Mencegah Penyakit Kanker Kerongkongan Melalui Pilihan Gaya Hidup Yang Sehat

Kita sudah mengetahui bahwa gaya hidup yang sehat akan menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita, tentunya kita dapat menikmati kesehatan yang baik dan tubuh kita pun memiliki banyak energi. Tanpa kita sadari justru lebih berharga lagi jika kita bisa merawat tubuh dengan mengkonsumsi makanan dengan berbagai macam asupan vitamin ke dalam tubuh kita, ini juga yang akan membantu mengurangi penyakit kerongkongan.

Kanker tenggorokan memang sangat sulit untuk di hindari, tetapi apa salahnya jika kita bisa mencegahnya dengan merubah kebiasaan buruk gaya hidup kita. Kanker kerongkongan adalah salah satu jenis yang paling berbahaya dari semua jenis kanker, jadi sangat penting untuk kita agar melakukan berbagai penyembuhan apa saja yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit tersebut.

Kanker kerongkongan sering didiagnosis pada stadium lanjut, ketika kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh dan membuat pengobatan menjadi lebih sulit dan prognosis pun menjadi buruk. Gejala biasanya tidak akan muncul sampai tahap akhir dan banyak orang tidak secara teratur memeriksakan penyakit kanker esophagus ini,  kecuali ada kemungkinan kuat bahwa mereka akan dengan cepat dapat mengembangkan penyakit tersebut.

Para peneliti telah menemukan adanya hubungan yang pasti antara penyebab sel kanker esophageal squamous dengan perokok dan peminum alkohol, sehingga para ahli medis memberitahu orang-orang untuk tidak merokok dan selalu membatasi jumlah asupan alkohol yang kita konsumsi. Adenokarsinoma merupakan jenis umum yang lain dari kanker esophagus, faktor risikonya pun sama yaitu termasuk seperti kebiasaan merokok, kelebihan berat badan, memiliki penyakit refluks dan hernia hiatus.

Ahli medis juga menekankan pentingnya penerapan diet sehat dan seimbang untuk mengurangi risiko timbulnya penyakit kanker esofagus, karena kemungkinan penyakit ini disebabkan sebagian oleh diet yang buruk seperti, makan sembarangan, mengkonsumsi makanan berlemak dan kelebihan berat badan, yang justru dapat meningkatkan tekanan pada bagian bawah sfingter esofagus dan tekanan tersebut dapat menyebabkan hernia hiatus.

Ahli medis pun merekomendasikan bahwa orang harus mempunyai pola hidup yang sehat, makanan sehat yang mengandung asupan lebih banyak vitamin, berolahraga secara teratur, mengambil langkah-langkah untuk mempertahankan berat badan agar tetap ideal dan menghindari kebiasaan merokok untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker esofagus. Berikut ini adalah lima langkah mudah untuk melakukan suatu tindakan yang baik yang harus di terapkan dalam kehidupan kita untuk mengurangi risiko terhadap perkembangan penyakit kanker esophagus / kanker kerongkongan :

Menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi minuman keras. Minum minuman beralkohol dengan dosis yang normal ataupun sedikit memang masih bisa di toleransi oleh tubuh, tapi terlalu banyak meminum beralkohol tentunya dapat secara signifikan meningkatkan risiko Kita untuk menderita salah satu jenis penyakit utama dari kanker esofagus. Mengkonsumsi minuman beralkohol dengan kebiasaan yang kadang-kadang dan membatasi diri untuk tidak meminum lebih dari satu gelas per hari untuk seorang wanita atau tidak lebih dari dua gelas minuman dalam sehari untuk seorang pria.

Menghentikan kebiasaan merokok. Merokok adalah salah satu faktor yang menjadi risiko terbesar terhadap timbulnya penyakit kanker esophagus dan tentu saja ada sejumlah masalah kesehatan lainnya yang dapat timbul yang di akibatkan oleh kebiasaan merokok juga. Susah seharusnya kita menghentikan kebiasaan merokok ini, hanya dalam satu batang rokok pun sudah lebih dari berjuta-juta kandungan zat berbahaya yang dapat menyerang tubuh dengan cara merusak bagian sel-sel dalam tubuh kita.

Selalu memperhatikan berat badan. Tubuh yang gemuk tidak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes saja, tapi itu juga merupakan indikator yang menyebabkan risiko berkembangnya penyakit lain seperti kanker kerongkongan. Melakukan diet sehat dan program olahraga secara teratur yang bekerja untuk dapat membantu kita agar dapat mempertahankan berat badan yang sehat supaya kita dapat mengontrol kesehatan yang baik dan mengurangi risiko timbulnya penyakit kanker.

Makan dengan benar. Ini mungkin sulit untuk merekomendasikan lima porsi harian buah dan sayuran yang tentunya sangat baik bagi tubuh yang merupakan suatu harga kecil saja untuk membayar sebuah pencegahan terhadap timbulnya penyakit kanker kerongkongan. Mengkonsumsi buah untuk camilan atau menambahkannya ke menu makanan lain seperti sereal, oatmeal, salad, atau bahkan makanan penutup. Tambahkan sayuran untuk setiap kali makan atau membuat olahan ringan yang berbahan dasar sayuran. Perhatikan selalu jumlah olahan daging merah yang akan di konsumsi dalam menu diet.

Kontrol Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). GERD merupakan faktor risiko utama dari kanker esophagus dan dapat dikendalikan cukup awal untuk mencegah kanker kerongkongan. Kita juga harus bertanya kepada dokter jika kita harus diperiksa ketika kondisi yang disebut Barrett esophagus menyerang tubuh kita, kasus ini terjadi pada 10 sampai 15 persen orang penderita GERD. Kita perlu melakukan pengawasan sejak dini terhadap kondisi kita untuk memeriksa tanda-tanda awal kanker esofagus.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *