Makanan Yang Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Olahraga dan istirahat yang teratur saja tidak cukup untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat, tetapi juga kita harus menjaga makan yang sehat dengan selalu menjaga asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi untuk menjaga atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Waktu tidur sekitar 6-8 jam setiap malam dan membiasakan selalu mencuci tangan sebelum melakukan apapun termasuk jika kita akan makan juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar tetap kuat dan terhindar terhadap risiko timbulnya sakit.

Flu dan filek merupakan penyakit yang banyak sekali diderita oleh orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, tidak perlu khawatir kok, kita masih bisa untuk menghindari penyakit ini mungkin dengan berbagai macam usaha yang dapat kita lakukan, seperti menjalani pola diet seimbang, istirahat yang cukup dan juga memilih makanan yang dapat menjadi pendukung kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Yogurt

Yogurt merupakan sumber bakteri baik yang disebut sebagai probiotik. Bakteri sehat dapat membantu tubuh kita untuk mencegah serangan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dan juga bakteri sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh kita. Sekitar 70% dari respon sistem kekebalan tubuh kita ternyata ditemukan dalam saluran sistem pencernaan kita seperti halnya dengan bagian usus yang merupakan bagian utama yang melakukan kontak dengan bakteri eksternal, untuk itu menjadi sangat penting untuk pengembangan bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga usus kita agar tetap sehat secara keseluruhan.

Bawang putih

Salah satu uji klinis menemukan bahwa dalam studi dari 146 subyek yang dilakukan, seseorang yang menerima suplemen dari bawang putih setiap hari selama 12 minggu dilaporkan ternyata lebih sedikit mengalami gangguan masalah kesehatan.

Wortel

Kulit merupakan salah satu lapisan paling penting dan utama dari pertahanan tubuh kita untuk melindungi bagian dalam kita dari serangan bakteri atau virus dari luar. Sangat penting untuk menjaga kulit kita agar tetap sehat, kita juga bisa melakukannya minimal dengan selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A (ditemukan dalam wortel) menjadi peran penting dalam hal menjaga kesehatan tubuh kita juga.

Selain mendukung untuk menjaga kesehatan fisik, ternyata vitamin A juga bertindak untuk menjaga sistem kekebalan tubuh secara internal dan karena jika kita kekurangan asupan vitamin tersebut, ternyata dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan risiko tubuh kita terhadap serangan infeksi. Tidak hanya dengan mengkonsumsi wortel saja, jenis buah-buahan lainnya semisal kiwi juga ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita juga loh.

Teh hitam

Dengan hanya mengkonsumsi teh hangat ternyata dapat juga meredakan gejala flu yang kita derita. Teh hitam mengandung asam amino kecil yang disebut L-theanine, yang dapat membantu untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian kecil dari Brigham di Boston menemukan bahwa teh juga ternyata dapat meningkatkan interferon, yang dapat membantu untuk melawan serangan infeksi.

Kacang mete

Kacang mete merupakan sumber tinggi senyawa seng dan tentunya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Tubuh kita membutuhkan seng untuk mengembangkan dan mengaktifkan T-lypmphocytes, yang akan membantu sistem kekebalan tubuh merespon infeksi dan bertindak sebagai garis pertahanan pertama dalam menyerang sel yang sudah terinfeksi. Nah, jika kita ingin mendapatkan keuntungan yang luar biasa juga kita dapat menggunakan kacang mete sebagai camilan, karena kacang mete mempunyai manfaat menyehatkan serta kecantikan untuk tubuh kita.

Apel

Apel mengandung quercetin yaitu suatu senyawa yang ditemukan dalam makanan nabati, yang telah terbukti dapat membantu menghindari serangan infeksi dari luar yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh kita. Makanan yang mengandung quercetin lainnya yaitu seperti bawang, anggur merah, teh, dan kale.

Stroberi

Stroberi merupakan jenis buah yang juga mengandung sumber vitamin C yang baik yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Tidak hanya stroberi saja tetapi jenis buah-buahan lain juga seperti melon, jeruk, kiwi, tomat, paprika hijau dan merah juga mengandung vitamin C.

Zat besi

Tubuh yang kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan fungsi dari sistem kekebalan tubuh menjadi lemah yang akhirnya akan meningkatkan risiko terkena infeksi dan sakit. Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja, makanan yang mengandung zat besi juga akan mendukung kita dalam pertumbuhan tulang yang sehat.

Dan yang lebih pentingnya lagi kita harus mengetahui lebih dalam lagi mengenai sistem kekebalan tubuh, agar kita lebih mudah untuk menjaga dan mengatur pola hidup yang sehat sehingga sistem imun kita dapat terjaga dan kuat. Denga meningkatkat daya imun kita tentunya akan mempermudah tubuh kita juga untuk menghindari berbagai macam masalah serangan penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *