Manfaat Luar Biasa Dari Coklat Hitam

Coklat hitam sangatlahj kaya akan kandungan nutrisinya yang dapat mempengaruhi kesehatan kita. Coklat ini terbuat dari biji kakao yang merupakan sumber baik antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan serta menurunkan risiko terhadap penyakit jantung.

Kandungan gizi

Jika kita membeli kualitas cokelat hitam dengan kandungan kakaonya yang tinggi, maka hal ini akan menambah jumlah kandungan gizi yang terdapat dalam coklat itu sendiri yang kaya sarat dan mineral. Setiap 100 gram batang coklat hitam sekiranya terdapat sekitar  70-85% cocoa yang mengandung:

  • 11 gram serat
  • 67% dari RDA untuk besi
  • 58% dari RDA untuk magnesium
  • 89% dari RDA untuk tembaga
  • 98% dari RDA untuk mangan
  • dan juga mengandung banyak kalium, fosfor, seng dan selenium

Tentu saja, 100 gram (3,5 ons) adalah jumlah yang cukup besar untuk dikonsumsi setiap hari. Selain mengandung nutrisi juga, coklat hitam ini mengandung lemak jenuh dan tak jenuh tunggal, dengan kandungan kecil polyunsaturates. Coklat hitam mengandung stimulan seperti kafein dan theobromine.

Lihat juga beberapa tanda dan gejala dari kekurangan kalsium!

Sumber kaya antioksidan

ORAC adalah singkatan dari Oxygen Radical Absorbance Capacity. Ini adalah ukuran dari aktivitas antioksidan dari makanan. Coklat hitam sangat kaya akan kandungan dari senyawa organik yang secara biologis aktif dan berfungsi sebagai antioksidan, seperti polifenol, flavanols dan katekin.
Satu studi juga menunjukkan bahwa kakao dan coklat hitam mengandung lebih banyak aktivitas antioksidan, polifenol, dan flavanols dibandingkan buah lain seperti blueberry dan acai berry.

Meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah

Flavanols dalam cokelat hitam dapat merangsang endotel yaitu lapisan arteri yang berfungsi untuk menghasilkan suatu gas dalam tubuh yang disebut Nitric Oxide (NO). Salah satu fungsi dari NO adalah untuk mengirim sinyal ke arteri supaya menjadi lebih tenang dan rileks, yang akan menurunkan resistensi terhadap aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri menderita darah rendah, agar kita lebih mudah untuk mendiagnosis dini secara tepat, yang tentunya hal inipun akan membantu kita untuk melakukan beberapa pengobatan secara cepat.

Meningkatkan HDL dan melindungi LDL terhadap oksidasi

Mengkonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan beberapa faktor risiko penting untuk penyakit jantung. Coklat bubuk terbukti secara signifikan dapat menurunkan kolesterol LDL yang teroksidasi pada pria. Hal tersebut juga akan meningkatkan HDL dan menurunkan total LDL pada pria dengan kolesterol tinggi. LDL yang teroksidasi berarti bahwa LDL (kolestrol buruk) sudah bereaksi dengan radikal bebas. Hal ini akan membuat partikel LDL sendiri menjadi reaktif dan mampu merusak jaringan lain seperti lapisan arteri dibagian jantung. Antioksidan kuat akan melindungi lipoprotein terhadap kerusakan oksidatif. Coklat hitam juga dapat mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko lain yang banyak terjadi pada penyakit jantung dan diabetes. Yang harus kita ketahui pertama yaitu mengetahui beberapa penyebab timbulnya kolestrol tinggi, agar kita lebih bisa untuk mewaspadai dan mencegah beberapa penyebabnya tersebut.

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Senyawa-senyawa dalam cokelat hitam tampak sangat protektif terhadap oksidasi LDL. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada sekitar 470 pria lanjut usia, ternyata kakao terbukti dapat mengurangi risiko kematian akibat kardiovaskular sekitar 50% selama periode 15 tahun (15).
Studi lain menunjukkan bahwa dengan memakan coklat 2 kali atau lebih per minggunya dapat menurunkan risiko sekitar 32% dari terjadinya penumpukan plak dibagian dinding arteri.

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Senyawa bioaktif dalam cokelat hitam juga dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit kita. Seperti halnya dari kandungan flavonol yang dapat melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari, selain itu juga dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan kepadatan kulit dan hidrasi. Dalam salah satu penelitian yang dilakukan pada 30 orang, ternyata kandungan senyawa flavanols dalam kakao dapat mengurangi dan mencegah kerusakan yang terjadi pada kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Kita juga bisa mengetahui beberapa metode perawatan kulit selain menggunakan coklat tersebut untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga.

Meningkatkan fungsi otak

Penelitian lainnya terhadap manfaat dari coklat hitam yaitu dapat meningkatkan fungsi otak, hal ini terjadi karena salah satu kandungan yang terdapat dalam kakao yaitu senyawa flavanol dapat meningkatkan aliran darah menuju bagian otak. Kakao juga secara signifikan dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang yang sudah lanjut usia dengan gangguan mental. Benar saja kalau otak juga membutuhkan beberapa nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsi kerjanya.

Seperti yang banyak kita ketahui pada hakikatnya makanan apapun sebenarnya mengandung manfaat yang sudah tuhan berikan untuk makhluk hidup, akan tetapi jika kita mengkonsumsi atau menggunakan secara berlebihan tentunya akan menimbulkan beberapa efek negatif yang dapat berpengaruh buruk terhadap tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *