Kemungkinan Terbesar Penyebab Rasa Nyeri Ovarium

Ovarium ini terletak di perut bagian bawah, di bawah panggul dan pusar, ovarium memiliki sebuah array pada fungsi wanita. Misalnya, mereka memproduksi hormon reproduksi seperti estrogen dan pelepasan telur setiap bulannya. Nyeri ovarium adalah suatu kondisi yang telah mempengaruhi sejumlah besar kaum wanita di seluruh Dunia.

Jika ada sebagian dari kaum wanita yang menderita masalah atau gangguan dengan kesehatan ovariumnya tapi bingung dengan cara bagaimana untuk menyembuhkan kondisi tersebut tanpa ingin mengeluarkan biaya yang mahal dan juga takut dengan efek samping pengobatannya, maka obat herbal terobosan terbaru dari GREEN WORLD dapat membantu kalian untuk menyembuhkan penyakit ovarium dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping yaitu dengan OVARY NUTRITION CAPSULE!!!

Rasa sakit dapat dikategorikan ke dalam bagian kronis dan akut. Nyeri ovarium akut biasanya terjadi dalam waktu yang singkat dan hanya dalam beberapa hari, begitu juga kebalikannya dengan nyeri ovarium yang sudah mulai kronis bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini juga dapat timbul akibat beberapa penyebab berbeda, seperti:

Kista ovarium

Kista ovarium merupakan bagian kantung yang diisi dengan cairan, yang terbentuk didalam ovarium. Kondisi ini terjadi ketika ovula tidak dilepaskan atau ketika ovarium menahan folikel yang tidak larut setelah ovulasi. Namun, jika bagian tertentu bergerak seperti melilit, maka dapat menyebabkan sakit yang tak tertahankan di perut bagian bawah. Lihat juga pengobatan penyakit kista ovarium!!

Endometriosis

Biasanya, dinding rahim akan menebal setiap bulannya dalam persiapan untuk pertumbuhan janin. Jika telur tidak dibuahi, jaringan dinding tersebut akan menimbulkan kondisi menstruasi. Hal ini juga menyebabkan pembentukan jaringan parut di tempat-tempat tersebut, yang bisa sangat menyakitkan, kondisi inilah disebut sebagai endometriosis.

Inflamasi panggul

Penyebab umum lainnya sakit di ovarium kiri adalah penyakit peradangan pada panggul, infeksi yang disebabkan oleh infeksi menular seksual, seperti klamidia atau gonore. Infeksi mempengaruhi saluran telur, indung telur dan rahim yang menimbulkan rasa nyeri.

Sindrom ovarium remnan

Operasi pengangkatan indung telur dan rahim yang disebut sebagai ooforektomi dan histerektomi. Namun, salpingo ooforektomi adalah operasi pengangkatan semua ovarium serta tuba falopi. Selama prosedur tersebut, biasanya akan ada potongan dari ovarium yang tertinggal, yang kemudian dapat tumbuh dan akhirnya mengembangkan penyakit kista. Maka kista tersebut akan menyebabkan kondisi rasa sakit yang sangat luar biasa.

Mittelschmerz

Mittelschmerz mengacu pada rasa sakit yang timbul dibagian bawah perut. Rasa sakit ini adalah hasil dari pecahnya folikel selama ovulasi. Dengan demikian, rasa sakit yang dialami selama menstruasi dapat berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam.

Kanker ovarium

Pada dasarnya, kanker ovarium menyumbang sekitar tiga persen kasus kanker pada wanita. Menurut Centers for Disease Control, 90 persen wanita yang menderita kondisi ini biasanya menyerang orang yang sudah mulai lanjut usia yaitu dari usia 40 tahun keatas, dengan mayoritas dari mereka berada di atas usia 55 tahun.  Beberapa gejala kanker ovarium seperti perut menjadi kembung atau perut bengkak, nyeri di daerah panggul, buang air kecil menjadi sering atau peningkatan frekuensi buang air kecil, kehilangan nafsu makan atau merasa kenyang lebih cepat, sembelit, dan diare.

Infeksi

Kondisi nyeri di daerah panggul yang terjadi secara tiba-tiba dapat menjadi indikator infeksi pada sistem reproduksi. Bakteri dapat menginfeksi sistem reproduksi, termasuk ovarium, yang menyebabkan rasa nyeri dibagian perut. Misalnya, infeksi menular seksual, seperti klamidia, bisa mengarah pada pengembangan Pelvic Inflammatory Disease (PID). Jika infeksi ini terjadi dekat dengan ovarium, maka dapat menyebabkan luka dan menimbulkan rasa sakit.

Penyebab nyeri lainnya

Sementara penyebab lain yang menyebabkan rasa sakit dibagian bawah perut juga dapat disebabkan oleh masalah ginjal, atau masalah kondisi penyakit lainnya yang tampak kita sadari kita derita tanpa diketahui terlebih dahulu kemunculannya. Misalnya, rasa sakit pada organ reproduksi biasanya akan sulit untuk dibedakan dengan rasa sakit yang timbul dibagian ovarium kiri. Selain nyeri ovarium, berikut ini juga dapat menyebabkan nyeri di perut bagian bawah:

  • peradangan pada usus buntu
  • batu ginjal
  • infeksi pada kandung kemih atau saluran kemih
  • infeksi pada kandung empedu
  • sembelit

Tidak hanya itu saja loh penyebab dari timbulnya rasa nyeri dibagian bawah perut, contoh lainnya juga dapat terjadi jika kita selalu menahan buang air kecil, karena hal tersebut juga dapat menyebabkan infeksi terhadap saluran kemih yang merupakan bagian tempat untuk menampung air kencing yang kotor, sehingga jika kita biarkan dan tidak dikeluarkan maka dapat menyebabkan infeksi parah yang dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian bawah perut kita. Kita juga harus mengetahui beberapa masalah kesehatan akibat menahan buang air kecil, agar kita lebih waspada untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *