Makanan Sehat Yang Tepat Untuk Meningkatkan Penglihatan Mata Kita

Diet sehat yang rendah lemak jenuh penting untuk menjaga pembuluh darah pada mata agar tetap sehat. Makanan yang kaya antioksidan juga dikenal dapat membantu melindungi mata terkait dengan masalah Age Related Macular Degeneration (ARMD), yang merupakan penyebab utama kebutaan di kalangan orang Amerika pada usia yang lebih tua, katarak dan kondisi terkait mata lainnya.

Dalam Age Related Eye Disease Study (AREDS), menyebutkan bahwa diet sehat tersebut di lengkapi dengan makanan yang baik seperti vitamin C, antioksidan, seng, beta karoten, dan vitamin E yang di harapkan akan mengurangi 25% resiko pengembang penyakit ARMD.

Tomat

Tomat yang mengandung senyawa karotenoid dan lycopene, yang membantu memberikan warna merah pada tomat. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa lycopene ada dalam jaringan mata yang berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan ringan pada retina dan area lain dari mata. Tomat juga sumber yang baik karena mengandung vitamin C. Produk olahan yang berbahan dasar tomat atau campuran tomat segar dengan sedikit minyak zaitun akan membantu meningkatkan penyerapan lycopene. Para peneliti mengatakan makan makanan yang kaya antioksidan merupakan hal yang lebih baik daripada meminum suplemen tertentu.

Telur

Seperti bayam dan sayuran hijau lainnya, kuning telur juga merupakan sumber yang baik dari kandungan lutein dan zeaxanthin. Dalam satu studi, peneliti menemukan bahwa tingkat lutein meningkat 26%, sedangkan tingkat zeaxanthin meningkat 38% ketika seseorang makan satu telur per hari. Mereka juga menemukan bahwa makan telur per hari tidak mempengaruhi LDL atau kolesterol HDL dan trigliserida. Kuning telur juga merupakan sumber alami vitamin D, yang dapat mengurangi risiko ARMD.

Ikan salmon

Salmon adalah salah satu sumber terbaik omega-3 dan asam lemak, yang telah terbukti mengurangi risiko ARMD dan membantu mengobati penyakit mata kering. Sebuah studi Ophthalmology melaporkan bahwa asupan makanan tinggi yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dapat mengurangi 38% risiko ARMD. Salmon juga merupakan sumber alami vitamin D.

Minyak zaitun

Diet yang rendah lemak jenuh membantu untuk mencegah penyakit retina. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet gaya Mediterania (ikan, makanan nabati, dan lemak sehat) dianjurkan untuk perawatan mata agar selalu sehat. Para peneliti Australia menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur maka sekitar 48% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit ARMD.

Jagung

Jagung kuning merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Pigmen kuning alami yang hilang selama penyakit ARMD ini menyerang tubuh kita, tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua akan meningkatkan kadar darah mereka yang mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin melalui makan makanan seperti jagung dan buah-buahan yang kaya karotenoid dan sayuran. Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan buah-buahan dan sayuran, termasuk jagung kuning dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata yaitu katarak. Untuk meningkatkan penyerapan pigmen mata dalam jagung, pastikan untuk menikmati jagung yang di campur dengan beberapa lemak dari makanan seperti minyak zaitun, kenari, atau salmon.

Kacang pistasi

Pistachio merupakan kacang camilan dan juga sebagai satu-satunya kacang yang mengandung sejumlah besar kandungan akan lutein dan zeaxanthin. Kacang jenis ini mengandung lutein dan zeaxanthin dan juga vitamin lain yang signifikan dapat membantu merawat kesehatan mata yaitu vitamin E. Lemak tak jenuh dalam pistachio juga dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan senyawa karotenoid. Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang memasukan pistachio ke dalam menu makanan untuk diet mereka, maka secara signifikan akan meningkatkan tingkat kandungan lutein.

Bayam, kale, dan sayuran yang berwarna hijau gelap lainnya

Sayuran sejenis bayam, kale dan sayuran berdaun hijau lainnya ternyata kaya akan dua kandungan antioksidan yaitu Lutein dan zeaxanthin yang tersimpan di dalam bagian makula mata. Makula adalah bagian dari retina yang bertindak sebagai sunblock alami yang dapat melindungi mata dari kerusakan ringan. Lutein dan zeaxanthin sendiri dapat menyerap cahaya biru yang nantinya akan membahayakan bagi retina mata.

Nutrisi yang terkandung dalam sayuran sejenis ini juga dapat membantu mata untuk mendeteksi dan menyerap cahaya agar lebih baik dan lebih jelas, jadi makan makanan yang kaya akan antioksidan ini tidak hanya dapat meningkatkan penglihatan saja, tetapi sayuran semacam ini juga dapat membantu mempertahankan jangka panjang untuk penglihatan kita. Ketika senyawa lutein dan zeaxanthin yang larut dalam lemak, memakan sayuran dengan campuran minyak zaitun akan membantu memastikan tubuh kita untuk dapat menyerap kandungan protein yang lebih banyak.

Sepertinya tidak hanya makanan tersebut saja yang dapat membantu merawat penglihatan agar lebik baik, tetapi kita juga harus melakukan perawatan dengan selalu menjaga mata dan memberi waktu jeda istirahat mata dari hal-hal yang membuat lelah mata.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *