein menyebabkan risiko lebih besar patah tulang. Dosis ini memang tergantung besar atau kecilnya jumlah kafein yang ada di dalamnya, tetapi penyuka kafein pun harus lebih mengenal lebih jauh dampak negatif yang terkandung di dalamnya.
  • Kafein dapat mengurangi waktu tidur. ini dapat menyebabkan rasa aman yang tidak nyata bagi mereka yang kurang tidur selama beberapa hari berturut-turut dan memilih melakukan beberapa tugas yang diperlukan. Para peneliti dari American Academy of Sleep Medicine mengatakan bahwa kafein berpengaruh besar terhadap terganggunya waktu tidur di malam hari.

Selain dari yang di sebutkan di atas, ternyata masih ada gejala gejala atau efek samping yang di timbulkan akibat meminum kopi atau kafein yang berlebihan pada satu cangkir kopi seperti detak jantung menjadi tidak teratur, berhalusinasi, tremor dan bahkan bisa menjadi penyebab terjadinya patah tulang.

Sudah seharusnya kita menjaga asupan yang kita konsumsi, dari makanan maupun minuman. Makanan dan minuman memang merupakan asupan yang di konsumsi untuk memberi energi serta dengan manfaatnya tersendiri bagi organ organ tubuh, tetapi alangkah baiknya kita meminum serta memakan sesuatu tidak secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan bukannya baik bagi tubuh ternyata malah merusak tubuh dan menimbulkan penyakit.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+2Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *