Mengetahui Kesehatan Pencernaan Dengan Mengecek Warna Fases Anda

Seperti halnya dengan warna urin yang dapat memberitahu kondisi kesehatan kita, ternyata warna kotoran kita juga dapat bervariasi dan dapat memberikan petunjuk penting mengenai kondisi kesehatan tubuh kita. warna kotoran Anda adalah indikator yang baik dari kesehatan sistem pencernaan Anda.

Kotoran atau fases kita tentunya dapat dalam berbagai warna seperti cokelat, hijau, atau kuning gelap. Secara umum, warna-warna ini masih terbilang normal dan variasi dalam warna-warna ini tidak menunjukkan bahwa kondisi kesehatan seseorang tersebut sedang sakit. Kadang-kadang, perubahan pola makan, seperti halnya mengkonsumsi makanan yang berwarna, atau asupan zat tertentu seperti alkohol atau obat-obatan juga dapat mempengaruhi warna tinja. Tetapi, kondisi tersebut juga bisa menjadi tanda penyakit serius dan kondisi lain di dalam tubuh.

Coklat

Coklat merupakan warna normal kotoran kita. Warna ini disebabkan oleh pigmen yang disebut bilirubin yang terbentuk ketika sel-sel darah merah berada di sumsum hati dan tulang rusak. Bilirubin tersebut berakhir dibagian usus dimana bakteri ternyata mempunyai warna yang sama sehingga membuat kotoran menjadi berwarna coklat. Pada dasarnya warna tersebut memanglah normal dan kita tidak perlu mengkhawatirkannya.

Hijau

Tinja yang berwarna hijau dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Kemungkinan juga disebabkan oleh makanan yang telah melewati usus lebih cepat dari biasanya sebelum dapat berubah dari hijau menjadi coklat. Sehingga setiap kondisi yang menyebabkan diare dapat menyebabkan tinja berwarna hijau. Hal ini juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti asparagus dan brokoli, ataupun makanan tertentu yang mengandung pewarna buatan. Penyebab lainnya yaitu bisa disebabkan oleh penggunaan antibiotik atau kelebihan asupan suplemen zat besi. Dalam beberapa kasus, tinja hijau dapat menjadi tanda dari penyakit Crohn.

Merah cerah

Warna merah cerah pada tinja kita biasanya kondisi tersebut menunjukan adanya pendarahan di saluran pencernaan yang biasanya juga terjadi pada bagian usus besar atau rektum karena malformasi arteri, atau kondisi yang lebih serius seperti kanker usus besar. Warna merah tersebut juga bisa disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang mengandung warna merah pekat seperti buah bit dan buah naga. Jika kita mengalami sejumlah besar pendarahan pada rektum, pusing atau pingsan, ada baiknya jika melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Hitam

Jika feses berwarna hitam kondisi tersebut biasanya menunjukan kondisi kekeringan darah dalam tinja. Yang kemungkinan besar juga menunjukkan bahwa adanya pendarahan internal di suatu tempat di saluran pencernaan bagian atas atau perut yang letaknya cukup jauh dari rektum. Lihat juga beberapa penyebab diare!

Kuning

Tinja yang berwarna kuning dapat menunjukan kondisi dimana kadar lemak didalam tubuh kita tersebut tidak diserap dari kotoran. Penyerapan lemak juga dapat terganggu oleh berbagai sumber penyebab seperti parasit, penyakit yang menyebabkan peradangan pada pankreas atau penyakit bawaan. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan diet kita yang penuh dengan makanan yang kaya akan wortel, kentang manis atau pewarna makanan buatan.

Putih atau coklat terang

Fases atau kotoran yang berwarna terang (seperti putih atau coklat terang) dapat disebabkan oleh kurangnya kadar garam empedu dalam tinja. Garam empedu tersebut disekresi oleh hati yang kemudian akan memberikan warna seperti putih dan coklat terang. Jika ada penurunan empedu, tinja jauh lebih terang dalam warna. Bagian luar empedu yang tidak memadai atau saluran empedu yang obstruksi biasanya disebabkan oleh kondisi seperti kolesistitis, batu empedu, hepatitis, pankreatitis kronis, atau sirosis. Obat-obat tertentu seperti bismuth subsalicylate atau antasida yang mengandung aluminium hidroksida juga dapat mengakibatkan tinja berwarna terang.

Jika kita mempunyai masalah kesehatan yang menyebabkan fases atau tinja kita menjadi berubah dan menunjukan adanya penyakit, kita tidak usah khawatir karena sekarang sudah ada pengobatan herbal yang akan membantu kalian untuk menyembuhkan kondisi tersebut dengan cepat dan tepat dengan KOLOKLIN CAPSULE, yang merupakan obat alami 100% herbal tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan. Obat inilah yang akan membantu menyembuhkan kondisi masalah pencernaan kita dengan cepat yang tentunya juga akan membuat Buang Air Besar kita menjadi teratur dan menunjukan kondisi fases yang sehat.

Kita juga harus menjaga asupan makanan untuk memperbaiki serta menyehatkan sistem pencernaan kita, karena kebanyakan kondisi tinja juga merupakan gambaran bahwa adanya masalah dalam sistem pencernaan kita. Untuk itu kita harus mengetahui beberapa makanan untuk meringankan sembelit, karena masalah umum yang biasa terjadi berhubungan sistem pencernaan yaitu sembelit dan diare yang menimbulkan gangguan terhadap Buang Air Besar, karena fases atau tinja yang kita keluarkan merupakan hasil sisa limbah dari makanan yang kita konsumsi setelah melalui beberapa proses dalam sistem pencernaan kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *