Manfaat Kesehatan Yang Tersembunyi Dari Skateboarding

Skateboarding adalah salah satu jenis olahraga, bentuk seni, gaya hidup, dan sebuah budaya yang telah diadaptasi oleh banyak orang sehingga menjadi tren modern yang banyak digemari oleh anak-anak sampai kalangan remaja dan bahkan telah menjadi sebuah olahraga yang terbilang ekstrim, karkena tidak sembarangan orang bisa melakukannya.

Beberapa penelitian sudah dilakukan mengenai adanya manfaat dari olahraga ekstrim jenis skateboarding ini loh, yang secara efektif akan membantu kita untuk mengontrol keseimbangan tubuh. Pastikan kita memiliki peralatan yang tepat untuk melindungi tubuh terhadap cedera, sehingga olahraga pun aman dan nyaman. Dengan menjalani gaya hidup sehat, tentunya kita dapat menghindari 60-70% dari serangan berbagai macam jenis penyakit. Berikut ini ada beberapa manfaat kesehatan dari skateboarding:

Memberikan fleksibilitas

Pergelangan kaki harus tetap fleksibel dan tubuh harus tetap lentur disaat menggunakan skateboard tersebut. Semakin tegang dan tidak fleksibel seseorang, semakin sulit juga bagi mereka untuk melakukan olahraga ini.

Melatih fisik tubuh

Pada olahraga ini kita akan menggerakkan kaki dan menggunakan lengan untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh. Dan proses ini harus terjadi secara bersamaan sehingga akan menghasilkan gerakan yang seimbang pada tubuh kita.

Ketahanan fisik

Kebanyakan pemain skateboard tidak hanya meluncur selama beberapa menit dan berhenti begitu saja, akan tetapi kondisi ini juga akan membuat mood hati kita menjadi lebih meningkat menyenangkan yang juga akan meningkatkan ketahanan serta membangun kekuatan fisik mereka.

Mengajarkan presisi

Dalam melakukan olahraga ini tentunya banyak sekali gerakan yang harus menyelaraskan secara sempurna, sehingga ketika kita gagal dalam melakukan olahraga tersebut, setiap kali kita akan melakukan penyesuaian tentunya kita akan terus-terusan untuk melakukannya lagi dan lagi. Kita pun akan melakukan berbagai macam cara agar kita mengetahui posisi baik seperti apa yang bagus untuk keseimbangan tubuh kita saat melakukan skateboard tersebut.

Meningkatkan koordinasi tubuh

Olahraga jenis ini akan banyak melibatkan banyak koordinasi antara mata, kaki dan lengan. Semakin kita meluncur, semakin baik juga kita mempunyai keseimbangan antar bagian tubuh yang lainnya. Sebuah presisi dan koordinasi antara bagian anggota tubuh kita tentunya mempunyai manfaat untuk olahraga ini. Keseimbangan tubuh juga diatur oleh sistem saraf pusat di otak kita, yang tentunya dapat membantu untuk menajamkan pikiran dan daya ingat pada otak, tapi ada juga loh beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kesehatan otak kita.

Membakar kalori

Tergantung pada intensitas skateboard yang digunakan, tapi biasanya rata-rata orang akan membakar kalori lebih cepat sekitar 150-500 per jam.

Mengajarkan konsekuensi, praktek dan kesabaran

Skateboarding memberikan kesempatan yang sempurna untuk orang muda untuk mengambil suatu risiko dalam lingkungan agar tetap terkendali dan dapat mengontrol kemungkinan apa yang terjadi. Mirip dengan seni bela diri, keterampilan skateboard dan fundamentalnya harus dipelajari dan dikuasai dari waktu ke waktu dengan cara berlatih dan bersabar, karena keseimbangan tubuh untuk melakukan olahraga ini adalah dengan cara mempelajari cara dan proses untuk mengontrol tubuh saat melakukan olahraga tersebut.

Belajar untuk terjatuh

Pencegahan cedera yang sewaktu-waktu dapat terjadi adalah salah satu hal yang paling bermanfaat dari skateboarding tawarkan dalam hal masalah kesehatan. Semisal ketika kita sedang meluncur, tentunya kita akan belajar bagaimana untuk menghindari jatuh, dan kita juga akan belajar bagaimana melakukan posisi jatuh dengan benar. Pemain skateboard secara alami lebih baik untuk mengetahui di mana untuk menempatkan kaki dan tangan mereka saat melakukan skateboarding tersebut. Cara seperti tentunya akan membuat kita atau para pemain skateboard untuk terhindar dari cedera fatal yang di akibatkan oleh terjatuh.

Menghilangkan stres

Setiap aktivitas yang melibatkan fisik ternyata terbukti sudah dianggap sebagai cara terbaik untuk menghilangkan stres. Termasuk dengan jenis salah satu olahraga skateboarding ini dapat membantu kita mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat pikiran menjadi stres. Kondisi pikiran kita yang stres juga dapat secara tidak langsung mempengaruhi sistem imun kita menjadi lebih mudah terserang berbagai macam jenis radikal bebas. Kita juga bisa mengetahui beberapa cara stres mempengaruhi kesehatan kita, sehingga kita lebih sigap lagi dalam menangani masalah kondisi seperti itu.

Menjaga kesehatan

Seperti halnya dengan bentuk olahraga yang melibatkan gerak fisik, skateboard juga ternyata dapat mengurangi atau menghilangkan risiko tinggi terhadap berbagai macam pertumbuhan penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh , seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas. Skateboarding juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh. Untuk itu kita harus bisa untuk mengetahui beberapa faktor penyebab kolestrol tinggi, agar kita lebih waspada dan berhati-hati dalam menjalani hidup yang bisa-bisa menjadi penyebab timbulnya kadar tinggi pada kolestrol.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *