Hal Ini Akan Terjadi Jika Ginjal Anda Gagal Berfungsi

Gagal ginjal kronis atau penyakit ginjal stadium akhir merupakan suatu kondisi ginjal yang dipenuhi dengan cairan dan limbah sisa makanan atau kotoran yang masih menumpuk. Kondisi ini disebut uremia yang dapat menyebabkan kaki dan bagian tangan menjadi bengkak. Lihat juga ciri timbulnya penyakit batu ginjal!

Tubuh akan terasa lemah dan lelah karena semua jaringan atau organ di dalam tubuh kita membutuhkan asupan darah yang baik untuk melancarkan fungsi kerjanya. Kondisi uremia yang tidak diobati dapat menyebabkan si penderita menjadi kejang atau koma bahkan sampai mengakibatkan kematian. Jika ginjal kita berhenti bekerja sepenuhnya, maka kita perlu menjalani dialisis atau transplantasi ginjal.

Dialisis

Dua bentuk utama dari dialisis adalah hemodialisis dan dialisis peritoneal. Pada hemodialisis, darah akan dikirim melalui filter yang menghilangkan produk-produk limbah yang akan mengembalikan darah bersih ke seluruh bagian tubuh.

Pada dialisis peritoneal, cairan akan dimasukkan ke dalam perut yang kemudian akan mengontrol sisa kotoran dalam darah kita. Setelah beberapa jam, cairan yang mengandung limbah tubuh tersebut akan terkuras habis. Pasien dapat melakukan peritoneal dialisis sendiri. Pasien menggunakan Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD) yang akan membantu mengubah cairan empat kali sehari. Bentuk lain dari dialisis peritoneal, yang disebut Continuous Cycling Peritoneal Dialysis (CCPD), dapat dilakukan pada malam hari dengan mesin yang mengaliri air secara otomatis dari perut.

Transplantasi

Ginjal yang disumbangkan dapat berasal dari donor yang baru saja meninggal atau dari orang yang hidup. Ginjal yang kita terima harus sangat cocok dan terasa baik untuk tubuh kita. Jika ginjal tersebut tidak cocok atau terasa asing bagi tubuh kita, maka sistem kekebalan tubuh kita pun menjadi lemah dan menolak pendonoran ginjal tersebut. Lihat juga 10 gejala penyakit batu ginjal!

Sistem kekebalan tubuh kita akan melindungi kita dari penyakit dengan cara menyerang segala sesuatu yang bukan dari bagian tubuh kita. Jadi sistem kekebalan tubuh kita akan menyerang ginjal yang terasa asing bagi tubuh. Namun, kita bisa menggunakan sejenis obat-obatan yang di khususkan untuk membantu tubuh kita agar bisa menerima transplantasi ginjal yang dilakukan tersebut.

Poin untuk ingat

Ginjal adalah organ vital yang berfungsi menjaga darah kita agar tetap bersih dan seimbang dari bahan-bahan kimiawi yang ada di dalam aliran darah kita. Selain itu ada beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai permasalahan seputar penyakit ginjal, seperti: Lihat juga masalah umum pencernaan dan cara mengobatinya!

  • perkembangan penyakit ginjal dapat diperlambat, tetapi tidak akan kembali membaik sepenuhnya
  • penyakit ginjal stadium akhir (ESRD) merupakan kerugian total fungsi ginjal
  • dialisis dan transplantasi dapat memperpanjang kehidupan orang-orang penderita ESRD
  • diabetes dan tekanan darah tinggi adalah dua penyebab utama gagal ginjal
  • kita harus melakukan pemeriksaan dengan nephrologist secara teratur jika kita memiliki penyakit ginjal
  • penyakit ginjal kronis (CKD) dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke

Jika kita berada dalam tahap awal penyakit ginjal, kemungkinan juga kita masih dapat menyimpan fungsi ginjal yang tersisa selama bertahun-tahun kedepan, asalkan kita harus:

  • mengontrol glukosa darah
  • mengontrol tekanan darah
  • mengikuti diet rendah protein
  • mempertahankan tingkat yang sehat kolesterol dalam darah
  • mengambil inhibitor ACE atau ARB
  • berhenti merokok
  • dan tentunya mengubah gaya hidup yang menjadi lebih sehat lagi

Memang sunggu luar biasa bukan, tuhan menciptakan apapun karena ada manfaatnya, seperti halnya dengan organ ginjal dalam tubuh kita ini yang sangat berperan penting dan sangat penting untuk kelangsungan kehidupan kita. Kita hanya perlu untuk menjaga dan meningkatkan lagi perawatan kita terhadap kesehatan tubuh yang tentunya akan membantu menjaga kesehatan organ yang ada di dalamnya dengan asupan makanan yang kita konsumsi. Dan kita jadikan makanan sebagai obat, bukan obat sebagai makanan.

Cuci darah harus dilakukan untuk orang yang mempunyai kondisi ginjal yang tidak berfungsi sepenuhnya, untuk membantu membersihkan seluruh darah kita dari material kotor yang dapat membahayakan tubuh. Seperti yang kita tahu, bahwasanya cuci darah tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan memang selalu menjadi kendala bagi orang yang memiliki keadaan ekonomi yang rendah, hal inilah yang menyebabkan umur seseorang menjadi di pertaruhkan.

Namun jangan khawatir lagi, karena sekarang sudah ada terobosan terbaru dari produsen obat-obatan herbal GREEN WORLD yang akan membantu si penderita masalah kesehatan ginjal menjadi sembuh total tanpa melakukan cuci darah yaitu dengan KIDNEY CARE WOMEN CAPSULE dan KIDNEY CARE MEN CAPSULE. Pengobatan herbal tersebut akan membantu wanita atau laki-laki yang menderita masalah gangguan ginjal ringan ataupun berat tanpa takut akan timbulnya efek samping ataupun ketergantungan pemakaian. Tidak perlu penasaran atau ragu-ragu, cukup buktikan saja sendiri!!

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *