Gejala Serta Pengobatan Bagi Anda Penderita Penyakit Flu

Apa itu flu ?

flu yaitu adanya infeksi pada pernapasan (seperti pada bagian hidung, tenggorokan, dan paru-paru) yang disebabkan oleh berbagai virus influenza. Banyak orang menggunakan kata “flu” ketika mereka memiliki rasa dingin ti tubuh dingin. Meskipun flu bisa juga disebabkan oleh virus lain, flu dan pilek tentunya memiliki beberapa perbedaan.

Di Amerika Utara, flu biasanya menyerang pada bulan bulan tertentu seperti November dan April, dan rata rata penderita terinfeksi sekitar 25% dari populasi penduduk Amerika Utara. Kebanyakan orang yang terkena flu akan sembuh dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu, tetapi beberapa orang dapat berisiko menderita komplikasi dengan penyakit lain yaitu pneumonia. Rata-rata, sekitar 4.000 sampai 8.000 orang di Kanada meninggal setiap tahun akibat komplikasi influenza, dan sekitar 20.000 orang penderita flu menjalani perawatan di rumah sakit.

Penyebab

Influenza adalah penyakit yang menular, yang berarti dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang yang lainnya. Virus yang menyebabkan influenza menyebar dari orang ke orang terutama oleh tetesan cairan pernafasan yang dikirim melalui udara ketika seseorang terinfeksi melalui batuk atau bersin. Orang lain yang menghirup virus udara yang dekat dengan si penderita tentunya bakalan terinfeksi. Dalam beberapa kasus, flu dapat menyebar ketika seseorang menyentuh permukaan (misalnya, gagang pintu, meja, telepon) yang memiliki virus di dalamnya tanpa kita sadari, kemudian kita menyentuh bagian mata, hidung, dan mata kita. Virus juga dapat dengan mudah menyebar melalui tempat tempat ramai seperti sekolah dan tempat umum lainnya.

Ini dia tiga jenis dari virus influenza ada tipe A, B, dan C. Tipe C lebih sering mempengaruhi bebek, angsa, kalkun, dan ayam, tetapi juga terlibat dalam persentase kecil dari kasus manusia. Tipe B ini dapat mempengaruhi manusia dan menyebabkan penyakit ringan, dan menyebabkan adanyab perbahan pada si penderita. Tipe A influenza ini sering menimbulkan masalah paling serius bagi manusia. Strain jenis ini juga telah ditemukan pada burung, manusia, kuda, babi, anjing laut, paus, dan musang. Virus yang mempengaruhi dua spesies yang berbeda kadang-kadang menggabungkan dengan campuran yang sesuai dengan informasi genetik untuk membuat strain baru yang membuat orang yang kebal terhadap berbagai macam virus.

Gejala dan Komplikasi

Gejala awal pada penyakit flu biasanya di tandai dengan sakit kepala, menggigil, dan batuk. Gejala seperti demam, kehilangan nafsu makan, dan nyeri otot tentunya menjadi gejala yang parah pada kemudian hari. Gejala lain seperti mual, muntah, dan diare biasanya jarang menyerah orang dewasa tetapi ini akan lebih menyerang pada anak anak.

Gejala

Gejala lainnya adalah seperti :

  • demam
  • sakit kepala
  • sakit dan nyeri
  • kelelahan dan kelemahan
  • kelelahan ekstrim
  • hidung tersumbat
  • bersin
  • sakit tenggorokan
  • ketidaknyamanan pada dada

Cara mendiagnosis penyakit flu pada seseorang

Karena gejala pada penyakit infeksi influenza sangat berbeda dari flu biasa, diagnosis pun dapat di ketahui dengan sendirinya. Dokter anda akan dapat dengan mudah memberitahu bahwa anda memiliki flu jika anda memiliki beberapa atau sebagian besar dari gejala seperti berikut :

  • Sakit dan nyeri di mana-mana, terutama di punggung dan kaki
  • Sakit kepala yang buruk
  • Rasa panas di dada
  • Hanya batuk kering lalu di susul dengan batuk berdahak
  • Demam tinggi
  • Mual dan mungkin
  • Sakit tenggorokan
  • Pilek atau tersumbat
  • Kelelahan ekstrim

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan normal untuk flu bisa kita lakukan dengan beristirahat dan meminum banyak cairan. Dengan melakukan pengobatan juga termasuk cara untuk mencegah penyebaran virus flu, seperti mencuci tangan yang benar, menjaga permukaan yang terbuka agar tetap bersih, dan batuk atau bersin ke lengan dan dengan cara menutupnya dengan telapak tangan atau dengan sehelai kain. Obat untuk gejala spesifik dapat membantu, seperti penekan batuk dapat digunakan untuk batuk, asam asetilsalisilat (ASA), ibuprofen, atau asetaminofen dapat digunakan untuk mengobati gejala flu, seperti sakit dan demam. Anak-anak dan remaja dengan flu tidak harus mengambil ASA atau salisilat lainnya (obat yang berhubungan dengan ASA, seperti salsalat atau magnesium salisilat). Kombinasi influenza dan ASA terkait dengan sindrom Reye, suatu kondisi yang jarang namun serius dapat mempengaruhi otak dan hati. Antibiotik tidak efektif terhadap infeksi virus seperti flu dan dingin, tapi mereka diresepkan untuk komplikasi seperti infeksi pada bakteri.

Penyakit flu biasanya di sebabkan terkait adanya bakteri atau virus yang telah menginfeksi tubuh kita, ini bisa terjadi di karenakan keadaan sistem imun pada tubuh kita sedang menurun sehingga tidak dapat menangkal langsung virus yang menyerang tubuh kita. Sebaiknya kita menjaga kebersihan dan membuat lingkungan terasa lebih bersih agar bakteri ataupun virus tidak dengan mudah menempel pada permukaan yang biasanya kita pegang atau sentuh.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *