Manfaat Madu Untuk Menyehatkan Dan Menyembuhkan Penyakit

Madu alami mengandung nutrisi dan enzim yang memiliki berbagai macam manfaat kesehatan dan penggunaan medis. Mungkin itu sebabnya kalau madu ini sudah dipercaya dan digunakan sebagai obat tradisional dari zaman kuno. Sekarang saja madu masih digunakan sebagai makanan populer dan bahkan digunakan di beberapa rumah sakit sebagai pengobatan medis untuk penyembuhan luka. Namun, manfaat kesehatan ini khusus dari madu yang tidak dipasteurisasi.

Produsen memproses sebagian besar madu yang diolah dan diperjual belikan secara komersial dipasaran. Dengan memanaskan madu dapat membantu meningkatkan warna dan tekstur, dan menghapus semua kristalisasi. Dalam cara tersebut ternyata banyak kandungan antioksidan yang menguntungkan dan juga merupakan proses penghancuran serta menghilangkan bakteri.

Antioksidan

Madu mentah mengandung antioksidan yang disebut senyawa fenolik. Beberapa jenis madu memiliki banyak antioksidan seperti halnya kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran. Antioksidan tersebut akan membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan dan juga perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Antibakteri dan antijamur

Madu mentah dapat membunuh bakteri dan jamur yang tidak diinginkan. Karena madu secara alami mengandung hidrogen peroksida dan antiseptik. Beberapa rumah sakit Internasional pun telah menggunakan madu Manuka untuk melawan Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) yang merupakan sejenis infeksi bakteri Staph yang menjadi resisten terhadap antibiotik.

Menyembuhkan luka

Madu Manuka juga digunakan dalam pengobatan medis untuk mengobati luka karena merupakan pembunuh kuman yang sangat efektif. Peneliti percaya bahwasanya madu ini memiliki sifat antibakteri tambahan selain hidrogen peroksida alami. Studi menunjukkan bahwa madu Manuka dapat meningkatkan waktu penyembuhan dan mengurangi infeksi pada luka. Namun, jenis madu yang banyak digunakan dalam prosedur rumah sakit adalah kelas bentuk dari medis, yang berarti aman dan steril.

Mengandung fitonutrien

Fitonutrien adalah senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang membantu melindungi tanaman dari kerusakan. Misalnya, sebagian tanaman yang mengandung fitonutrien ini dapat menjaga dirinya sendiri dari serangan serangga atau melindungi tanaman dari radiasi UV yang keras. Fitonutrien juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu menyehatkan tubuh kita. Karena madu terbuat dari tumbuhan, pastinya juga memiliki fitonutrien.

Membantu masalah pencernaan

Madu sendiri kadang-kadang banyak digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare, meskipun belum ditemukannya mengenai manfaat madu untuk kesehatan sistem pencernaan, namun pengobatan ini cukup populer dikalangan masyarakat. Tetapi, khasiat madu untuk pencernaan ini sangatlah terbukti secara efektif sebagai pengobatan untuk melawan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) yang menjadi penyebab umum dari tukak lambung. Kita bisa menggunakan 1-2 sendok teh madu disaat perut kosong ketika kita mempunyai masalah dalam sistem pencernaan.

Jika memang sistem pencernaan kita sulit disembuhkan hanya dengan menggunakan madu, ada baiknya jika kita juga mencari pengobatan lain yang benar-benar terpercaya secara ampuh menyembuhkan sistem pencernaan kita dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan obat yaitu dengan PRO CLEANSING TEA, yang jelas membuktikan secara cepat dan sehat tentunya dengan BUKTI yang akurat!!

Menenangkan sakit tenggorokan

Khasiat madu untuk menyembuhkan sakit tenggorokan atau peradangan tenggorokan ternyata sudah terbukti dengan cepat dapat meredakan kondisi tersebut. Kita bisa menggunakan campuran teh panas dengan lemon yang dapat bekerja sebagai penekan batuk. Penelitian menunjukkan bahwa madu terjadi benar-benar mempunyai manfaat yang bekerja secara efektif seperti halnya dengan penggunaan obat dekstrometorfan.

Timbulnya sakit tenggorokan juga berbagai macam penyebab loh, yang paling umum sih tentunya dengan makanan yang kita makan, karena makanan sangat berpengaruh terhadap tubuh kita. Untuk itu, ada baiknya kalau kita juga mengetahui beberapa gejala dan penyebab sakit tenggorokan, agar kita pun tidak terlambat untuk mengobati kondisi tersebut sebelum menjadi peradangan tenggorokan yang kronis.

Resiko/ Efek samping

Selain bakteri menguntungkan dan kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, madu mentah juga ternyata dapat membawa sejumlah bakteri berbahaya seperti botulisme. Hal ini sangatlah berbahaya terhadap pertumbuhan bayi, sehingga kita harus selalu berhati-hati dalam pembersian dosis madu pada bagia yang masih dibawah usia satu tahun.

Botulisme menyebabkan gejala yang mirip dengan keracunan makanan (misalnya mual, muntah, demam dll) pada orang dewasa. Ada baiknya jika kita memeriksakan ke dokter jika kita mengalami beberapa gejala tersebut, agar bisa terdiagnosis dengan cepat. Karena pada dasarnya juga sesuatu yang mempunyai manfaat pastinya mempunyai efek samping tertentu, entah itu dari dosis pemakaian ataupun kandungan tertentu yang terdapat dalam makanan tersebut, jadi ini terserah kita bagaimana cara memanfaatkan sesuatu dengan sebaik mungkin agar bermanfaat untuk dikonsumsi maupun digunakan, seperti halnya dengan madu tersebut. Lihat juga cara menghilangkan dahak dari tenggorokan!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *