Ini Dia Beberapa Alasan Kenapa Kita Sering Bersin Setelah Makan

Bersin adalah cara tubuh untuk menghilangkan iritan atau alergen dari dalam dan dengan demikian kondisi inilah yang akan menjaga saluran hidung kita agar menjadi lebih bersih dan sehat. Yang harus kita ketahui pertama yaitu bagaimana cara ampuh untuk mencegah bersin-bersin terjadi, karena tentunya kondisi ini juga membuat kita menjadi tidak nyaman dan mungkin akan merasa malu ketika kita berada didepan umum atau banyak orang.

Penyebab kemungkinan bersin setelah makan

Gustatory rhinitis

Gustatory rhinitis ditandai dengan terjadinya penyumbatan pada hidung, bersin-bersin dan hidung meler setelah makan. Penyebabnya dari jenis makanan tertentu seperti makanan pedas, alkohol atau bahkan makanan dingin yang dapat memicu reaksi dalam sistem saraf yang menyebabkan timbulnya gejala, karena membran hidung membengkak.

Snatiation

Snatiation adalah kondisi di mana orang mengalami bersin berlebihan setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Penyakit ini diperkirakan diakibatkan dari keadaan genetik seseorang seperti orang dengan sifat turun-temurun yang memungkinkan bersin menjadi tak terkendali ketika otak sudah menerima respom.

Alergi makanan

Beberapa orang yang menderita alergi makanan tertentu biasanya memiliki gejala bersin setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Beberapa makanan yang sering menyebabkan alergi adalah kacang, gandum, makanan laut, telur dan susu.

Penyebab airborne

Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya serbuk sari atau debu. Alergi ini juga bisa dipicu oleh kondisi cuaca yang tidak menentu. Mungkin dari seseorang yang memakai parfum ternyata daoat juga menyebabkan bersin. Bisa juga kondisi ini disebabkan oleh alergi kita terhadap hewat peliharaan seperti dari bulunya atau yang lainnya yang dapat menyebabkan kita menjadi bersin-bersin.

Cara mencegah bersin setelah makan

Mengubah kebiasaan makan

Jika kita menduga timbulnya bersin secara berlebihan tersebut dipicu oleh perasaan kenyang saat mengkonsumsi suatu makanan, ada baiknya jika kita merubah kebiasaan tersebut dengan menggunakan porsi makan yang lebih kecil. Tentunya hal ini juga akan membantu sistem saraf kita untuk mencegah dan tidak merangsang untuk bersin-bersin lagi.

Menggunakan obat-obatan tertentu

Obat-obat yang dapat mengatasi reaksi alergi yang kita alami adalah antihistamin. Ini bisa dalam bentuk tablet, sirup atau semprotan hidung. Dekongestan nasal dapat membantu membersihkan perasaan pengap di hidung dan sinus. Pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakan dekongestan nasal karena penggunaan yang berlebihan dapat mengakibatkan kemacetan dibagian saluran hidung. Jangan menggunakannya selama lebih dari lima hari terus menerus karena semprotan tersebut akan menyebabkan hidung tersumbat. Menggunakan obat merupakan jalan terakhir saja untuk mengatasi bersin-bersin tersebut.

Meringankan gejala alergi

Jika gejala bersin timbul setelah makan biasanya kondisi ini disebabkan oleh adanya alergi, berikut ini ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan di rumah untuk meminimalkan gejala alergi:

  • menggunakan semprotan hidung saline yang aman untuk membantu menenangkan membran hidung dan untuk meringankan iritasi dari rongga hidung tersebut.
  • Menggunakan lavage nasal, karena cara ini paling efektif untuk menangani gejala alergi dan iritasi pada hidung yang menjadi penyebab timbulnya kondisi bersin-bersin.
  • meniup lembut kedalam rongga dalam hidung secara teratur
  • meminum banyak cairan untuk menjaga tubuh kita agar tetap terhidrasi dengan baik dan untuk mencegah selaput lendir kita dari kekeringan
  • mandi dengan air hangat dapat membantu untuk melonggarkan lendir di hidung dan menghilangkan penyumbatan yang terjadi dibagian sinus

Mengubah asupan pola makan

Jika kita mmepunyai kecurigaan terhadap penyebab timbulnya bersin-bersin setelah makan, kita harus memulai untuk mengubah asupan pola makan yang akan dikonsumsi, termasuk dengan menghindari makanan penyebab bersin tersebut. Jadi setelah kita mengetahui makanan apa saja yang menjadi pemicu alergi, maka kita pun menjadi lebih mudah untuk menghindari dan memilih makanan tersebut yang tentunya sehat dan aman untuk kita konsumsi.

Pertama yang harus kita ketahui yaitu gejala serta pengobatan untuk penderita flu, karena seringkali bersin merupakan penyakit yang berhubungan dengan kondisi bersin-bersin. Kita juga harus bisa untuk menghindari berbagai macam pemicunya, seperti salah satunya yaitu menghindari cuaca dingin, karena cuaca dingin sangatlah erat kaitanya sebagai penyebab timbulnya bersin-bersin, hal ini terjadi karena adanya respon dari sistem kekebalan tubuh kita yang lemah saat mengatasi serangan hawa dingin dari luar tubuh, dan bersin juga merupakan cara respon tubuh kita terhadap serangan bakteri atau virus, sehingga tubuh pun mengeluarkan bakteri dan virus tersebut melalui bersin.

Timbulnya bersin, flu atau filek ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita yang lemah, untuk itu kita harus bisa menjaga tubuh kita agar tetap kuat dan sehat. Kita tidak perlu khawatir lagi, kita bisa menggunakan beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga sistem imun kita dapat mudah mengatasi serangan radikal bebas tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook9Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *