Inilah 7 Cara Meningkatkan Kesehatan Sistem Pernapasan Anda

Setiap hari, kita menghirup masuk dan keluarnya udara sekitar 20.000 kali. Pernapasan ini menggunakan setiap aspek dari sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, kotak suara, tenggorokan, dan paru-paru. Banyak faktor termasuk genetik, merokok, polusi, iritasi, dan penyakit menular dapat menyebabkan paru-paru kita menderita masalah lebih cepat dari usia biasanya. Jika udara yang kita hirup kotor atau tercemar, sistem pernapasan kita akan mudah menyaring racun, tapi di saat ketika sistem pernapasan kita sehat.

Berikut ini adalah 7 cara untuk meningkatkan kesehatan sistem pernapasan kita

Meningkatkan kecepatan kaki saat berjalan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association seberapa cepat atau lambatnya kebiasaan berjalan kita dapat memprediksi berapa lamanya hidup kita. Dalam studi tertentu, peneliti mencatat kecepatan berjalan lebih dari 34.000 orang, usia 65 tahun dan lebih tua. Subyek yang rata-rata 2,25 mph atau lebih cepat dapat hidup lebih lama daripada mereka yang berjalan lebih lambat.

Menjaga berat sehat

Kelebihan berat badan dapat memberi tekanan lebih pada paru-paru dan pada semua otot pernafasan yang dapat membuat organ tersebut bekerja lebih keras dan menjadi kurang efisien. Pastikan diet yang kita lakukan adalah kaya akan nutrisi, dan yang paling penting, dibarengi dengan olahraga teratur supaya dapat mempertahankan berat badan yang sehat. Apapun gizi dan program latihan yang kita pilih, akan membuat penurunan pada berat badan yang berlebih.

Tetap terhidrasi

Minum banyak air putih setiap hari dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan membuat lapisan tipis yang sesuai untuk lendir yang dapat melapisi saluran udara dan paru-paru. Dehidrasi dapat menyebabkan lendir menebal dan lengket yang akan memperlambat respirasi secara keseluruhan dan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Hindari kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat merusak paru-paru dan kesehatan pernapasan dengan menimbulkan peradangan, mempercepat stres oksidatif pada sel-sel pernapasan, dapat menyebabkan kematian pada sel, berpotensi membawa penyakit baru seperti emfisema, penyakit paru-paru kronis, bronkitis kronis, dan kanker paru-paru. Ada banyak cara untuk menghentikan kebiasaan merokok, yaitu dengan mencoba untuk berhenti, jika tidak bisa dilakukan coba ulangi dengan menahan kembali diri kita dari keinginan untuk merokok, karena hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk menjaga paru-paru adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok.

Menggunakan suplemen

Paru-paru kita sangatlah sensitif terhadap metilasi, sebuah proses yang ketika terjadi keseimbangan dalam DNA sel dapat mencegah kelainan pada fungsi DNA. Ketika tidak seimbang DNA, metilasi ini dapat menyebabkan kondisi yang serius dan dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker paru-paru. Untuk mencegah penyakit paru-paru yang serius, kita harus memastikan tubuh kita memetilasi dengan benar. Untuk melakukan hal ini, pastikan tubuh kita cukup akan multivitamin seperti 2,4 mcg B-12, 1,3 mcg B-6, dan 0,4 mg asam folat per hari.

Mempelajari teknik pernafasan dalam yoga

Para peneliti menyarankan untuk melakukan olahraga yoga, setidaknya dengan mengambil nafas panjang yang dalam, supaya dapat mengirimkan oksigen segar jauh ke bagian bawah paru-paru. Hal ini tidak hanya membantu paru-paru kita agar berfungsi lebih baik saja, akan tetapi juga dapat membawa keadaan kondisi kita pada rasa tenang.

Tantang paru-paru kita untuk meningkatkan sistem pernapasan

Melatih paru-paru dengan menantang secara sederhana seperti bernapas melalui sedotan dapat meningkatkan fungsi paru-paru kita dengan meningkatkan kapasitas paru-paru kita. Secara keseluruhan, hal ini dapat menyadarkan banyak orang untuk lebih sadar akan pentingnya merawat dan menjaga paru-paru agar fungsinya pun tetap bekerja dengan baik.

Jadi untuk menjaga sistem pernapasan kita agar tetap kuat, hindarilah kebiasaan merokok dan menghindari orang-orang perokok, menjaga berat badan dengan ideal agar tetap sehat, menghindari paparan polutan, tetap aktif secara fisik (selalu berolahraga secara rutin), dan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat untuk menyehatkan paru-paru dan sistem pernafasan kita merupakan langkah-langkah gaya hidup yang dapat kita ambil untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sehat dan dapat meningkatkan sistem pernapasan kita.

Dari banyaknya hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan sistem pernafasan kita menjadi lebih baik dan sehat, tentunya kita harus lebih bisa mengontrol keadaan lingkungan sekitar agar kita bisa memilih-milih tempat yang sekiranya cukup segar dan nyaman dengan udara yang lebih bersih yang akan membuat sistem pernafasan kita menjadi lebih lancar. Untuk meningkatkan sistem pernafasan dengan mudah dan sederhana, kita cukup dengan menghindari banyak pemicu terjadinya seperti pada umunya adalah makanan yang kita konsumsi tanpa kita mengetahui dampaknya tersebut.

Hal ini sangatlah penting dalam meningkatkan ketajaman pernafasan kita, karena udara yang masuk akan secara langsung berdampak terhadap tubuh kita, jadi ketika udara yang kita hirup segar dan bersih, tentunya akan membuat tubuh kita menjadi tergugah dan segar kembali.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *