Jenis Makanan Yang Ampuh Turunkan Tingkat Kolesterol

 

Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh hati dalam tubuh dan ditemukan dalam makanan tertentu seperti telur, daging, produk susu, mentega, dan lemak babi. Hal ini dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memelihara dinding sel, produksi hormon, vitamin D, dan zat tertentu yang dapat membantu proses mencerna makanan.

Dalam tubuh kita, kolesterol berjalan melalui aliran darah yang melekat pada protein. Protein ini bertindak seperti sarana untuk mengambil kolesterol dan membawanya ke seluruh bagian tubuh. Bagian kolesterol ini disebut lipid dan protein disebut Lipoprotein. Lihat juga faktor dan penyebab penyakit varises!

Lipoprotein yang baik High Density Lipoprotein (HDL) atau Low Density Lipoprotein (LDL), didasarkan pada berapa banyaknya kadar protein dan lemak dalam tubuh. LDL atau kolesterol buruk adalah sekumpulan lemak tinggi namun dengan jumlah protein yang sangat kecil. Tingginya kadar kolesterol LDL dapat menyumbat arteri disekitar jantung yang kemudian dapat menempatkan kita pada risiko timbulnya penyakit jantung ataupun stroke.

Di sisi lain, HDL atau kolesterol baik merupakan sekumpulan lemak dengan kadar protein yang cukup tinggi dari pada lemak tersebut dan membantu menghilangkan kelebihan kolesterol LDL dari darah kita sehingga tingkat tinggi HDL dapat melindungi kita dari penyakit jantung. Kolesterol darah tinggi merupakan suatu penyakit berat yang sangat umum diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan cara merubah pola gaya hidup sebaik mungkin.

Oatmeal dan oat bran

Oatmeal dan oat bran merupakan sumber makanan terbaik dari kandungan serat larutnya yang juga merupakan jenis serat yang diketahui dapat menurunkan kadar LDL kolesterol (buruk). Serat larut ini akan bekerja dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus. 5 sampai 10 gram serat larut per hari tersebut dapat menurunkan kolesterol LDL kita sekitar 5 persen.

Kacang polong

Kacang juga tinggi serat larut yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Makanan yang mengandung serat larut tinggi lainnya ialah seperti kacang polong, lentil dan biji rami. Lihat juga faktor dan penyebab penyakit stroke!

Ikan

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan ternyata secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat membantu jantung dengan cara lain seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko pembekuan darah. The American Heart Association merekomendasikan orang untuk mengkonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu ketika melakukan program diet sehat, kita juga bisa menggunakan ikan mackerel, salmon, tuna, ikan teri, sarden dan herring.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang kaya serat, fitonutrien dan antioksidan seperti vitamin E dan selenium. Jenis kacang-kacangan ini juga mengandung tinggi sterol dan lemak (monounsaturated dan polyunsaturated), yang telah terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL. Sterol atau stanol juga merupakan zat kuat yang ditemukan dalam tanaman yang memiliki kemampuan untuk mengurangi penyerapan kolesterol.

Blueberry

Blueberry sendiri mengandung antioksidan kuat yang disebut pterostilbene yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) yang ternyata mempunyai kemampuan seefektif obat yang bebas diperjual belikan tetapi dengan efek samping yang lebih sedikit tentunya.

Yogurt

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa probiotik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus reuteri benar-benar dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Karena mereka akan bekerja dengan cara mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke dalam aliran darah. Yogurt adalah salah satu produk probiotik yang paling dikenal mempunyai kemampuan tersebut karena bakteri tersebut.

Apel

Apel sangat kaya akan kandungan senyawa pektin yang merupakan serat larut yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Pektin akan mengikat kolesterol dan lemak sebelum tubuh menyerapnya. Polifenol yang ditemukan dalam apel juga terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat.

Teh hijau

Sebuah studi di Jepang menemukan bahwa senyawa theanine dalam teh hijau dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat.

Tomat

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 21 orang sehat yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition telah menunjukkan bahwa ternyata dengan asupan makanan tinggi akan produk tomat (jus tomat 13,5 ons dan 1 ons saus tomat setiap hari) dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 5,9% dan kolesterol LDL sebesar 12,9%. Sampel darah yang diambil setelah penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan produksi kolesterol LDL untuk melawan oksidasi.

Selain itu, ternyata masih banyak makanan yang dapat membantu kita untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat seperti kedelai, alpukat, minyak zaitun, kayu manis, alkohol, anggur merah dll. Tapi khusus untuk alkohol dan anggur merah harus diawasi oleh pengawasan dan juga prosedur dari dokter sebelum menggunakan minuman tersebut untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun, jika memang makanan tersebut tidak benar-benar dapat membantu menurunkan kadar kolesterol kita dengan cepat, alangkah baiknya kalau mencoba menggunakan pengobatan herba alami dengan DEEP SEA FISH OIL!!!!!!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *