Manfaat Serta Kandungan Nutrisi Hati Ayam

Sudah banyak kita ketahui bahwa ayam merupakan salah satu daging yang paling sering dimakan dan banyak digemari oleh orang di Dunia termasuk dengan masyarakat Indonesia tentunya. Namun, sering kali bagian dari dalam daging yang banyak diabaikan dari dalam ayam ini yaitu bagian hatinya. Hati ayam memang mengandung sejumlah besar tinggi kandungan kolesterol, tetapi juga mempunyai kandungan tinggi yang sehat dari banyak jenis kandungan vitamin dan mineralnya juga loh.

Lemak dan kolesterol

Diet rendah lemak, khususnya dengan kandungan lemak jenuh, dapat membantu kita untuk menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan resiko tinggi kita untuk mengembangkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Satu hati ayam saja sudah mengandung 2,86 gram total lemak, dengan 0,9 gram kandungan lemak jenuhnya. Semua jenis hati ayam mempunyai kandungan yang sama yaitu memiliki sekitar 248beis miligram kolesterol.

Menurut American Heart Association melaporkan bahwasanya orang dewasa yang sehat dengan yang normal yang mempunyai masalah tingkat kolesterol LDL harus mengkonsumsi kurang dari 300 miligram kolesterol setiap harinya. Kandungan kolesterol inilah yang membuat hati ayam sangat jarang sekali digunakan sebagai makanan dalam menu diet. Ada baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa faktor penyebab kolestrol tinggi, agar kita mampu untuk mendiagnosis dini sebelum penyakit tersebut menjadi lebih parah.

Besi dan seng

Hati ayam memberikan sejuta manfaat yang sehat dari kandungan zat besi dan seng yang terdapat dalam hati tersebut. Besi memungkinkan tubuh kita untuk menggunakan oksigen secara efisien dan meningkatkan produksi sel darah merah baru. Kandungan mineral ini juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembelahan sel dan kesehatan sistem kekebalan tubuh kita. Tubuh akan menimbulkan beberapa gejala ketika kekurangan asupan makanan yang mengandung zat besi yaitu seperti dapat menyebabkan kelelahan, penurunan oksigen dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Laki-laki yang sehat membutuhkan sekitar 8 miligram asupan zat besi setiap harinya sedangkan wanita yang sehat membutuhkan sekitar 18 miligram asupan zat besi. Satu hati ayam saja sudah dapat memberikan asupan sekitar 5,12 miligram zat besi. Seng juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam penyembuhan luka, fungsi sistem kekebalan tubuh dan pembelahan sel. Laki-laki dewasa hanya cukup membutuhkan sekitar 11 miligram asupan seng setiap harinya, sedangkan wanita membutuhkan 8 miligram.

Lihat juga beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem imun!

Vitamin

Hati ayam merupakan sumber nutrisi vitamin B yang sangat tinggi. Satu hati ayam mengandung 7.41 mikrogram vitamin B12, yang secara signifikan lebih banyak dari 2,4 miligram asupan vitamin B yang kita butuhkan setiap harinya. Kita perlu memenuhi asupan vitamin B12 untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf serta untuk mengisi suplai darah dalam tubuh. Satu hati ayam memasok 254 mikrogram asupan nutrisi dari asam folat dan sekitar 400 mikrogram asam folat tentunya sangat dibutuhkan untuk pemenuhan gizi dan nutrisi kita dalam sehari.

Memang benar saja, kalau vitamin B ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita termasuk dengan kesehatan dan fungsi otak. Vitamin B ini  juga merupakan salah stau dari beberapa jenis asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak kita.

Kandungan asam folat tersebut dapat mengurangi risiko bayi cacat lahir. Semua jenis hati ayam mempunyai kandungan gizi yang sama yang mengandung sekitar 5.864 macam dari kandungan vitamin A, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan mata dan sel-sel darah putih. Kandungan gizi ini sangatlah banyak dibandingkan dengan kebutuhan gizi pada wanita yang membutuhkan 2.300 macam dan 3.000 macam kandungan untuk laki-laki. Makan hati ayam secara rutin juga sangat bermanfaat untuk mencegah konsumsi terlalu banyak dari vitamin A, yang dapat menghambat kemampuan tubuh kita untuk menyerap vitamin D.

Tips

Nah untuk membuat masakan yang berbahan dasar hati ayam ini kita boleh menggunakan cara olahan yang kalian gemari untuk menambah nafsu makan kita untuk mengkonsumsi hati ayam tersebut. Tumis irisan hati ayam dengan bawang cincang, kentang, jamur dan paprika sebagai penambah gizi yang melengkapi asupan nutrisi harian kita tentunya.

Kemudian masak hati ayam tersebut dengan sedikit minyak dan rempah-rempah yang sudah kita iris-iris tersebut. Lanjut untuk kita potong kecil dan kemudian tusukan kedalam tusukan sate bersama dengan daun salam utnuk menambah aroma hati ayam tersebut. Setelah itu, kita tambahkan bumbu-bumbu lainnya seperti garam dan merica sebagai penambah rasa, dan selesai deh, hati ayam pun siap untuk kita makan.

Banyak dari kita juga yang pastinya mempunyai kekhawatiran yang berlebih terhadap olahan makanan tertentu yang dapat menyebabkan resiko terhadap penyakit kanker, karena tidak semua olahan daging dapat beresiko kanker, asalkan kita mengetahui terlebih dahulu mengenai kandungan gizi dan juga kondisi kesehatan tubuh kita sebelum mengkonsumsi makanan apapun.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *