Manfaat Kesehatan Yang Luar Biasa Dari Tebu

Tebu merupakan salah satu tanaman berair yang paling populer di dunia, terutama di negara-  negara tropis. Tebu sangat baik untuk kesehatan dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan lezat, bubur manis, dan jus. Tebu manis ini juga mempunyai kandungan yang sangat luar biasa yang dapat memberikan banyak vitamin esensial, mineral, dan nutrisi untuk kesehatan tubuh kita. Sekarang ini banyak sekali olahan dari tebu yang digunakan sebagai minuman dingin. Tidak hanya itu, ternyata tebu juga mempunyai beribu manfaat untuk tubuh kita loh.

Lihat juga beberapa manfaat pisang untuk kesehatan!

Tebu memiliki nama ilmiah Succharum officinarum L. Mengandung kadar air dan gula yang tinggi sehingga rasanya sangat manis. Gula juga mengandung senyawa sukrosa, beberapa karbohidrat, asam amino, terutama asam amino esensial yang memainkan peranan penting dalam memenuhi asupan nutrisi tubuh kita. Tebu juga mengandung kadar tinggi vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, garam anorganik seperti kalsium, fosfor, zat besi dan asam organik yang mengandung asam suksinat, asam fumarat, asam malat, asam sitrat. Dan tentunya memberikan manfaat kesehatan seperti:

Mencegah kerusakan gigi

Tebu bermanfaat untuk kita dalam melindungi kerusakan gigi, karena kandungan tinggi mineralnya yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan membatasi masalah bau mulut. Oleh karena itu, setelah makan makanan, kita hanya perlu sepotong tebu sebagai penutup makanan yang sehat untuk meningkatkan kesegaran napas dan untuk menghindari kerusakan gigi kita. Beberapa makanan ini akan memutihkan gigi secara alami!

Meringankan flu dan sakit tenggorokan

Minum satu gelas jus tebu secara rutin juga dapat membantu kita untuk mengatasi masalah penyakit seperti sakit tenggorokan, pilek, dan flu. Air tebu juga dapat membantu untuk melembabkan tubuh, mendukung pengobatan batu ginjal, diabetes, penyakit kuning, flu, sakit tenggorokan, dan mencegah kanker.

Membantu mengobati penyakit kuning

Sari tebu dianggap sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit kuning. Jika kita minum dua gelas jus tebu dengan lemon dan garam secara teratur, akan membantu proses pemulihan penyakit lebih cepat. Hal ini juga sangat cocok dan sehat bagi orang yang ingin menjalani proses diet, karena akan membantu menambah asupan energi selama proses diet tersebut. Mengenal lebih jauh tentang bahayanya penyakit kuning!

Antioksidan tinggi

Tebu adalah sumber yang sangat kaya akan senyawa flavonoid dan fenolik. Flavonoid dikenal sebagai anti-inflamasi, antikanker, antioksidan, antiviral dan zat anti-alergi. Oleh karena itu, ketika terpapar sinar matahari seharian dan merasa lelah, kita bisa berenergi kembali hanya dengan meminum segelas air tebu dingin. Karena hal ini akan mendinginkan dan menurunkan panas tubuh kita secepat mungkin dan berenergi kembali.

Meningkatkan sistem kekebalan

Tebu mengandung tinggi kalsium, kromium, kobalt, tembaga, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng. Vitamin yang terkandung dalam tebu juga sangat beragam, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5 dan vitamin B6, dan beberapa nutrisi alami, seperti klorofil, antioksidan, protein, serat, dan senyawa tak jenuh lainnya yang baik untuk kesehatan.

Mempercantik kulit dan mencegah jerawat

Jenis alpha hydroxy acid (AHA) dalam tebu membawa banyak manfaat bagi kulit, membantu mempertahankan kulit agar tetap indah dan sehat dan juga dapat mencegah timbulnya jerawat, mencegah penuaan, dan melembabkan kulit. Kita juga bisa menggunakan jus tebu sebagai masker wajah. Beberapa penyebab munculnya jerawat dan cara pengobatanya!

Mencegah kanker prostat dan kanker payudara

Air tebu merupakan sejenis alkali yang mengandung tinggi mineral, seperti kalsium, magnesium, potasium, dan zat besi. Penyakit seperti kanker tidak dapat tumbuh dalam lingkungan alkalin. Ini juga merupakan alasan mengapa hasil penelitian menunjukkan bahwa minuman ini dapat bekerja secara efektif untuk mencegah kanker, terutama kanker prostat dan kanker payudara. Ternyata memang benar bahwa marijuana juga mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker, akan tetapi obat ini masih dilarang dalam penggunaannya.

Mencegah batu ginjal

Jus tebu adalah pelembab tubuh yang sangat baik. Ini sebenarnya adalah obat alami untuk mencegah dan menghilangkan batu ginjal secara efektif. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh dehidrasi dalam tubuh kita. Minum jus tebu secara rutin juga dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal bahkan dapat menghilangkan penyakit ini. Berikut ini ada beberapa obat alami untuk menyembuhkan batu ginjal!

Mencegah pembengkakan dan mual selama kehamilan

Jus tebu dapat membantu untuk mengurangi beberapa gejala seperti muntah dan pembengkakan selama kehamilan. Ibu hamil yang biasanya muntah selama kehamilan dapat mencampur sari tebu segar dengan jahe untuk diminum sekali sehari. Hal ini secara efektif akan meringankan gejala kehamilan dan membantu kondisi si ibu menjadi lebih baik dan sehat.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *