Efek Samping Pengobatan Radiasi Kanker Payudara

Terapi radiasi menggunakan sinar-X bertenaga tinggi untuk membunuh bagian sel-sel kanker. Ini merupakan jenis terapi yang ditargetkan untuk digunakan dalam pengobatan kanker payudara. Radiasi tersebut ditujukan pada lokasi tumor, kelenjar getah bening, atau dinding dada. Cara tersebut mencoba untuk menghentikan penyebaran dari kanker atau mengurangi risiko kekambuhan.

PENYEMBUHAN PENYAKIT KANKER TANPA OPERASI DENGAN GANODERMA PLUS CAPSULE!!


Efek dari radiasi kanker payudara pada tubuh

Pengobatan radiasi secara eksternal biasanya dijalani lima kali per minggu, selama lima sampai tujuh minggu. Pendekatan baru memberikan dosis yang lebih besar dari radiasi selama tiga minggu (iradiasi payudara dipercepat). Kebanyakan orang mentolerir terapi radiasi dengan baik. Dokter mungkin merekomendasikan pengobatan radiasi secara internal (brachytherapy). Ini merupakan sebuah prosedur di mana potongan-potongan kecil dari bahan radioaktif ditempatkan di sekitar daerah tumor.

Efek samping jangka pendek

Efek samping yang paling umum dari terapi radiasi ini adalah iritasi kulit di daerah yang terkena. Setelah beberapa perawatan pertama dilakukan, kemungkinan tinggi kulit menjadi lebih sensitif dan mulai berubah warna menjadi merah muda. Akhirnya terasa seperti terbakar, rasa gatal, mengelupas, atau perih. Kemungkinan juga rambut ketiak akan menjadi rontok jika radiasi ditargetkan di sekitaran daerah ketiak. Efek samping tersebut biasanya bersifat sementara.

Efek samping jangka panjang

Pengobatan radiasi yang dapat menimbulkan efek samping jangka panjangnya yaitu dapat membuat perubahan warna menjadi lebih gelap di sekitaran daerah yang terkena oleh radiasi tersebut, dan perubahan warna tersebut kemungkinan besar menjadi permanen, kulit tampak tebal dan lebih kencang. Rasa nyeri karena sensitivitas kulit pun menjadi efek sampingnya yang dapat bertahan selama berbulan-bulan. Radiasi dapat menyebabkan beberapa kerusakan saraf yang mengakibatkan mati rasa dan nyeri. Terapi radiasi dapat membatasi kemampuan seorang penderita untuk menyusui.

Efek samping langka

Jika kelenjar getah bening sudah di hilangkan sebelum menjalani proses pengobatan radiasi, kemungkinan seorang penderita tersebut berada di peningkatan risiko tinggi terhadap penyumbatan sistem getah bening (lymphedema). Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan lengan di mana benjolan tersebut sudah dihilangkan. Ternyata seorang penderita menjalani proses pengobatan radiasi kanker payudara, maka efek samping langka yang kadang di alami oleh si pasien beberapa dapat timbul, seperti: Lihat juga efek bahaya memakai ukuran bra yang salah!

  • rusuk menjadi mudah patah akibat melemahnya bagian tulang rusuk
  • peradangan pada jaringan paru-paru
  • kerusakan jantung ketika radiasi diberikan di sisi kiri dada
  • kanker sekunder yang disebabkan oleh radiasi
  • sesak napas
  • kesulitan menelan
  • nyeri dada

Berurusan dengan efek samping radiasi kanker payudara

Pasien tidak bisa menghindari atau mencegah kemungkinan efek samping yang terjadi akibat pengobatan radiasi, namun si penderita hanya bisa meminimalkan kemungkinan timbulnya efek samping tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa efek samping tersebut salah satunya dapat menyebabkan kulit yang terkena iritasi dapat menjadi lebih sensitif dan perih, untuk itu kita bisa memakai ukuran bra dan pakaian yang longgar.

Si pasien juga harus selalu melakukan konsultasi dengan dokter mengenai penggunaan sabun dan krim apapun itu untuk merawat payudara tersebut. Hindari kebiasaan buruk seperti menggosok atau menggaruk daerah yang terkena pengobatan radiasi atau sekitaran payudara. Pasien harus mempunyai waktu istirahat yang lebih dari biasanya, memenuhi asupan makanan yang bergizi dan merubah pola gaya hidup menjadi lebih di perhitungkan lagi. Melawan kelelahan dengan mendapatkan banyak istirahat. Memberikan tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Kanker payudara merupakan sejenis penyakit kanker yang banyak diderita dan di alami oleh kaum hawa, kondisi inilah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi seluruh wanita di Dunia. Karena siapa sangka jika penyakit ini dapat menyerang orang yang tidak mempunyai gejala atau riwayat keluarga penyakit berbahaya tersebut. Untuk itu, kini saatnya kita melakukan pencegahan secara efektif kanker payudara, untuk meminimalisir kemungkinan kita untuk menderita penyakit kanker payudara. Penyebab yang paling umum timbulnya penyakit kanker payudara tersebut tidak hanya disebabkan oleh asupan makanan yang sembarangan, tapi dapat juga di timbulkan dari berbagai macam penyebab yang berbeda, seperti halnya dari tumbuhnya perubahan genetik secara abnormal dan juga kebiasaan sepele yang mempunyai dampak buruk terhadap payudara kita.

Kita tahu bahwa pengobatan semua jenis penyakit kanker termasuk dengan kanker payudara ini tentunya mempunyai efek samping yang tidak kita inginkan, yang menyebabkan kualitas hidup si penderita menjadi lebih lemah. Sekarang bagi penderita penyakit kanker, kalian tidak usah lagi untuk menjalani pengobatan medis yang hanya akan menimbulkan efek samping yang belum tentu mempunyai hasil kesembuhan yang sempurna. Karena sekarang sudah ada terobosan terbaru dari BREAST CARE CAPSULE, yang akan memberikan kesembuhan secara total tanpa perlu menjalani operasi ataupun radiasi kanker payudara.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *