Mengenal Lebih Jauh Seputar Sistem Imun/Kekebalan Tubuh Kita

Pasien yang melakukan pengobatan ke rumah sakit kebanyakan merekalah yang mempunyai kekebalan atau sistem imun yang rendah. Kebanyakan penderita ini mengalami sakit pada tenggorokan dan mengalami flu berat. Penyebab utama perusak sistem kekebalan tubuh ialah rendahnya sistem imun yang tubuh kita miliki karena terdapat senyawa yang ada di badan yang normalnya dibatasi di area tertentu yang di lepaskan ke aliran dalam darah, perubahan senyawa normal tertentu, dan adanya sel yang mengontrol produksi antibodi.

Jika keadaan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan dll terjadi di sepanjang malam, kita dapat menggunakan beberapa obat-obatan medis ataupun tradisional untuk meredakan keadaan seperti, aspirin, lemon, madu, cengkeh, dan anggur. Kita harus mengetahui bagaimana menjaga serta merawat diri ketika sakit.

Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Satu hal yang sangat baik harus kita pelajari adalah bagaimana kita memanipulasi suhu internal keadaan tubuh kita dengan asupan makanan. Dengan cara ini kita bisa mengurangi keadaan demam, karena masuknya asupan makanan yang bergizi untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Kita seharusnya mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, yang di harapkan untuk bisa memenuhi asupan makanan yang cukup protein dalam tubuh dan tentunya akan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Dengan seperti ini di harapkan agar tubuh kita tidak dengan mudah terserang oleh radikal bebas yang akan melemahkan tubuh kita.

Dapatkah sistem kekebalan tubuh yang rendah diuji

Sistem kekebalan tubuh dijaga oleh sel-sel darah putih yang banyak serta menyebar ke seluruh bagian tubuh. Mereka ini di ibaratkan tentara kita sendiri yang akan menjaga tubuh kita dari berbagai penyakit serta akan diaktifkan ketika bakteri atau virus mulai memasuki tubuh kita.

Kita sudah mengetahui dari berbagai jenis penelitian medis tentang kasus dalam sitem kekebalan tubuh yang rendah di karenakan sel darah putih yang rendah. Jadi kita bisa dengan mudah menguji apakah kita mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah atau kuat, cukup melakukannya dengan berada dalam cuaca dingin, jika kita merasakan reaksi tubuh, sudah muncul seperti bersin-bersin, sudah di pastikan bahwa tubuh kita ini memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Demam merupakan tanda awal rendahnya sistem kekebalan tubuh kita

Kita belum sepenuhnya dapat memahami apa penyebab utama sistem kekebalan tubuh kita dapat menurun. Kita sudah sepatutnya menyadari bahwa menderita gejala seperti demam, nyeri, dan pilek yang sebenarnya merupakan reaksi dari menurunya sistem kekebalan tubuh. Ini adalah tanda-tanda bahwa sistem kekebalan tubuh telah di rancang khusus untuk melawan radikal bebas dan ini merupakan cara tubuh untuk menghancurkan dan menghilangkan virus dan bakteri.

Demam dapat meningkatkan pembentukan getah bening dalam sirkulasi darah sehingga meningkatkan kemungkinan virus atau bakteri menyerang sel darah putih. Nyeri merupakan efek akhir dalam setiap terjadinya peradangan atau dengan kata lain adanya aktivasi dari sistem kekebalan tubuh.

Apakah kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat atau lemah ?

Kita sering mengamati berbagai reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang kuat pada anak-anak maupun orang dewasa, karena seseorang akan menderita demam jika keadaan tubuh mereka sudah terserang bakteri walaupun hanya dengan polusi udara yang sebentar mereka hirup. Demam ringan dengan gejala yang lama pasca infeksi, di sisi lain akan mudah sering terlihat pada orang dewasa. Demam ringan merupakan ciri dari reaksi yang khas di timbulkan ketika seseorang mulai merasa tidak enak badan, yang di karenakan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan fungsi yang baik sebagai perangsang radikal bebas.

Membuat sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat

Sekarang kita tahu bahwa demam, pilek atau tidak enak badan merupakan cara kerja dari sistem kekebalan tubuh dan kita harus mendorong reaksi tersebut agar menjadi kuat  sehingga sistem kekebalan tubuh pun dapat menetralisirkan berbagai macam radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Meskipun cara tersebut merupakan cara yang kontraproduktif ketika kita merasa lebih baik saat dalam keadaan demam yang sudah menurun dengan cara meminum obat tertentu seperti obat anti inflamasi yang bertujuan untuk menghentikan produksi lendir yang membuat badan kita terasa sehat kembali.  Jadi, jika perasaan demam, produksi lendir yang banyak, batuk, dan rasa tidak enak badan menunjukkan reaksi kekebalan tubuh yang rendah. Gejala flu atau bersin-bersin bisa datang ketika kita sudah terinfeksi dengan virus atau bakteri tertentu.

Nah berarti sistem kekebalan tubuh merupakan cara bagaimana tubuh kita dapat menangkal berbagai macam radikal bebas yang masuk ke tubuh kita, sehingga kita tidak mudah sakit. Ternyata daya tahan tubuh yang lemah juga dapat kita tingkatkan dengan cara menjaga asupan makanan yang lebih bergizi dan bernutrisi, agar terpenuhinya kebutuhan metabolisme kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *