Mata

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memakai Softlens

Kornea adalah satu-satunya bagian dari tubuh kita yang tidak mendapatkan oksigen secara langsung dari pembuluh darah. Kornea hanya mendapat oksigen dari udara. Jika kita menggunakan lensa ketika tidur, maka secara otomatis kornea mata akan mengalami kekurangan oksigen dengan yang dapat menyebabkan pembesaran, pembengkakan dan benjolan kecil yang disebut microcysts endothelial.

Jika masalah ini terjadi dalam beberapa waktu, maka akan meningkatkan risiko infeksi mata dan ulkus kornea (luka terbuka pada kornea). Tentunya kondisi ini menimbulkan rasa perih, dan jika kondisi menjadi semakin parah, maka dapat menyebabkan kebutaan permanen. Jika penggunaan lensa yang kita pakai tidak bersih atau memakainya dengan cara yang salah, maka kondisi juga dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Aturan ke 1: Harus melakukan konsultasi dengan dokter

Sebelum memulai menggunakan lensa, ada baiknya kita melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui efek samping dan penggunaan baiknya seperti apa untuk meminimalisir efek bahaya yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan kontak lensa tersebut. Sekarang ini banyak sekali orang yang menggunakan kontak lensa bukan atas kesehatan atau kebutuhan penting, biasanya orang cenderung menggunakan kontak lensa sebagai aksesoris untuk mempergaya diri.

Penggunaan lensa tersebut lebih dianjurkan untuk kepentingan kesehatan saja, walaupun tidak sepenuhnya diperbolehkan. Biasanya orang menggantikan pemakaian kacamata minus menggunakan lensa minus, karena pemakaiannya pun lebih praktis dan mudah, beda halnya dengan kacamata yang lebih besar dan lebih ribet di saat pemakaiannya. Lihat juga kebenaran wortel menyehatkan mata!

Aturan ke 2: Tidak diperbolehkan tidur menggunakan lensa

Pemakaian lensa kontak dalam keadaan tidur dapat menyebabkan mata menjadi kering dan perih yang selanjutkan mengarah ke kondisi infeksi atau iritasi mata. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kebiasaan kita malas untuk membersihkan diri sebelum tidur, karena banyak orang yang menggunakan lensa sebagai aksesoris dimana ketika mereka pulang dari aktivitas mereka, yang ada mereka langsung pergi ke tempat tidur tanpa memperdulikan barang-barang yang masih menempel di diri mereka.

Jika dibiarkan, maka kondisi tersebut akan menimbulkan masalah kesehatan serius pada mata kita, bahkan sampai dapat menyebabkan kebutaan permanen. Untuk itu, kita harus lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan lensa kontak, karena organ mata sangatlah sensitif sehingga penggunaan barang apapun yang berhubungan dengan mata harus lebih waspada. Lihat juga cara mengatasi mata yang cedera!

Aturan 3: Rawat lensa kontak dengan benar

Selain itu, kita juga harus bisa untuk merawat kebersihan lensa kontak dengan baik, karena jika perawatan lensa kontak tidak di perhitungkan maka dampaknya pun akan berpengaruh terhadap mata kita. Kita harus mengganti lensa kontak yang biasa di pakai 3 bulan sekali untuk meminimalisir efek buruk dari bakteri yang kemungkinan bisa hidup di lensa tersebut. Kondisi lensa yang selalu basah dan lembab juga dapat mendukung perkembangan bakteri menjadi lebih cepat.

Jangan gunakan larutan garam dengan air untuk menyimpan lensa kontak. Kita masih bisa menggunakan cairan khusus pembersih softlen atau lensa kontak, sebagian ahli kesehatan juga menyarankan untuk menggosok lembut bagian softlen dengan jari kita yang merupakan bagian dari perawatan sehari-hari.

Aturan 4: Jika ada masalah

Jika kita mempunyai masalah iritasi yang menyebabkan mata menjadi merah atau gatal, timbul rasa terbakar, bengkak, atau nyeri, kita harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk mengetahui kondisi yang di derita, supaya kita lebih mudah lagi untuk melakukan tindakan selanjutnya agar kondisi tersebut tidak menjadi lebih parah.

Jika kalian menderita kondisi serius pada mata, saatnya gunakan pengobatan herbal dari EYE CARE SOFTGEL yang akan memberikan perlindungan bahkan kesembuhan penyakit mata secara total tanpa khawatir akan timbulnya efek samping. Produk herbal inidi produksi oleh Green World, merupakan sebuah perusahaan obat yang berpusat pada herbal, obat ini berbahan dasar Blueberry yang sangat kaya akan kandungan antioksidannya. Herbal ini sudah terbukti akan manfaat dan khasiatnya yang sudah banyak di percaya dapat menyembuhkan penyakit mata 100% tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan. Itu sebabnya, kita mau menawarkan pengobatan yang akan dengan cepat menyembuhkan penyakit atau gangguan kesehatan yang berhubungan dengan mata.

Sebenarnya kita tidak harus untuk melakukan perawatan mata yang mahal yang harus setiap minggu pergi ke dokter dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Karena ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan mata dengan mudah, agar kesehatan mata pun dapat kita dapatkan dengan tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak. Kebiasaan sepele yang dapat membuat mata kita menjadi iritasi, merah dan perih ialah kebiasaan seperti menonton tv, komputer atau gadget dalam waktu yang lama, bahkan membaca buku di tempat gelap pun mempunyai pengaruh yang sangat tinggi terhadap kerusakan mata.

03 Feb 2017

Mengurangi Ketegangan Mata Selama Berjam-Jam Di Depan Komputer

Jika kalian termasuk pekerja yang selalu menghabiskan waktu selama berjam-jama didepan komputer, pastinya merasakan perih, panas bahkan kelelahan dibagian mata, itu disebabkan karena adanya tekanan berlebih pada mata kita dari radiasi atau cahaya komputer. Berikut adalah beberapa saran bagaimana kita dapat menjaga kesehatan mata saat berada di depan komputer: Lihat juga EYE CARE SOFTGEL Pelindung Kesehatan Mata!

Yang harus dilakukan

  • Mengistirahatkan mata setidaknya setiap dua puluh menit

Komputer mempunyai radiasi yang sangat tinggi dan berbahaya terhadap mata, dan tentunya pekerjaan kita juga mengharuskan kita untuk berada didepan komputer terus menerus, bukan?. Tidak perlu khawatir, ada baiknya kalau kita mengambil waktu sekitar 20 menit untuk mengistirahatkan mata yang dengan, perih serta lelah dengan memalingkan penglihatan ke suatu objek yang labih jauh lagi.

Ini bertujuan untuk merefleksikan bagian otot-otot mata yang tegang dan tentunya untuk menyegarkan kembali penglihatan mata kita.

  • Mengurangi pencahayaan

Masalah silau cahaya ini dapat diatasi dengan penggunaan kacamata anti radiasi dan pengaturan pencahayaan yang tepat. Tidak lupa jika kita melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah silau merupakan alasan utama kenapa mata kita menjadi perih dan tidak nyaman.

  • Pengaturan optimal untuk komputer

Idealnya, penelitian mengatakan bahwa jarak komputer harus sekitar 20-28 inci dari mata kita. Kita juga menyesuaikan pengaturan lainnya seperti kecerahan, kontras, font dan bahkan dengan memilih warna yang baik untuk mata kita. Kita juga perlu untuk menganalisa ergonomi komputer. Posisi kursi yang benar tidak hanya menghindari masalah kesehatan mata tetapi juga menjaga posisi kepala, leher dan daerah lainnya dengan baik dan terhindar dari keadaan tegang untuk jangka waktu yang lama.

  • Kerkedip secara teratur

Gejala kelelahan mata disebabkan oleh kebiasaan kita yang lupa untuk berkedip, yang kemudian dapat menyebabkan mata kering. Tidak berkedip dapat mengganggu keseimbangan kelembaban di mata kita. Jika udara terasa kering, kita bisa menggunakan humidifier untuk melembabkan ruangan sekitar. Dan jika kalian mempunyai kondisi mata yang kering, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Yang seharusnya tidak dilakukan

  • Jangan duduk di depan komputer selama berjam-jam tanpa istirahat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita harus memberikan waktu untuk mata beristirahat setiap 20 menit. Bahkan kita dianjurkan untuk melakukan aktivitas lain selain dengan komputer, seperti halnya berjalan-jalan dan yang lainnya.

  • Jangan mengabaikan gejala

Jika kita secara konsisten mengalami beberapa gejala seperti sakit kepala atau memiliki gejala seperti iritasi mata atau ketidaknyamanan di mata kita seperti terbakar, kesulitan fokus, penglihatan kabur atau ganda, jarang berkedip, mata kering, mata berair, sensitiv terhadap cahaya atau nyeri di wajah, leher, atau punggung bagian atas kita harus dengan segera mengunjungi dokter.

  • Jangan mengandalkan kacamata anti silau atau anti radiasi

Ada banyak produk jenis kacamata yang tersedia yang mengklaim dapat membantu mengurangi silau atau radiasi yang dihasilkan oleh komputer. Langkah pertama adalah dengan mengunjungi dokter mata untuk mendapatkan perubahan atau resep yang berbeda yang diperlukan untuk melihat komputer yang baik supaya kita pun nyaman untuk menatapnya.

Sebenarnya masih banyak lagi yang perlu kita ketahui untuk menjaga kesehatan mata, karena mata itu merupakan indera tubuh yang sangat sensitiv dan vital. Bukan hanya disebabkan oleh komputer saja yang dapat merusak mata, kebiasaan menatap layar telepon, video game dan perangkat mobile lainnya pun turut andil menjadi penyebab kerusakan mata apalagi dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, kita harus mengetahui beberapa penyebab mata merah dan iritasi, agar kita dengan mudah untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Menjaga kesehatan mata tidaklah mahal dan sulit, kita tidak perlu kedokter hanya untuk perawatan mata yang mahal, jika mata kita terlihat baik-baik saja dan kita pun hanya ingin merawat mata dengan sendiri dan sederhana, kita hanya cukup untuk melakukan beberapa cara dan tips untuk merawat mata kita dengan sederhana tentunya mudah untuk kita lakukan dan tidak perlu merogoh kocek banyak, seperti sama halnya perawatan yang dilakukan oleh dokter. Terkecuali, apabila mata sudah mengalami beberapa kerusakan yang membuat penglihatan kita pun menjadi tidak nyaman.

Kita bisa menyebutkan bahwasanya kerusakan atau cidera mata itu kebanyakan terjadi karena penggunaan mata yang ekstrim dalam jangka waktu yang lama seperti melihat layar komputer, hp, dan perangkat elektronik lainnya yang mengeluarkan cahaya radiasi. Tapi tidak hanya itu saja loh, kerusakan mata dapat terjadi ketika kita menggunakan aksesoris untuk seperti halnya dengan lensa mata yang sekarang ini banyak sekali digunakan karena dianggap sebagai fashion, tanpa mereka mengetahui mengenai efek samping berbahaya jika digunakan tanpa aturannya. Lihat juga cara mengatasi mata yang cidera!

08 Dec 2016

Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah bagian penting dari indera tubuh kita yang merupakan indera paling sensitif dan vital. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata untuk mematiskan kita agar mempunyai penglihatan yang baik dan sehat. Kita hanya perlu untuk mengikuti langkah-langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata kita tersebut. Memiliki kondisi mata yang terbilang sehat dan komprehensif, tentunya akan membuat kita berpikira bahwasanya kondisi penglihatan kita tersebut baik-baik saja.

Tetapi ada baiknya jika kita selalu memeriksakan kondisi kesehatan mata untuk mematiskan tidak adanya gangguan ataupun kerusakan pada mata kita. Tanpa mereka sadari ketika masalah kesehatan mata terganggu, mereka lebih senang dan nyaman menggunakan lensa kontak, yang justru hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mata lainnya. Selain itu, banyak penyakit mata umum seperti glaukoma, penyakit mata diabetes dan-degenerasi makula terkait usia sering tidak memiliki tanda-tanda peringatan. Sebuah pemeriksaan mata melebar adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi penyakit ini pada tahap awal mereka.

Mengetahui sejarah kesehatan mata keluarga

Sangat penting jika kita melakukan beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendiagnosis atau mengetahui kondisi kesehatan mata kita hanya dengan mencoba untuk mengetahui kondisi kesehatan mata dari keluarga kita, seringkali kerusakan atau gangguan mata banyak disebabkan oleh kondisi yang turun temurun. Hal ini akan membantu untuk menentukan apakah kita berada pada risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit mata atau tidak.

Mengkonsumsi makanan yang sehat

Jenis makanan yang dapat menyehatkan mata bukan hanya wortel saja, akan tetapi masih ada jenis buah-buahan dan sayuran yang bedaun hijau khususnya seperti bayam, kangkung, atau collard hijau yang juga mempunyai peranan penting untuk menjaga mata kita agar tetap sehat. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa ada manfaat untuk kesehatan mata dari ikan yang mmepunyai kandungan tinggi asam lemak omega 3 seperti salmon, tuna, dan halibut.

Menjaga berat badan yang sehat

Meningkatnya berat badan secara berlebihian atau obesitas ternyata juga mempunyai risiko terhadap diabetes dan kondisi sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, seperti penyakit mata yang disebabkan oleh penyakit diabetes atau yang disebut sebagai glaukoma. Saatnya gunakan EYE CARE SOFTGEL menjaga, melindungi dan menyehatkan mata tanpa menimbulkan efek samping!

Memakai kacamata pelindung

Memakai kacamata pelindung saat bermain olahraga atau melakukan kegiatan lain jika dilakukan diluar sekitar rumah. Kacamata pelindung tersebut termasuk kedalam jenis kacamata keselamatan yang berfungsi untuk penjaga mata yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan yang benar untuk aktivitas tertentu. Kebanyakan lensa kacamata pelindung yang terbuat dari polikarbonat, yaitu merupakan jenis lapisan pelindung yang 10 kali lebih kuat dari jenis plastik lainnya. Banyak penyedia perawatan mata yang menjual kacamata pelindung, seperti yang dipasarkan oleh beberapa toko barang olahraga.

Menghilangkan kebiasaan merokok

Penelitian telah menghubungkan kerusakan mata yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok dengan peningkatan risiko mengembangkan berkaitan dengan usia degenerasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik, yang semuanya dapat menyebabkan kebutaan.

Menghindari sinar UV

Kacamata adalah aksesori fashion yang banyak digunakan oleh orang-orang, apalagi seseorang yang mempunyai pekerjaan yang mempunyai dampak terhadap kesehatan mata, seperti halnya bekerja dengan komputer seharian penuh, pastinya mengharuskan seseorang tersebut untuk menggunakan kacamata khusus anti radiasi untuk mencegah masuknya radiasi berlebihan dari komputer tersebut. Kacamata juga mempunyai fungsi untuk menjaga mata kita dari paparan sinar ultraviolet matahari. Ketika membeli kacamata hitam, usahakan untuk mencari kaca yang dapat memblokir 99-100 persen terhadap paparan UV-A dan radiasi UV-B.

Mengistirahatkan mata secara rutin

Jika kalian sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau selalu terfokus pada satu objek, biasanya kita akan lupa untuk berkedip dan mata pun akan mudah menjadi lelah. Cobalah menggunakan aturan 20-20-20: jadi setiap 20 menit, kita memalingkan mata sekitar 20 kaki di depan kita selama 20 detik. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata.

Mencuci tangan ketika akan menggunakan lensa kontak

Untuk menghindari risiko terjadinya infeksi, ada baiknya kalau kita selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum meletakkan atau mengambil lensa kontak yang akan digunakan. Pastikan untuk mensterilkan lensa kontak seperti yang sudah dianjurkan dan menggantinya secara rutin.

Selain cara-cara tersebut kita juga harus menjaga pola asupan makan kita, karena makanan yang kita konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap tubuh terutama untuk kesehatan mata kita. Tapi, apakah benar wortel sangat baik untuk kesehatan mata?, karena banyak yang berasumsi bahwasanya wortel ini mempunyai kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk melindungi mata. Kita juga harus mengetahui beberapa resiko penyakit yang dapat merusak mata, agar kita lebih mudah lagi untuk mengetahui dan mendiagnosis kondisi mata dengan cepat.

07 Dec 2016

Benar Gak Sih Wortel Itu Menyehatkan Mata Kita?

Sudah banyak kita ketahui bahwasanya jenis sayuran terbaik yang mempunyai kelebihan manfaat untuk kesehatan mata adalah wortel, karena kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi sehingga akan membantu menjaga kesehatan mata kita dan jenis vitamin itu juga yang diperlukan untuk kesehatan mata kita. Meskipun benar bahwa wortel sangat baik untuk penglihatan kita, tetapi bukan berarti wortel tersebut dapat meningkatkan ketajaman penglihatan kita loh.

Wortel dan penglihatan

Sebenarnya wortel ini tidak dapat memperbaiki penglihatan kita, mereka hanya merupakan sumber terbaik dari kandungan nutrisi beta karoten, yang merupakan bentuk lain dari vitamin A. Kekurangan asupan jenis vitamin ini dapat menyebabkan masalah penglihatan loh yang akhirnya dapat menyebabkan kebutaan.

Ketika seseorang tidak cukup mengonsumsi asupan vitamin A dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuat fotoreseptor dibagian mata kita menjadi rusak, yang kemudian akan mengganggu proses penglihatan kita. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A melalui makan-makanan yang sehat dan menggunakan suplemen herbal alami untuk mata, diharapkan akan membantu fungsi penglihatan kita kembali normal dan sehat.

Vitamin lain

Selain mengandung tinggi vitamin A, ternyata wortel juga mengandung banyak nutrisi lain yang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata kita. Vitamin A, C dan E merupakan jenis nutrisi yang berperan sebagai pendukung untuk kesehatan mata untuk mengurangi resiko timbulnya penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak. Lihat juga kebiasaan yang menyebabkan mata menjadi iritasi!

Degenerasi makula adalah suatu kondisi di mana pusat retina yang disebut makula mulai rusak, yang kemudian akan menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau titik buda dibagian tengah penglihatan. Katarak terjadi karena adanya kekeruhan dari lensa mata, yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur dan penampilan mata pun menjadi terlihat seperti berkabut.

Meningkatkan penglihatan

Sudah kita ketahui bahwasanya mata merupakan jenis indera tubuh yang sangat vital dan sensitif, sehingga kita sangat perlu sekali untuk merawat dan menjaga kesehatannya, nah kita juga dapat mengambil langkah-langkah untuk membantu menjaga agar penglihatan mata kita tetap sehat dan tetap tajam, yaitu termasuk dengan memilih jenis asupan makanan yang benar-benar mempunyai kandungan yang kaya akan gizi dan nutrisinya.

Tidak hanya wortel dan sayuran yang berwarna orange saja yang mempunyai kandungan tinggi vitamin A, sayuran hijau juga mempunyai kandungan penuh antioksidan yang disebut zeaxanthin, dan jenis buah jeruk yang penuh dengan kandungan vitamin C. Kedua kandungan zeaxanthin dan vitamin C inilah yang telah terbukti dapat memperlambat timbulnya kondisi degenerasi makula dan katarak. Telur juga dan almond juga sangat kaya akan kandungan zinc dan vitamin E nya, yang merupakan sejenis nutrisi yang dapat mencegah kondisi degenerasi makula.

Adakah bukti umum bahwa wortel ternyata baik untuk mata?

Vitamin yang ditemukan dalam sayuran ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Wortel mengandung sejenis nutrisi seperti beta karoten yaitu suatu zat yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A, yang merupakan nutrisi paling penting untuk kesehatan mata.

Wortel kaya akan beta-karoten yaitu pigmen karotenoid yang ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran berwarna oranye. Beta-karoten merupakan prekursor penting untuk vitamin A. Kondisi tubuh yang mengalami kekurangan asupan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan. Bahkan, di negara berkembang, kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan.

Kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan kondisi xerophthalmia yaitu suatu kondisi di mana mata tidak bisa lagi memproduksi air mata yang kemudian akan menyebabkan kondisi kekeringan pada bagian mata, kelopak mata dan ulkus kornea pun menjadi bengkak. Vitamin A dapat mencegah timbulnya penyakit katarak dan degenerasi makula yang merupakan penyebab utama dari kondisi parah kebutaan. Lihat juga makanan yang sehat untuk penglihatan kita!

Wortel bukan sayuran yang hanya mengandung nutrisi penting beta-karoten saja yang dapat membantu menjaga kesehatan mata kita. Tetapi ada sejenis makanan berwarna oranye lainnya yang mempunyai manfaat dan khasiat penting untuk mata kita karena kandungan tinggi dari nutrisi beta karotennya seperti ubi jalar, mangga, labu, aprikot dan melon. Nutrisi ini juga dapat ditemukan dalam produk olahan susu seperti halnya dengan keju serta kuning telur dan hati.

Beta karoten juga merupakan senyawa yang mengontrol jenis warna atau pigmen orange pada setiap buah-buahan dan sayuran. Selain beta karoten, wortel juga mengandung lutein dan antioksidan. Makanan yang mempunyai kandungan kaya lutein telah terbukti dapat meningkatkan kepadatan pigmen dalam kondisi seseorang yang menderita kondisi makula, yang menyebabkan timbulnya daerah kuning berbentuk oval di dekat retina mata. Semakin besar kepadatan pigmen dalam bagian mata yang menderita makula, maka akan lebih terlindungi juga bagian retina kita dan menurunkan risiko terhadap timbulnya kondisi degenerasi makula. Selain wortel, ada jenis sayuran lainnya yang mengandung lutein yaitu seperti bayam, kale dll.

06 Dec 2016

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Yang Cedera

Beberapa cedera mata yang paling umum terjadi yaitu seperti adanya luka tertusuk yang dalam yang diakibatkan dari kecelakaan, kondisi ini biasanya memerlukan pengobatan secepat mungkin untuk melakukan suatu operasi untuk mencegah kerusakan mata secara permanen yang bisa saja mengakibatkan kehilangan penglihatan. Cedera mata yang terjadi kebanyakan itu seperti mata lelah dan memerah ataupun mata merah yang diakibatkan adanya material yang masuk, untuk itu harus mengetahui beberapa penyebab mata merah dan iritasi, agar kita lebih bisa berhati-hati terhadap aktivitas apapun yang dapat membahayakan mata kita.

Tergoresnya kornea mata

Penyebab umum dari cederanya mata yaitu adanya bagian lapisan kornea yang tergores, ini biasanya diakibatkan oleh kebiasaan kita saat menggosok mata ketika ada benda asing yang masuk, seperti debu atau pasir. Kornea mata yang lecet sangatlah tidak nyaman dan menyebabkan mata menjadi merah serta menjadi sensitiv terhadap paparan cahaya apapun. Goresan pada kornea juga dapat membuat mata kita menjadi rentan terhadap serangan infeksi dari bakteri atau jamur. Beberapa jenis bakteri dan jamur dapat dengan mudah masuk ke mata melalui goresan tersebut dan menyebabkan bahaya serius dalam waktu 24 jam. Jika kita menderita kornea mata yang tergores, diharuskan kita untuk tidak menggosok mata secara berlebihan.

Material yang memasuki mata

Jika benda asing seperti serpihan logam atau kail ikan memasuki mata kita, segeralah untuk memeriksakan ke dokter agar cedera tersebut dapat diatasi dengan cepat. Kita bisa saja dapat menyebabkan luka pada mata tersebut menjadi lebih parah, jika kita mencoba untuk menghilangkan objek tersebut sendiri atau jika kita menggosok mata tersebut secara berlebihan. Mata kita juga dapat memungkinan potongan dari material kecil tersebut (biasanya logam) menjadi tertanam di permukaan mata (kornea).

Benda atau zat mengenai mata

Menjadi hal yang sangat berbahaya ketika mata kita terkena suatu siraman air yang berbahaya seperti pembersihan rumah (mengandung zat kimia), yang akan membuat mata kita menjadi merah. Beberapa zat yang terkandung dalam cairan pembersih tersebut dapat membuat iritasi pada mata dalam jangak waktu yang lama, bahkan dapat menyebabkan cedera yang sangat serius.

Pembengkakan daerah mata

Mata yang bengkak dan sembab yang terjadi dibagian kelopak mata tersebut dapat disebabkan oleh pukulan yang mengenai mata seperti dari olahraga bisbol dengan bola bisbol tersebut dalam gerakan yang sangat cepat atau dari jenis olahraga lain seperti tinju. Pengobatan terbaik mata yang bengkak yaitu dengan cara mengompresnya dengan air es. Selain itu kita harus melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk memastikan tidak adanya kerusakan internal yang terjadi.

Pendarahan subconjunctival

Cedera mata ini biasanya akan terlihat lebih buruk dari pada biasanya. Sebuah pendarahan subconjunctival ini dapat melibatkan kebocoran darah dari satu atau lebih pada pembuluh darah yang terletak di antara putih mata (sclera) dan bagian penutup (konjungtiva). Pendarahan subconjunctival tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak akan menyebabkan kehilangan penglihatan sementara atapun permanen. Tentunya tidak memerlukan perawatan yang serius, karena dengan sendirinya darah tersebut akan bersih dan mata pun akan tampak tampil normal seperti sedia kala.

Iritis trauma

Iritis traumatis adalah peradangan pada bagian berwarna dari mata yang mengelilingi pupil (iris) dan akan terjadi setelah cedera mata. Iritis traumatis dapat disebabkan oleh adanya pukulan di mata dari benda tumpul, seperti bola atau tangan. Iritis trauma biasanya membutuhkan pengobatan bahkan dengan perawatan medis sekalipun, karena ditakutkan bakalan terjadi penurunan pada daya penglihatan kita.

Hyphemas dan Orbital blowout Fracture

Kondisi hyphema yaitu terjadinya pendarahan di ruang anterior mata, ruang antara kornea dan iris. Fraktur terjadi karena adanya ledakan orbital yang membuat retak dibagian tulang wajah sekitar mata. Biasanya hal ini disebabkan oleh trauma benda tumpul yang mengenai mata dan wajah, seperti akibat dari benturan tongkat bisbol, tongkat dan kepingan bola hoki.

Langkah-langkah yang harus diambil ketika cedera mata

Karena mata merupakan organ tubuh yang paling sensitiv dan indra yang paling penting karena membantu kita dalam proses penglihatan. Jadi jika kita harus mengetahui beberapa cara perawatan terbaik untuk merawat mata kita, agar dapat dengan terbiasa kita melakukan kebiasaan seperti ini yang akan membuat mata kita menjadi sehat. Sebenarnya pengobatan yang akan dilakukan oleh dokter tersebut masih tergantung terhadap keparahan cedera yang kita alami dan mungkin saja dokter akan menyarankan kita untuk menyiramkan larutan air garam ke mata kita sebagai penanganan awal terhadap mata yang cedera.

Kita juga harus mengetahui tentang kondisi dan cara pencegahan mata lelah, karena faktor mata yang lelah juga dapat menjadi pemicu cedera mata yang membuat mata menjadi memerah.

21 Oct 2016