Manfaat Tersembunyi Dari Raja Buah, Durian !

Durian adalah buah asli dari Asia Tenggara, termasuk yang tumbuh subur di kawasan Indonesia. Di balik semua keunikan durian karena di sebut sebagai Raja Buah, ternyata buah durian ini mengandung banyak manfaat kesehatan di dalamnya. Durian merupakan buah yang unik dan kontroversial, karena mulai dari bagian kulit buah yang berduri, tekstur buah, kulit, hingga aromanya membuat buah ini gampang sekali untuk di kenal. Banyak orang yang menyukai buah ini, namun tidak sedikit yang bahkan menghindarinya, karena aroma khas dari buah ini untuk sebagian orang bisa membuat mereka merasa mual.

Penggemar buah ini menyukai buah ini, karena daging bauh yang tebal dan lembut dengan rasa manis yang membuatnya begitu sangat lezat. Tapi, terlepas dari semua kontroversi dari buah durian ini, ternyata di sisi lain buah ini mengandung banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh kita. Disamping manfaat yang akan kita bahas mengenai buah durian tentunya ada hal yang penting, yaitu orang-orang penderita penyakit ini tidak boleh mengkonsumsi buah durian ini, seperti orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, ginjal, kencing manis, radang usus, asam urat dll.

Berikut manfaat buah durian bagi kesehatan :

  • Mencegah dan mengobati sembelit (kandungan serat 37%)

Durian kaya akan serat, nutrisi penting yang dapat menyerap air dan makanan untuk kelancaran sistem pencernaan yang akan membantu melancarkan buang air besar secara teratur. Selain itu, serat yang terkandung dalam durian juga dapat meningkatkan ukuran massa tinja sehingga efektif mencegah dan mengobati sembelit.

  •  Membantu mencegah anemia (kandungan folat 22%)

Anemia (penyakit darah, sel-sel darah merah di bawah normal) tidak selalu disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh. Defisiensi folat juga dapat menyebabkan jenis anemia yang disebut anemia pernisiosa. Folat juga disebut sebagai vitamin B9, yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Durian itu sendiri merupakan salah satu sumber vitamin B9.

  • Meningkatkan kesehatan kulit (kandungan vitamin C 80%)   

Durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan faktor penting dalam pembuatan kolagen, protein penting yang ditemukan dalam pembuluh darah, ligamen, tendon, tulang, dan kulit. Vitamin C menjadi peran utama dalam penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit.

  • Membantu menjaga kesehatan tulang (mengandung potasium 30%)

Durian juga kaya akan kalium. Ketika berbicara tentang kesehatan tulang, kebanyakan orang akan membutuhkan pemenuhan kalsium untuk tulang. Namun, kalium juga merupakan nutrisi penting untuk tulang, jadi makan durian akan memberikan manfaat untuk kesehatan tulang.

  • Mengatur kadar gula darah (kandungan mangan 39%)

buah durian dapat membantu mengatur kadar gula darah karena kandungan mangan di dalamnya.

  • Membantu mempertahankan fungsi tiroid (kandungan tembaga 25%)

Durian merupakan sumber tembaga yang baik. Ketika berbicara tentang kelenjar tiroid yang timbul, biasanya yodium menjadi satu-satunya nutrisi yang sering dikaitkan dengan penyembuhan penyakit tersebut. Namun, zat tembaga juga berperan dalam metabolisme tiroid, terutama dalam produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid memiliki fungsi dalam mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya, membuat protein, dan mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi. Makan durian akan bermanfaat dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid.

  • Mendorong nafsu makan (mengandung thiamin 61%)

Durian juga kaya akan kandungan tiamin, vitamin B yang berperan dalam mendorong nafsu makan dan membantu menghasilkan asam klorida dalam lambung untuk membantu proses pencernaan makanan.

  • Membantu meringankan migrain (mengandung riboflavin 29%)

Apakah Anda sering mengalami pusing kepala sebelah atau migrain ? memakan buah durian dapat membantu meringankan rasa sakit migrain, karena kandungan riboflavinnya. Riboflavin merupakan vitamin B yang dapat membantu meringankan sakit kepala migrain.

  • Membantu mencegah depresi (mengandung vitamin B6 38%)

Durian mengandung vitamin B6. Kekurangan vitamin B6 dalam tubuh dapat menyebabkan depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien yang mengalami depresi cenderung memiliki vitamin B6 yang rendah. Vitamin B6 adalah nutrisi penting dalam produksi serotonin, neorotransmitter bahan kimia yang dapat mempengaruhi suasana hati.

  • Berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi (mengandung fosfor)

Fosfor adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam durian. Meskipun kalsium adalah nutrisi yang paling terkenal untuk kesehatan tulang, kalsium tidak dapat memproses pembentukan tulang dan gigi tanpa kandungan nutrisi dari fosfor, karena fosfor akan saling melengkapi dengan kalium untuk pembentukan tulan.

Itulah beberapa manfaat si Raja Buah bagi kesehatan tubuh. Makan buah durian secara tidak berlebihan akan bermanfaat bagi tubuh begitu pula dengan sebaliknya justru akan membahayakan kesehatan tubuh. Namun bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau masalah seperti penyakit asam urat, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi buahn durian ini. Tidak di sangka buah yang banyak tidak di sukai orang ternyata mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan kita.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *