Gejala dan Penyembuhan Pada Penyakit Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit peradangan, atau pembengkakan, dari jaringan yang melapisi sinus. Biasanya, sinus dipenuhi dengan udara, tetapi ketika adanya penyumbatan dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur), hal ini dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi. Kondisi yang dapat menyebabkan penyumbatan sinus termasuk pilek, alergi rhinitis (pembengkakan selaput hidung), polip hidung (pertumbuhan kecil di lapisan itu), atau septum yang menyimpang (pergeseran di rongga hidung). 

Jenis jenis Sinusitis

  • Akut, gejala dingin ini seperti berair, hidung tersumbat dan nyeri pada bagian wajah secara tiba-tiba dan tidak kunjung hilang setelah 10 sampai 14 hari, ini biasanya berlangsung 4 minggu atau kurang.
  • Subakut, peradangan sinus ini yang berlangsung 4 sampai 8 minggu.
  • Kronis, gejala peradangan yang berlangsung selama 8 minggu atau lebih.
  • Berulang, Beberapa kejadian saja dalam setahun.

Klik DISINI obat sinusitis terbaik

Gejala Sinusitis kronis

Anda mungkin memiliki gejala-gejala tersebut dalam 8 minggu atau lebih, yang di tandai dengan adanya :

  • Perasaan kemacetan atau kepenuhan di wajah Anda
  • Sebuah sumbatan hidung atau penyumbatan
  • Pus dalam rongga hidung
  • Demam
  •  Adanya perubahan pada hidung atau berubahan pada warnanya

Dan biasanya di barengi dengan beberapa sakit di bagian tubuh seperti :

  • Sakit kepala
  • Bau mulut
  • Kelelahan
  • Sakit gigi

Diagnosa

Dokter tentunya akan mempertimbangkan gejala anda dan memberi pemeriksaan pada fisik anda. Dengan pemeriksaan secara lanjut, tentunya anda akan mengetahui gejala apa yang anda derita sehingga lebih mudah untuk melakukan diagosa pada anda penderita sinusitis.

Pengobatan

Hal ini tergantung pada kasus tertentu, seperti :

sinusitis akut, Jika anda memiliki infeksi sinus sederhana, dokter mungkin menyarankan anda untuk menggunakan obat-obatan dekongestan dan inhalasi uap. Anda tidak harus menggunakan dekongestan selama lebih dari beberapa har. Tapi jika dokter memberi anda antibiotik, anda mungkin akan merasakannya selama 10 sampai 14 hari. Gejala biasanya menghilang dengan pengobatan.

sinusitis kronis, udara lembab dan hangat dapat membantu. Anda dapat menggunakan vaporizer atau menghirup uap dari panci air hangat (tapi tidak terlalu panas). kompresan yang hangat dapat meringankan rasa sakit di hidung dan sinus. Tetes hidung dengan air garam juga aman untuk dilakukan.  Dekongestan nasal tetes atau semprot juga bisa membantu. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan antibiotik atau steroid.

pilihan dengan pengobatan lainnya

Anda juga perlu menghindari pemicu terkait timbulnya penyakit sinusitis anda. Untuk mengurangi keburukan karena kondisi Anda, dokter juga meresepkan semprotan hidung, tetes hidung, atau obat dekongestan. Jika Anda memiliki alergi, dokter mungkin menyarankan antihistamin. Jika jamuradalah penyebabnya, tentunya anda akan mendapatkan resep untuk obat antijamur. Dokter juga mungkin memberikan immunoglobulin (antibodi) jika anda memiliki kekurangan sistem kekebalan pada tubuh.

Siapa yang menderita sinusitis ?

Sekitar 37 juta orang Amerika menderita penyakit sinusitis setiap tahunnya. Dan kemungkinan anda dapat mengalaminya, jika merasakan hal hal seperti berikut ini :

  • Pembengkakan di dalam hidung
  • perbedaan struktural yang mempersempit saluran
  • Kondisi itu membuat infeksi lebih mungkin terjadi, seperti kekurangan sistem kekebalan tubuh atau obat yang menekan sistem kekebalan tubuh. Untuk anak-anak, hal berkontribusi terjadinya sinusitis yaitu termasuk alergi, penyakit dari anak-anak lain yang menular, dan asap yang kotor di lingkungan.

Apa itu nasal endoscopy?

Sebuah endoskopi hidung adalah tabung dilengkapi dengan lampu kecil dan kamera. Dokter menggunakannya untuk melihat ke dalam daerah drainase hidung dan sinus anda. Pertama, Anda mungkin mendapatkan beberapa anestesi untuk mematikan rasa sakit di daerah tertentu, tapi itu tidak harus selalu dilakukan.

Apakah saya perlu membuat perubahan gaya hidup ?

Gaya hidup yang tidak baik cenderung berdampak negatif pada tubuh, selain gaya hidup yang selalu instan dalam makanan, tentunya mempunyai efek samping yang negatif pada tubuh sehingga bisa saja menurunkan sistem kekebalan atau sistem imun yang ada pada tubuh kita, dan bisa membuat radikal bebas dengan mudahnya masuk ke dalam tubuh kita. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat mengakibatkan berbagai penyakit masuk dan bersarang di tubuh termasuk bagian organ pernafasan yaitu paru paru, karena zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok tersebut.

Apakah perlu saya melakukan operasi ?

Dokter dapat melakukan prosedur yang disebut “turbinectomy” fungsinya untuk mengecilkan jaringan yang bengkak di hidung. Anda bisa  melakukannya di dokter spesialis yang anda temui. Jika anda membutuhkan prosedur yang disebut balon sinusplasty, Anda juga bisa mendapatkan yang dilakukan di dokter spesialis anda. Hal ini akan membuka orga anda yang sudah membengkak, sinus yang sudah meradang dapat terbuka kembali dan di lakukan proses penutupan pembuluh darah ke jantung dengan balon angioplasty. Sinus di tutup dan dapat mengalirkan lendir dengan bebas.

Apakah yang terjadi jika Sinusitis tidak diobati?

Anda akan merasakan rasa sakit dan ketidaknyamanan di daerah pernafasan. Dalam kasus yang jarang terjadi ini, sinusitis yang tidak dapat diobati dapat menyebabkan meningitis atau abses otak dan infeksi tulang.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *