Manfaat Dan Efek Samping Dari Marshmallow

Mayoritas orang berpikir bahwasanya makanan manis ini menjadi makanan yang banyak diburu oleh kalangan anak muda penggemar gula. Tidak hanya diketahui sebagai makanan manis saja, ternyata marshmallow juga merupakan nama jenis tanaman herbal yang sangat ampuh untuk menyembuhkan sejenis penyakit tertentu. Ramuan dari tanaman marshmallow awalnya digunakan sebagai tanaman medis oleh orang mesir kuno, lalu banyak diadaptasi oleh orang-orang dari eropa termasuk Pranci dan sekarang sudah banyak diterapkan sebagai obat herbal di seluruh dunia, yang ternyata terkenal dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menyehatkan pencernaan

Makanan marshmallow ini ternyata dapat membantu meningkatkan masalah sistem pencernaan kita. Kandungan yang terdapat dalam marshmallow akan bercampur dengan enzim pepsin dalam tubuh kita yang dapat mengatasi masalah pencernaan seperti iritasi usus, penyakit perut, nyeri umum, perut kembung, dan lain-lain. Marshmallow tidak hanya membantu dalam membersihkan saluran pencernaan saja, akan tetapi juga dapat menenangkan kondisi tukak lambung. Selain itu, dapat meningkatkan pencernaan dan meningkatkan proses metabolisme.

Ekspektoran kuat

Marshmallow memiliki sifat ekspektoran yang sangat kuat, sehingga dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit seperti sesak dada, batuk, bronkitis, radang selaput dada, batuk rejan, dan juga masalah lain yang berkaitan dengan saluran pernafasan. Karena marshmallow ini akan membantu untuk menghilangkan lendir dari tubuh kita dan akan membantu mengurangi peradangan pada selaput lendir. Marshmallow juga dapat meredakan tenggorokan dan dada yang kering dan iritasi yang disebabkan oleh penyakit pilek dan batuk yang secara terus-menerus terjadi.

Menyehatkan kulit

Kandungan sifat anti-iritasi yang terdapat dalam marshmallow ini sangatlah terbukti dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit, termasuk untuk mengobati keadaan kulit yang memar, dan luka bakar, serta luka lainnya.

Meningkatkan sistem kekebalan

Ternyata marshmallow juga dapat membantu tubuh kita agar tetap sehat dan membantu tubuh dalam melawan penyakit, termasuk untuk menjaga fungsi kerja organ ginjal dan hati. Marshmallow juga dapat membantu dalam mendetoksifikasi tubuh dengan aman untuk membuang racun berbahaya yang bersarang dalam tubuh. Spesialis biasanya memanfaatkan akar marshmallow untuk meningkatkan ketahanan tubuh secara keseluruhan terhadap penyakit.

Lihat juga mengenai sistem kekebalan tubuh manusia !

Dosis konsumsi

Daun dan akar marshmallow merupakan bagian yang paling umum yang dijadikan sebagai obat. Marshmallow dapat digunakan dalam bentuk kapsul, tincture ataupun sebagai teh. Tingtur adalah jenis dari terapi sakit tenggorokan serta batuk kering. Kita bisa mengkonsumsi 1 atau 2 sendok teh dalam 2 sampai 3 kali dalam sehari. Untuk penyakit bisul dan gangguan perut, teh marshmallow sangatlah baik dan bermanfaat untuk pengobatanyya. Marshmallow secara komersial biasanya datang dalam bentuk obat batuk, balsem, dan lotion. Jenis yang lebih luas lainnya dapat ditemukan di beberapa supermarket khusus penjualan barang dan bahan organik, serta di toko-toko herbal ataupun toko makanan kesehatan lainnya.

Potensi efek samping marshmallow

Marshmallow dianggap sebagai ramuan yang sangat aman dan hampir tidak ada efek negatif yang dapat ditimbulkannya. Tetapi, bagaimana pun juga marshmallow juga mungkin dapat memicu gula darah rendah pada sebagian orang, sehingga bagi orang yang menderita penyakit gula darah rendah harus melakukan konsultadi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi marshmallow. Ramuan tingtur ini dibuat dengan menggunakan gula dan alkohol, oleh karena itu, bagi penderita diabetes atau orang yang menderita masalah kesehatan yang berhubungan dengan hati harus mempertimbangkan terlebih dahulu soal kesehatannya sebelum mengkonsumsi marshmallow. Marshmallow sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi atau digunakan pada orang yang sedang hamil atau menyusui, hal ini disarankan karena tidak adanya studi tentang efek jangka pendek atau jangka panjang terhadap janin atau bayi yang baru lahir.

Lihat juga bagaimana jengkol sangat baik untuk mencegah diabetes !

Marshmallow dapat mempengaruhi penyerapan obat lain., oleh karena itu, marshmallow ini hanya boleh dikonsumsi enam jam sebelum atau setelah kita mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu. Terakhir, ternyata marshmallow ini juga mengandung asparagin, jadi untuk sebagian orang apalagi untuk penderita penyakit kanker atau berisiko terkena penyakit kanker yang ingin menggunakan marshmallow tersebut sebagai bahan rempah-rempah atau penggunaan lainnya, ada baiknya kita melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis mengenai keamanan penggunaan marshmallow tersebut untuk kondisi kesehatan yang bermasalah seperti yang kita derita tersebut.

Lihat juga bagaimana gula dapat mempengaruhi tubuh kita !

Tidak hanya makanan sejenis marshmallow saja yang mempunyai efek samping, akan tetapi makanan apapun yang jika kita konsumsi secara berlebihan dan dalam kondisi kesehatan tubuh kita yang tidak memungkin serta tidak bisa menerima asupan makanan tersebut, tentunya hal ini akan menimbulkan efek samping terhadap tubuh kita dan juga dapat membuat kesehatan tubuh kita semakin menurun.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *