Kangkung Bukanlah Sayuran Penyebab Kantuk Loh

Kangkung ini sudah dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai hidangan makanan yang biasanya diolah olah sebagai tumisan yang begitu banyak digemari. Tapi, sayangnya ada mitos yang berkembang dikalangan masyarakat kita bahwasanya, kangkung ini sayuran yang dapat sering menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, beberapa orang memiliki kebiasaan makan kangkung pada malam hari sehingga tidak mengganggu aktivitas kerja. Apakah benar bahwa mengkonsumsi kangkung dapat dengan mudah menyebabkan seseorang mudah mengantuk?

Mitos: Kangkung penyebab kantuk

Saat ini belum ditemukannya studi ilmiah yang membuktikan bahwa kangkung tersebut dapat menyebabkan kantuk. Pada dasarnya, kandungan zat besi dalam kangkung tersebut dapat membuat konsentrasi otak menjadi meningkat. Besi merupakan komponen penting dalam pembuatan sel darah merah. Dengan peningkatan produksi sel darah merah, maka aliran oksigen ke seluruh tubuh, terutama kebagian otak, akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan tetap terjaga.

Kangkung memang mengandung komponen kimia yang sedatif (obat penenang). Komponen ini bisa membuat pikiran orang yang memakannya menjadi lebih tenang, sehingga berpotensi untuk mudah mengantuk. Tapi itu tidak bisa menjadi acuan untuk membuktikan bahwa kangkung tersebut merupakan obat tidur yang baik karena respon obat penenang orang tersebut berbeda.

Sebenarnya hampir semua hidangan yang kita makan mengandung komponen gizi yang berpotensi membuat kita mengantuk dan tertidur dengan mudah. Terutama makanan yang kaya vitamin B kompleks, kalsium, selenium, asam lemak omega-3, zinc, dan jenis magnesium. Sama halnya juga dengan kacang, kerang, telur, dan susu yang dapat menjadi faktor yang dapat menyebabkan rasa kantuk. Makanan yang kaya asam folat seperti asparagus, brokoli, kembang kol, dan bit juga memiliki potensi untuk membuat orang mengantuk.

Pemasok betakaroten

Jangan takut terhadap efek sampingnya dapat membuat kantuk kita menjadi berlebih, karena dengan karena kangkung diperlukan dalam porsi banyak untuk memasok kebutuhan tubuh untuk memenuhi asupan betakaroten. Betakaroten diperkirakan memiliki banyak fungsi yang tidak dimiliki oleh senyawa lain. Tingkat kehijauan warna daun sangat berkaitan erat dengan kandungan tinggi karotenoid.

Lihat juga sayuran dan buah yang dapat menurunkan berat badan!

Betakaroten merupakan provitamin A yang merupakan sumber penting vitamin A dalam saluran pencernaan, terutama untuk usus kecil. Dalam hal penyerapan betakaroten ini akan berlangsung dari mulai bagian usus yang kemudian disimpan dalam sel-sel hati. Selanjutnya, betakaroten ini akan diubah menjadi vitamin A dan siap digunakan jika diperlukan untuk berbagai reaksi metabolisme.

Betakaroten dapat menjangkau lebih banyak bagian tubuh dalam waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan vitamin A, sehingga memberikan perlindungan optimal terhadap penyakit kanker. Banyak ahli penelitian kanker yang merekomendasikan kebutuhan tubuh akan asupan nutrisi betakaroten setiap hari dengan kisaran 5-6 mg. Selain itu, betakaroten juga dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas karena peran antioksidannya yang sangat tinggi.

Kandungan purin yang tinggi

Setiap 100 mg purin dalam 298 gram kangkung. Oleh karena itu, bagi penderita penyakit encok harus benar-benar memperhatikan asupan sayuran kangkung ini. Purin derivatif adalah bentuk nukleoprotein, yang merupakan salah satu komponen dari asam nukleat yang terkandung di dalam inti sel-sel tubuh. Makanan dari tanaman, sayuran, buah, kacang atau daging hewan, jeroan, dan ikan juga mengandung purin yang dapat membahayakan penderita penyakit encok.

Semua orang menghasilkan purin alami dalam tubuhnya, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen. Sementara asam urat dipicu oleh konsumsi makanan yang mengandung banyak purin. Jika kita menderita encok atau asam urat, kita masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi sebanyak 100-150 purin mg per hari. Ini berarti, penderita asam urat dapat masih makan kangkung lebih ringan 50 gram per harinya.

Menetralisir racun

Kangkung memang berfungsi sebagai obat penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat ke dalam saluran pencernaan. Itu sebabnya, tanaman ini memiliki kemampuan untuk menetralisir racun dalam tubuh. Seperti halnya dengan akar kangkung juga yang bermanfaat untuk menyembuhkan wasir.

Lihat juga sayuran yang bermanfaat untuk organ tubuh!

Mengandung peroksidase

Kangkung mengandung enzim peroksidase yang sangat merusak. Enzim peroksidase paling tahan terhadap panas dan aktivitasnya akan lebih tinggi ketika makanan tersebut mengandung tinggi zat besi yang tersedia. Sebuah kandungan lemak yang cukup tinggi pada daun juga akan mempercepat aktivitas enzim tersebut. Kangkung ini juga mengandung 10 jenis mineral, 11 jenis vitamin, 18 jenis asam amino dan kangkung tidak mengandung kolesterol.

Nutrisi dan gizi per 100 gram porsi makanan

Vitamin: Vitamin C, asam askorbat, 41 mg thiamin, 0053 mg riboflavin, 00:07 mg niacin, 0,5 mg pantothenic, vitamin B6, 0138 mg folate, 13,3 mg vitamin B-12 dll.

Lemak: Asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh, tak jenuh tunggal, asam lemak tak jenuh ganda, kolestrol 0 mg, dll.

Asam amino: Tryptophan, 0023 gr threonine, 0085 gr isoleucine, 0114 gr leucine, 0133 gr lysine, 0114 gr methionine, 0018 gr cystine, 0.025 gr phenylalanine, 0097 gr tyrosine, 0067 gr valine, dll.

Lihat juga makanan sehat untuk penglihatan mata kita!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *