Kondisi Kelaparan Tenyata Dapat Mempengaruhi Otak

Makanan dapat memberikan asupan untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita seperti lemak, protein dan karbohidrat, yang digunakan sebagai sumber energi, serta dalam membangun atau menyembuhkan kembali otot yang cedera untuk memproduksi enzim dan hormon. Ketika perut kita berada dalam kondisi kosong, tubuh akan dengan cepat menyadari kurangnya jumlah makanan dan merespon kondisi tersebut dengan rasa lapar. Salah satu organ utama tubuh yang terlibat dalam peresponan kondisi ini ialah otak. Bahkan ada beberapa bukti mencengangkan, bahwa kondisi kelaparan dalam jangka pendek dapat membuat otak menjadi sehat, tapi keadaan ini akan memaksa otak untuk memetabolisme dan memproduksi neuron sendiri untuk menjaga otak agar tetap aktif. Karena beberapa sistem saraf pusat dan perkembangan jenis tumor di otak juga dapat terjadi, jika sel jaringan dalam otak tersebut telah terjadi perkembangan dan pertumbuhan diluar kendali.

Hipotalamus

Bagian utama dari otak yang memainkan peranan penting dalam reaksi tubuh ketika kita mengalami kondisi kelaparan ialah hipotalamus. Hipotalamus terletak tepat di atas batang otak dan bertanggung jawab untuk mengatur homeostasis atau keseimbangan dalam tubuh kita. Bagian hipotalamus ini akan bekerja cepat untuk mengembalikan keseimbangan tubuh.

Menyadari rasa lapar

Tiga bidang utama dari hipotalamus yang berhubungan dengan rasa lapar yaitu lateral, paraventricular dan hipotalamus ventromedial. Hipotalamus ventromedial ini akan membantu dalam mengatur rasa lapar. Hipotalamus lateral akan merespon ketika kita tidak makan, yang membuat kita tahu bahwa kita dalam kondisi lapar.

Ghrelin

Ghrelin diproduksi oleh kedua bagian yaitu perut dan hipotalamus serta jumlah kecil melalui plasenta, kelenjar pituitari dan ginjal. Ghrelin dibuat ketika tingkat energi terlalu rendah karena kekurangan makanan. Otak kemudian merespon dengan menciptakan rasa lapar untuk mengingatkan kita untuk memenuhi asupan makan tersebut. Kelaparan juga dapat terjadi karena kekurangan cairan atau dapat terjadi karena pola makan yang tidak teratur.

Malnutrisi dan otak

Sel-sel otak kita hanya bergantung pada energi dari asupan makanan saja. Tanpa nutrisi yang disediakan oleh makanan, fungsi saraf akan berdampak negatif terhadap perubahan kimia di otak kita. Fungsi tubuh kita juga sangat berhubungan dengan otak seperti dalam proses konsentrasi, memori, pola tidur, mood dan keterampilan motorik kita.

Keseimbangan neuron

Ada beberapa bukti bahwa ketosis ternyata dapat menstabilkan neuron di otak. Kejang yang terjadi pada epilepsi terjadi ketika neuron mengalami kondisi hyperexcited secara intens yang akan menyebar ke daerah-daerah yang lebih besar dari bagian otak lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, yang disebut diet ketogenik ini telah digunakan untuk pengobatan alami penyakit epilepsi.

Mengurangi volume otak

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010 oleh International Journal of Eating Disorders menyebutkan bahwa volume otak dapat berkurang pada orang penderita anoreksia nervosa. Ketika penderita anoreksia ini mengalami kelaparan saat mencoba menjalani proses penurunan berat badan, otak mereka akan memulai metabolisme materi abu-abu dalam otak itu sendiri.

Perincian otot dan neuron

Ketika kondisi kelaparan ini dibiarkan terus dalam jangka waktu yang panjang, sebagian besar lemak tubuh yang tersimpan telah digunakan untuk membangun energi dalam tubuh kita, serta secara signifikan dapat mengurangin jumlah kandungan vitamin dan mineral dalam tubuh. Otak juga tidak bisa mendapatkan nutrisi terpentingnya dalam kondisi lapar tersebut dan hal ini akan memulai untuk merusak neuron untuk menjaga otak agar tetap berfungsi aktif. Menurut sebuah peneliti yang diterbitkan pada tahun 2009 Journal of Biological Chemistry, otak laki-laki dan otak perempuan mempunyai reaksi dan respon yang berbeda selama dalam kondisi kelaparan. Otak laki-laki ini lebih cenderung untuk cepat menggunakan jaringannya sendiri dalam memasok asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

Makanan merupakan asupan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya, makanan yang baik juga tentunya dapat membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan membangun energi dalam tubuh kita supaya kita lebih kuat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Otak pun tidak akan bekerja secara sempurna ketika kita tidak melakukan sarapan dipagi hari, hal ini akan membuat otak menjadi tidak berfungsi secara sempurna dalam proses pembelajaran maupun untuk proses daya ingatnya. Hal sepele saja dapat membuat otak menjadi rusak dan membuatnya menjadi sulit untuk berfungsi, untuk itu sebaiknya kita untuk menjalani pola hidup yang sehat dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat yang dibarengi dengan kegiatan ringat lainnya yang dapat melibatkan daya pikir untuk melatih otak kita agar tehindar dari gangguan demensia.

Sekarang sudah banyak penyakit berat yang bisa saja menyerang otak kita sewaktu-waktu tanpa mengalami gejala terlebih dahulu seperti halnya penyakit berat yang menyerang otak kita yaitu Alzheimer, penyakit Alzheimer ini juga mempunyai hubungan dengan penuaan otak juga loh.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *