Ini Dia Pengertian Dan Ciri Ciri Anda Menderita Darah Rendah

Darah rendah atau yang sering kita sebut anemia adalah penyakit kurang darah merah atau hemoglobin yang berada di bawah normal. Anemia sendiri berasal dari bahasa yunani yang artinya kurang darah. Hemoglobin atau sel darah merah ini akan mengangkut oksigen dari paru paru ke jantung untuk di pompa dan di sebarkan ke seluruh bagian tubuh. Anemia adalah penyakit darah yang kebanyakan penderitanya adalah orang dewasa atau lanjut usia. Orang yang mengalami darah rendah atau anemia hanya memiliki tekanan darah 90 mm Hg bahkan kurang, hal ini terjadi pada orang dewasa karena pada umumnya orang biasa memiliki tekanan darah 120 mm Hg, baik pada wanita maupun pria.

Jika kita kekurangan sel darah atau hemoglobin dalam tubuh, maka jantung kita akan berdetak lebih rendah karena karena kurangnya oksigen dalam darah, jadi jantung akan sedikit lamban untuk memompa darah yang akan di sebarkan ke suluruh bagian tubuh.

Banyak sekali dampak buruk dari suatu penyakit tidak terkecuali dengan penyakit anemia ini, karena mempunyai pengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh dan juga bisa mengancam nyawa kita, seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh, mudah terserang penyakit dan pastinya berbagai aktivitas pun akan terganggu dengan menurunnya produktivitas belajar atau bekerja.

Sudah seharusnya anda memeriksakan ke dokter dan mengetahui secara langsung tentang apa yang sudah anda rasakan ketika anda mengalami kejadian atau gejala gejala seperti di bawah ini :

Sakit di kepala

Tekanan darah menjadi tidak stabil dan sulit untuk membawa oksigen ke bagian otak dan ini yang menyebabkan kepala menjadi pusing karena kepala khususnya otak tidak mendapatkan suplai oksigen.

Mata Kabur

Pandangan mata menjadi kabur dan berkunang kunang, biasanya ketika jongkok terlalu lama atau sudah tidur tanpa duduk terlebih dahulu dan malah langsung berdiriatau berjalan ini akan selalu membuat penglihatan menjadi gelap dan kepala menjadi pusing.

Merasa cepat lelah

Keadaan ini akan terjadi karena melambat nya detak jantung yang melemah serta aliran darah ke seluruh bagian di tubuh menjadi lambat, ini yang akan membuat kita merasa cepat lelah dan  tidak bersemangat. Kita bisa lihat dan merasakan ciri ciri ini di bagian kaki dan tangan saat akan melakukan sesuatu.

Nafas pendek

Ini terjadi karena dampak langsung dari paru paru yang mengimbangi ketika darah tidak bisa mengangkut oksigen yang seharusnya di sebarkan ke seluruh bagian d tubuh. Seluruh bagian jantung dan dada menjadi terganggu ketika suplai darah dan oksigen menjadi lemah sehingga menyebabkan sesak nafasakan adanya tekanan pada dada di paru paru.

Cepat mengantuk

Kurangnya oksigen yang di derita seseorang yang anemia membuat orang ini cepat menguap, karena menguap bisa menyuplai oksigen ke otak. Hal ini terjadi karena energi penyuplai oksigen di tubuh sangat lemah dan penerimaan oksigen di otak pun menjadi lamban.

Terasa mual

ini terjadi bersamaan dengan terasanya tubuh lemas dan mudah sekali cape, seperti halnya orang yang tidak bertenaga. Seperti untuk memegang sesuatu saja tidak kuat karena peredaran darah di bagian organ lainnya seperti kulit itu menjadi melemah dan lamban.

Otak tidak mampu bekerja

Seperti halnya orang kebingungan, kepala terasa ringan, badan terasa dingin, yang akan membuat si penderita sulit untuk berpikir dan merasakan kebingungan, karena berkurangnya suplai dari darah dan oksigen ke bagian otak. Hal hal penyebab umum dari kurang darah atau anemia ialah kurangnya waktu tidur dan waktu istirahat.

Banyak penyebab yang mendasari terjadinya kekurangan darah ketika kita kehilangan banyak cairan atau darah saat menstruasi, dehidrasi, pendarahan, bahkan mengkonsumsi obat obatan tertentu seperti obat untuk hipertensi bisa menyebabkan berkurangnya darah.

Beberapa penyembuhan medis atau tradisional sudah tersedia tapi tentunya dengan cara guna dan efek samping yang berbeda. Nah agar lebih alternatifnya lagi, tentunya kita harus mencobanya dengan kemampuan sendiri, ini menjadi hal yang mudah dan efektif untuk mengetahui sendiri bagaimana cara mengatasi penyakit darah rendah atau anemia.

Tekanan rendah pada darah sering di abaikan dan di anggap sebagi hal yang biasa,perlu di ketahui juga banyak dampak buruh yang tentunya berpengaruh negatif terhadap tubuh kita sehingga bisa mengancam nyawa kita. Maka mulailah dengan menjaga pola makan dan berolahraga dengan teratur yang akan membuat tubuh anda merasa lebih sehat dan pikiran menjadi tenang.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *