Lindungi Otak Dan Jantung Dengan Cara Sehat Diet Alami

Penelitian terbaru menurut Harvard Women Health Watch, menunjukkan bahwa diet jantung sehat juga dapat meningkatkan ketajaman memori dan mengurangi kemungkinan seseorang untuk mengembangkan gangguan demensia. Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Rumah Sakit Brigham dan Wanita, wanita yang mengkonsumsi makanan dengan tinggi kadar lemak jenuh seperti daging merah dan mentega ternyata mengalami perkembangan yang lebih buruk dalam berpikir dan mengalami penurunan ketajaman memori daripada wanita yang sedikit mengkonsumsi makanan berlemak jenuh. Karena lemak jenuh akan meningkatkan kadar darah Low Density Lipoprotein (LDL) kolesterol tidak sehat yang bisa menumpuk dan merusak bagian arteri, hal ini sangat buruk bagi kesehatan jantung kita. Apakah ada cara diet terbaik yang dapat melindungi ketajaman memori otak kita ?, ya kita bisa melakukan jenis diet Mediterania, yaitu jenis diet yang telah dikaitkan dengan cara menurunkan tingkat resiko demensia yang bisa akibatkan oleh penyakit Alzheimer dan semacam gangguan kognitif ringan lainnya (MCI) yaitu merupakan tahap dari menghilangnya memori yang sering di dahului dengan kondisi dari gangguan demensia.

Kita pun bisa melakukan cara diet alami yang dapat meningkatkan kesehatan otak kita, seperti berikut ini :

  • buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan minyak zaitun, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah serta mengurangi risiko serangan stroke yang akan merusak memori kita.
  • asam lemak omega-3 (dari ikan dan kacang-kacangan), yang telah dikaitkan dengan dengan kesehatan otak, yaitu dapat menurunkan resiko dari gangguan demensia sejak dini karena kandungan dari protein amyloid beta yang biasanya terdapat dalam darah akan membantu membantu menyehatkan pembuluh darah dengan baik.
  • konsumsi alkohol (jumlah moderat) (tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita atau dua hari untuk pria), yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol pelindung High Density Lipoprotein (HDL) dalam aliran darah.

Meski begitu, melakukan cara diet yang baik untuk kesehatan jantung juga akan mempengaruhi pertumbuhan kesehatan otak kita. Diet sehat alami untuk kesehatan jantung dengan rendah lemak jenuh, lemak trans, biji-bijian dan kandungan gula yang rendah dan dibarengi dengan menu buah-buahan, sayuran, biji-bijian, minyak sehat, dan sumber protein yang sehat akan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas, yang semuanya itu diyakini sangat berkontribusi terhadap resiko tinggi akan penurunan kualitas tingkat ketajaman memori kita. Apa yang membantu menjaga kesehatan jantung kita juga ternyata dapat membantu menjaga kesehatan otak kita. Melakukan gaya hidup jantung sehat dapat menurunkan kesempatan kita terhadap serangan penyakit stroke dan juga dapat membuat perubahan besar dalam peningkatan kemampuan mental kita. Bahkan dengan semakin banyak kita melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi makanan yang sehat dan perilaku lain yang dapat memperkuat jantung kita juga dapat memiliki efek mendalam pada cara kita berpikir, tentang bagaimana cara kita bertindak dan tentang apa yang kita ingat.

Jika kita mengalami masalah dengan memori atau penurunan cara berpikir, lebih baiknya kita segera langsung melakukan konsultasi dengan dokter agar kita mengetahui tentang kesehatan otak kita. Banyak orang yang sudah lanjut usia memiliki masalah dengan penurunan fungsi otak seperti sering lupa ketika di mana menaruh kunci, untuk mengetahui lebih pastinya lagi kita harus melakukan pemeriksaan dengan dokter mungkin saja kita perlu penyembuhan yang dilakukan oleh ahli saraf, atau seseorang yang mengkhususkan diri dalam penyembuhan secara kognitif. Berusaha untuk melakukan gaya hidup yang sehat dengan cara menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok, dan mengelola tekanan darah juga akan menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah terjadinya penumpukan kolesterol, yang semua itu merupakan penyebab awal dari menurunnya fungsi kerja otak.

Peneliti dari American Heart Association telah lama meneliti adanya hubungan antara penyakit jantung dan stroke dan pada tahun 1997, organisasi ini menciptakan American Stroke Association untuk fokus sepenuhnya pada penelitian yang berkembang pada penyakit stroke. Melakukan diet dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penyempitan pada bagian pembuluh darah, yang selanjutnya akan mengurangi aliran darah ke otak dan menyebabkan pengerasan arteri di jantung dan otak. Ketika otak kita tidak mendapatkan aliran darah yang dibutuhkan dengan cukup, secara perlahan hal ini akan dapat merusak kinerja fungsi otak kita. Akibatnya, kita bisa mengalami masalah berpikir, menurunnya tingkat ketajaman memori, kesulitan menemukan suatu tindakan yang baru untuk dilakukan dan adanya penurunan fungsi otak secara kognitif. Jika aliran darah ke otak tiba-tiba terhenti, hal ini juga menjadi penyebab utama dari timbulnya masalah penyakit stroke.

Selain itu beberapa kebiasaan sehari-hari pun dapat meningkatkan kesehatan otak kita serta dapat mempertajam kemampuan daya ingatan kita agar terhindar dari gangguan demensia.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *