Efek Negatif Yang Harus Anda Ketahui Bila Mengkonsumsi Buah Anggur

Anggur memang sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita, karena terdapat kandungan vitamin yang berbeda seperti mineral dan serat. Hal ini tidak lagi berlaku ketika kita terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah anggur, karena akan menimbulkan efek samping yang negatif terhadap tubuh. Tubuh juga akan menimbulkan beberapa reaksi ketika tubuh kita tidak bisa lagi menerima sesuatu yang berlebihan. Dan tahukah kalian, bahwa kulit buah anggur mengandung banyak serat dan juga zat resveratrol yang merupakan salah satu sumber dari zat yang mangandung antioksidan yang bernama flavonoid.

Terlepas dari makanan lainnya, buah anggur yang juga dapat digunakan dalam berbagai makanan penutup ataupun olahan lainnya yang berbahan dasar buah anggur ternyata membuat banyak penggemar buah ini sangat mudah untuk mengkonsumsi dan mendapatkan buah kecil ini. Tapi tidak selamanya suatu makanan yang mengandung khasiat dapat memberikan manfaat terhadap tubuh kita, justru jika kita mengkonsumsi buah anggur secara berlebihan akan menimbulkan efek negatif terhadap tubuh kita, seperti berikut ini :

Berat badan

Buah anggur cenderung relatif lebih rendah mengandung kalori. Dalam satu cangkir penuh yang berisi sekitar 30 buah anggur yang sudah di haluskan ternyata memiliki kurang dari 105 kalori. Bayangkan saja jika kita duduk dengan sekantong anggur sambil menonton TV, mungkin saja tanpa kita sadari sudah lebih dari 105 kalori bahkan tiga kali lipat kandungan kalori yang masuk kedalam tubuh kita, kelebihan jumlah kalori dalam tubuh kita justru akan membuat pertambahan berat badan pada tubuh kita semakin cepat.

Kelebihan unsur karbohidrat

Kandungan zat yang terdapat dalam buah anggur ternyata dapat merubah sumber energi menjadi glukosa. Karbohidrat harus memenuhi asupan tubuh kita sekitar 45 sampai 65 persen dari semua jumlah kalori yang kita konsumsi dan sekitar 900 sampai 1.300 kalori dari karbohidrat sama saja dengan 225-325 gram karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Dalam 1 cangkir anggur mengandung lebih dari 27 gram karbohidrat. Jika kita mengkonsumsi buah anggur dengan bebasnya tanpa mempedulikan seberapa banyak buah anggur yang masuk ke dalam tubuh kita ini akan membuat asupan karbohidrat kita semakin tinggi begitu pun dengan asupan protein dan kandungan lemaknya.

Permasalahan pada usus

Porsi buah anggur yang baik untuk kita konsumsi yaitu kira-kira 1,5 gram dalam 1 cangkir, yang di harapkan dapat mencegah permasalahan usus pada perut kita, karena tubuh kita tidak selamanya dapat memproses serat dengan baik yang pastinya membuat sulit tubuh kita untuk mengeluarkan tinja, yang merupakan tanda sembelit.

Serangan alergi

Jika kita alergi terhadap buah anggur, hal ini akan menimbulkan gatal-gatal atau bercak merah pada kulit kita hanya dengan menyentuh buah anggur atau segera setelah memakan buah ini. Pada kasus yang parah, kita mungkin saja mengalami kesulitan bernapas atau syok anafilaktik. Kita sebenarnya bisa saja alergi terhadap pestisida pada buah anggur, ragi atau jamur yang terdapat pada buah anggur. Satu-satunya cara untuk memastikan apa yang membuat kita alergi terhadap buah anggur yaitu dengan menjalani tes alergi dan mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit yang kita alami sekarang ini.

Gangguan pencernaan

Makan buah anggur dalam jumlah besar juga ternyata dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Dalam beberapa kasus pun hal ini dapat menyebabkan penyakit diare. Seseorang yang memiliki intoleransi fruktosa juga dapat mengalami sakit perut yang bersamaan dengan gangguan pencernaan. Orang dengan intoleransi fruktosa harus menghindari makan buah anggur karena dapat membahayakan fungsi hati dan ginjal. Sebuah kondisi yang lebih ringan lainnya yaitu malabsorpsi fruktosa, yang menunjukkan gejala yang sama tapi dengan intensitas kurang.

Gas

Ketika tubuh mencerna buah anggur, maka tubuh akan melepaskan jumlah fruktosa. Saluran pencernaan memecah fruktosa, tetapi bagian lainnya masih bisa untuk tercerna dan masuk ke usus. Bakteri di usus besar mulai mengkonumsi kandungan gula yang tidak tercerna sebagai asupan makanannya lalu bekteri ini kemudian melepaskan gas dan hal inilah yang menyebabkan sakit dan kembung di perut.

Muntah

Jika kita tidak makan banyak serat secara teratur, kita akan merasa mual ketika mengkonsumsi terlalu banyak buah anggur. Hal ini karena membuat sulit bagi sistem pencernaan untuk mencerna semua kandungan serat dari buah anggur. Dan akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan di perut dan dapat menyebabkan mual dan muntah.

Efek samping lain juga kemungkinan bisa terjadi yang bisa di akibatkan dari biji buah anggur itu sendiri, dan dari efek ekstrak biji anggur ini biasanya seperti :

  • sakit kepala
  • gatal dan kulit kepala kering
  • pusing
  • mual
  • sakit perut
  • sakit tenggorokan
  • batuk

Terlepas dari manfaat negatif seperti di atas tadi, ternyata jika kita mengkonsumsi dengan baik dan benar buah anggur juga dapat sangat bermanfaat untuk kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *