Hal Yang Seharusnya Tidak Dilakukan Jika Anda Mempunyai Wajah Berminyak

Biasanya kita akan mengelap dengan handuk atau memakai bedak kembali untuk menghilangkan keringat dibagian wajah, agar tidak terlihat mengkilap lagi. Kulit berminyak merupakan kondisi yang sangat umum yang banyak dialami oleh banyak orang seluruh kalangan usia. Disini kita akan membahas mengenai apa saja yang seharusnya tidak kita lakukan ketika mendapati kondisi wajah yang berminyak!

Lihat juga beberapa metode perawat kulit sehat dan cantik!

Menggunakan alat toner

Toner banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengatasi kulit berminyak, tapi banyak juga orang yang tidak mengetahui bahwa alat ini juga dapat memperburuk kondisi wajah kita yang berminyak. Toner memang dapat mengeringkan kulit, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak produksi minyak di wajah. Kulit kita dirancang untuk tetap lembab, sehingga proses untuk mengeringkan wajah dari minyak akan menggeser kelenjar untuk memprosuksi minyak secara berlebihan. Dokter ahli kulit juga lebih menyarankan kita untuk menggunakan witch hazel, pelembut, zat nabati, sebagai gantinya. Atau bisa juga menggunakan tanaman organik sebagai penyegar wajah seperti daun lidah buaya yang dapat menenangkan dan untuk menjaga kulit wajah kita agar tetap terhidrasi.

Melembabkan dengan cara yang salah

Beberapa bahan yang dipercaya dapat melembabkan kulit ternyata dapat menambahkan jumlah produksi lemak yang tidak dibutuhkan pada kulit, yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang akhirnya timbulah jerawat. Beberapa orang juga mempunyai bagian pori-pori wajah yang tersumbat akibat petrolatum, serta produk-produk alami yang mengandung minyak kelapa, lemak kakao dan minyak sayur. Kita harus mencoba menggunakan jenis produk pelembab yang bebas minyak, yang cenderung mengandung lemak sehat dan humektan yang menarik cairan atau minyak dari permukaan wajah kita. Ketika kita akan menggunakan produk pelembab atau kecantikan yang terlebih dahulu harus mempertimbangkan kandungan didalamnya seperti cairan, gel, dan serum. Seperti halnya dengan produk sehat kecantikan yang satu ini yaitu belif yang menggunakan Cream Aqua Bomb yang merupakan formula gel pengering yang akan menjaga kulit tetap lembut dan sehat.

Memakai make up yang tebal

Memakai lapisan make up yang tebal akan membuat kita lebih sulit untuk membersihkan kembali permukaan wajah seperti sebelumnya dan hal ini juga yang dapat menyumbat bagian pori-pori wajah kita. Ketika membeli makeup, kita harus bisa memilih jenis produk kecantikan yang mengandung bebas minyak, yang mengandung senyawa niacinamide, vitamin B yang telah terbukti untuk menyerap minyak. Jika kita terlalu malas untuk mencuci wajah sebelum tidur, cobalah menggunakan produk pembersihan wajah seperti Aveeno Clear Complexion. Dan untuk makeup, yang mengandung niacinamide dengan kandungan seperti MDSolarSciences Mineral Beauty Balm dengan SPF 50 atau yang mengandung bebas minyak seperti Sephora.

Menggosok kulit

Kita juga harus menghindari kebiasaan buruk yang selalu menggosok-gosok bagian permukaan wajah dengan tangan saat membersihkan wajah, karena hal ini dapat membuat kulit untuk memproduksi minyak menjadi lebih banyak. Sebaliknya, kita harus memilih produk kecantikan yang mengandung asam salisilat sebagai perawatan untuk pengelupasan kulit yang sudah rusak. Asam salisilat adalah zat yang dapat masuk ke dalam pori-pori wajah kita yang berfungsi untuk melarutkan minyak dan noda. Beberapa dokter ahli kulit juga menyarankan kita agar menggunakan masker atau produk kecantikan yang mengandung asam salsilat untuk melarutkan minyak.

Lihat juga manfaat mentimun untuk kesehatan kulit!

Tidak rutin mencuci wajah

Setelah seharian bekerja, debu dan kotoran dapat menetap pada kulit, dan keringat dapat menyerap kotoran tersebut kebagian dalam pori-pori. Sangat penting untuk mencuci wajah secara rutin untuk mengeluarkan kotoran tersebut dari dalam pori-pori dengan menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, atau peroksida benzol.

Mencuci wajah secara berlebihan

Kulit butuh minyak alami dan mencuci wajah secara berlebihan justru akan menghilangkan kelenjar minyak yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Alih-alih kulit kita akan memproduksi minyak secara berlebih dan menimbulkan kulit menjadi tersumbat yang akhirnya membuat bagian pori-pori menjadi membesar. Dermatologists merekomendasikan agar kita mencuci wajah hanya dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Jika hanya dengan membersihkan wajah saja tidak mengurangi kondisi kulit berminyak, kita dapat mencoba jenis produk pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, atau benzoyl peroxide.

Lihat juga beberapa cara untuk menghilangkan komedo!

Gonta-ganti produk kecantikan

Dermatologists merekomendasikan produk yang mengandung asam salisilat untuk mengatasi produksi minyak yang berlebihan. Asam salisilat adalah lipofilik, yang berarti ia memiliki afinitas untuk minyak. Hal ini dapat terjadi karena memasuki bagian dalam pori-pori, yang merupakan folikel sebaceous yang diisi dengan minyak dan membantu untuk menghilangkan minyak tersebut. Jika produk alami rumahan tidak bekerja untuk mengontrol produksi minyak yang berlebihan, ada baiknya kita melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan tindakan yang selanjutnya.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *