Manfaat Kesehatan Tersembunyi Dari Petai

Petai adalah salah satu makanan eksotis dari daerah tropis yang memiliki ciri khas aromanya yang bau ketika dikonsumsi. Sementara petai memiliki rasa yang unik mirip dengan bawang putih, yang tidak memiliki rasa sensasi terbakar atau kepedasan. Mengkonsumsi petai ini tentunya sangat aman bahkan mempunyai khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita, jika kita bisa membatasi asupan makanan tersebut. Hanya saja, bagi orang yang memiliki masalah ginjal harus menghindari memakan petai secara berlebihan. Namun demikian, disini kita akan membahas mengenai beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi petai.

Membantu mencegah masalah sembelit

Petai mengandung serat pangan tinggi yang dapat menurunkan serum LDL (kolesterol jahat) dengan cara meningkatkan metabolisme glukosa dan respon insulin, yang berarti bahwa jika kita mengkonsumsi petai akan membantu menangani masalah pencernaan seperti sembelit. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Singapura, hidangan tradisional yang populer disebut petai ternyata mengandung 131 kkal energi dan 8 gram serat makanan jika dalam porsi 154 gram.

Membantu mengontrol diabetes

Dalam beberapa pengobatan tradisional ternyata pentai juga mempunyai manfaat untuk mengontrol diabetes atau penyakit tekanan darah tinggi yang bisa menjadi tindakan sinergis dari beberapa sterol seperti beta sitosterol dan stigmasterol. Manfaat serupa pun dapat didapatkan dari jengkol yang mempunyai khasiat dalam menyembuhkan penyakit diabetes tersebut.

Tinggi kalium

Setengah cangkir petai sangat kaya akan kandungan sekitar 224 mg kalium, yang mempunyai peranan penting dalam peningkatan kontraksi otot dan transmisi syaraf. Selain itu juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Tidak heran kalau banyak ahli gizi yang menyarankan olahragawan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium.

Asam lemak esensial untuk kesehatan jantung

Menurut sebuah laporan dari Lembaga Penelitian Medis, Kuala Lumpur, ia menyarankan bahwa memakan petai, kacang panjang dan kacang Perancis sangatlah bagus untuk meningkatkan fungsi kerja jantung kita, karena mengandung tinggi dari omega-3 dan -6 yang merupakan asam lemak untuk perkembangan jantung yang sehat. Jika kita tidak menyukai petai karena aroma baunya, tenang saja kita masih punya cara untuk kesehatan jantung kita, yaitu dengan buah kiwi, karena buah kiwi mempunyai manfaat dalam kesehatan jantung secara alami.

Kaya vitamin C

Ternyata dalam setengah cangkir petai memiliki kandungan sekitar 20 mg vitamin C yang cukup untuk memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan kita sehari-hari dari vitamin, karena inilah sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh bagian tubuh kita. Dan ternyata vitamin C ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak kita agar tetap terjaga dalam kemampuan perkembangan motorik dan memorinya, sehingga dapat mencegah kondisi demensia yang dapat terjadi tanpa kita sadari.

Kaya kalsium

Setengah cangkir porsi petai mengandung 75 mg kalsium yang penting untuk membangun tulang dalam masa pertumbuhannya agar tetap sehat dan kuat, membantu melancarkan aliran darah, sehingga saraf bisa mengirim pesan menuju beberapa bagian otot. Jika tubuh kekurangan kalsium, maka tubuh akan menimbulkan beberapa gejala yang sewaktu-waktu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Kaya zat besi

Jumlah zat besi dalam petai dalam setengah cangkir juga ternyata memiliki jumlah kandungan yang sama sekitar 2 mg zat besi, yang akan bermanfaat dalam pembuatan sel darah merah ditubuh kita yang berperan penting dalam mengangkut oksigen keseluruh bagian tubuh.

Membantu melawan depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga penelitian pada seseorang yang mengalami gangguan depresi ternyata terbukti dengan merubahnya pikiran mereka menjadi lebih tenang dan fokus setelah mengkonsumsi petai. Ini disebabkan karena petai mengandung tryptophan yaitu sejenis protein yang mengubah tubuh menjadi serotonin yang membantu menenangkan pikiran kita dengan meningkatkan suasana hati yang akhirnya akan membuat pikiran menjadi lebih nyaman.

Menghentikan kebiasaan merokok

Ternyata ada juga loh cara alternatif yang lebih murah dan lebih alami untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok kita yaitu dengan menggunakan petai, karena petai ini mengandung tinggi Vitamin B6 dan B12, kalium dan magnesium yang akan membantu tubuh kita untuk tidak tertarik lagi dengan bau dari nikotin tersebut. Tentunya banyak manfaat sekali ketika kita bisa menghentikan kebiasaan merokok, karena dengan menghilangkan kebiasaan buruk ini juga tenggorokan kita dapat bersih dan sehat, seperti menjadi mudahnya mengeluarkan dahak dari tenggorokan yang akan membuat tenggorokan dan sistem pernafasan menjadi lega ketika menghirup udara.

Membantu menyembuhkan mabuk

Yang tidak kalah luar biasanya manfaat dari petai ini juga ternyata dapat membantu tubuh kita untuk menyembuhkan kondisi mabuk, karena kandungan yang terdapat dalam petai ini dapat dengan mudah meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan menenangkan kembali keseimbangan metabolisme serta kadar glukosa dalam darah dengan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *