15 Keunggulan Yang Tersembunyi Dari Buah Sawo

Sawo atau dikenal sebagai chikoo oleh masyarakat di benua India adalah anggota dari keluarga Sapotaceae di Amerika Tengah. Di Meksiko, sawo ditanam secara komersial untuk membuat permen karet. Konsumsi sawo dianjurkan dalam pengobatan herbal karena memiliki jumlah gizi dan nutrisi tak terhitung di bandingkan dengan obat-obatan kimia.

Buah sawo berwarna coklat yang memiliki tekstur dan warna sama persis dengan buah kiwi. Daging dari dalam buah sawo ini terdapat semacam getah yang agak lengket yang disebut saponin. Jika buah Sawo sudah matang nanti, lateks serupa getah yang berwarna putih tersebut secara bertahap akan menghilang. Sawo memiliki 3-5 biji berwarna hitam, halus, mengkilap, yang terletak di tengah buah. Rasa Sawo sama halnya dapat dibandingkan dengan buah pir.

Manfaat Sawo Untuk Kesehatan:

1. Buah Sawo tinggi akan kandungan serat. Hal inilah yang membuat buah sawo sangat baik untuk pencernaan dan sering digunakan dalam pengobatan masalah buang air besar seperti sembelit.

2. Sawo mampu mencegah terjadinya penyakit berat pada saluran pencernaan yang biasa di sebut sebagai kanker usus besar.

3. Buah Sawo memiliki zat tannin. Bahkan, tanin memiliki beberapa kegunaan yang bermanfaat untuk pengobatan dan bertindak sebagai obat untuk wasir dan diare.

4. Sawo mengandung vitamin penting seperti vitamin A dan Vitamin C. Vitamin A membantu untuk menyembuhkan, membantu menjaga kulit dan selaput lendir yang sehat agar tidak mudah terserang oleh radikal bebas. Sawo melakukan perlindungan pada rongga mulut dan kanker paru-paru. Demikian pula, Vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap patogen dan menghancurkan serta menetralisir radikal bebas.

5. Konsumsi campuran sawo dengan sejumput garam merupakan terapi yang sering di lakukan di rumah yang dianjurkan untuk menyembuhkan sembelit.

6. Daun buah sawo juga dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit inflamasi. Daunnya bekerja sebagai pusat anti-inflamasi oral. Caranya dengan ambil daun buah sawo lalu bersihkan dan kemudian didihkan selama sekitar kurang lebih sepuluh menit, setelah melakukan perebusan air, lalu air yang berisi ekstrak sawo tersebut dapat digunakan sebagai obat. Kita bisa melakukan pengobatannya dengan cara berkumur.

7. Serat merupakan bagian penting dari nutrisi baik yang terkandung di dalam buah tersebut. Sawo memberikan 5,6 gram per 100 gram serat makanan, sehingga menjadikannya sebagai obat pencahar yang sangat baik. Ekstrak serat Sawo juga membantu melindungi selaput lendir yang ada di dalam usus besar.

8. Kualitas terbesar yang terdapat dalam kandungan sawo adalah kualitas hemostatik nya. Buah ini sangat bermanfat dan berperan penting dalam menghentikan pendarahan, ini juga akan membantu dalam mengurangi pendarahan saat luka, cedera dan dalam banyak kejadian yang membuat seseorang kehilangan banyak darah.

9. Mengkonsumsi buah sawo sangat bermanfaat dalam mengurangi tingkat infeksi. Ini membantu dalam mengurangi penyakit yang di sebabkan oleh virus selain infeksi lain yang di sebabkan oleh bakteri dalam tubuh. Hal ini juga akan  mengurangi peradangan yang disebabkan oleh pembengkakan dan membantu untuk meringankan rasa sakit.

10. Chikoo atau sawo merupakan sumber mineral seperti kalium, tembaga dan besi. Selain mineral ini, sawo juga terdiri dari dedaunan yang mengandung asam niacin. Vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam buah sawo ini akan membantu tubuh menjadi kuat dan energik.

11. Sawo atau chikoo adalah obat penenang alami, ini bisa digunakan untuk mengendurkan saraf dan juga untuk menghilangkan stres. Hal ini sering disarankan untuk sebagian dari diet yang mereka lakukan dengan gangguan insomnia dan gangguan panik. Ini juga merupakan salah satu yang terbaik dari alam untuk di gunakan sebagai anti-depresan yang ditentukan oleh praktisi medis untuk gangguan seperti MDD (depresi besar), Disorder unipolar, dll.

12. Sawo memiliki getah alami yang tinggi yang biasa digunakan oleh dokter gigi untuk menambal gigi yang berlubang.

13. Sawo juga membantu untuk mengobati sakit ringan seperti pilek dan batuk. Mengkonsumsi buah ini dapat membantu untuk menghilangkan hidung yang tersumbat dan juga dalam kasus batuk yang sudah lama di derita tetapi tidak kunjung sembuh juga.

14. Gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang merupakan kandungan bahan utama buah ini bermanfaat untuk meremajakan kembali tubuh dengan bantuan energi alam.

15. Asam folat yang terkandung dalam buah ini digunakan dalam pembentukan sel darah merah dan juga membantu memelihara janin yang ada di kandungan dalam masa kehamilan. Hal ini juga dapat membantu untuk mencegah pembentukan homocysteine yang berbahaya bagi kesehatan.

Sudah kita ketahui banyak sekali manfaat yang di hasilkan alam untuk kelangsungan hidup manusia dan membantu manusia dalam mengatasi masalah kehidupan terutama kesehatan, tidak di pungkiri lagi buah kecil seperti sawo saja mengandung berjuta manfaat yang tanpa kita ketahui.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+3Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *