Mengetahui Lebih Lanjut Mengenai Penyebab Kutil

Kutil merupakan pertumbuhan kulit kecil yang muncul di tangan atau kaki seseorang dan terlihat seperti melepuh padat. Kutil memiliki tekstur bentuk yang kasar yang disebabkan oleh virusyang terutama dari salah satu beberapa jenis HPV (human papillomavirus). Virus penyebab keratin, yang merupakan protein keras di lapisan atas kulit, yang selalu tumbuh dengan cepat. Munculnya kutil dapat bervariasi tergantung pada bagian tubuh mana yang ditempati, serta seberapa kulit tebal tersebut. Kutil yang terletak di telapak kaki dikenal sebagai verruca.

Lihat juga tanda-tanda kulit menderita penyakit kudis!

Penyebab kutil

HPV (human papilloma virus) menjadi salah satu penyebab yang berbeda dari pertumbuhan kutil. Virus kutil tersebut dapat ditularkan melalui kontak dari kulit ke kulit, serta melalui kontak dengan handuk atau sepatu si penderita. Virus kutil juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh dengan cara seperti berikut:

  • mencukur bulu kaki dapat menyebarkan virus kutil ke bagian lain dari tubuh
  • jika seseorang tersebut memiliki luka goreng atau bekas luka yang masih basah
  • mengisap jari
  • kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan kutil menyebar pada ujung jari dan sekitar kuku

Seseorang yang memiliki kulit rusak, basah, atau yang memiliki kontak secara langsung dengan si penderita akan mempermudah seseorang tersebut untuk menangkap dan mengembangkan infeksi. Misalnya, seseorang yang memiliki luka gores atau luka pada telapak kaki maka akan lebih memungkinkan untuk terinfeksi virus verrucas jika seseorang tersebut melakukan kegiatan berenang yang membuat virus tersebut menyatu dengan air. Tubuh manusia tentunya mempunyai sistem kekebalan tubuh yang berbeda, beberapa dari kita kemungkinan saja dapat mengembangkan kutil ketika telah melakukan kontak dengan penderita HPV. Risiko terkena kutil dari orang lain hanya kecil kemungkinan untuk tertular, akan tetapi jika kutil kelamin jauh lebih beresiko menularkan kondisi tersebut.

Jenis kutil

Para ahli dan dokter kulit mengatakan ternyata ada beberapa jenis kutil yang tumbuh ditubuh manusia tersebut. Menurut National Health Service (NHS) UK, sebuah survei yang dilakukan pada 1.000 anak-anak yang memiliki kutil ditemukan bahwa:

Kutil yang tumbuh dibagian jari

Kutil biasanya tumbuh kecil yang muncul dibagian tangan atau kaki seseorang yang terlihat seperti melepuh padat dan kutil ini juga dapat tumbuh dibagian lain dari tubuh kita.

  • 74 persen dari mereka memiliki kutil umum
  • 24 persen dari mereka memiliki verrucas
  • 3,5 persen dari mereka memiliki kutil kemaluan
  • 2 persen dari mereka memiliki kutil filiform

Kutil umum (verruca vulgaris)

Kutil yang terbilang umum memiliki permukaan kasar. Mereka mempunyai bentuk yang mirip dengan kembang kol yang berkembang yang kemudian menebal seperti halnya tumbuh sebuah benjolan yang disebut papula atau plak. Kutil umum tersebut juga dapat muncul dibagian lain dari setiap bagian dari tubuh kita, tetapi biasanya lebih sering tumbuh pada bagian buku-buku jari, siku dan lutut. Seringkali kutil jenis ini juga memiliki bintik-bintik gelap kecil yang berasal dari pembuluh darah yang telah menggumpal.

Lihat juga beberapa penyebab ruam kulit dibelakang telinga!

Verrucas (kutil plantar)

Jenis kutil semacam ini biasanya muncul dibagian telapak kaki, bagian tumit atau jari kaki. Mereka biasanya tumbuh kembali ke dalam kulit karena berat badan orang tersebut saat menginjakan kaki ketika berjalan akan mendorong ke bagian dalam telapak kaki, tentunya hal ini juga dapat menimbulkan rasa sakit. Hal ini sangatlah umum untuk penyakit kutil jenis verrucas ini yang memiliki titik hitam dibagian tengah, bertekstur keras dan timbul area putih sekitarnya. Titik gelap merupakan suplai darah kutil tersebut.

Kutil datar (verruca plana)

Jenis kutil ini (plana) yang berarti datar. Kutil datar ini berbentuk bulat, datar dan halus. Mereka pada umumnya berwarna kekuningan, kecoklatan atau mempunyai warna yang sama dengan kulit kita. Kutil jenis ini sangatlah umum timbul dan tumbuh pada kulit anak-anak yang biasanya ditemukan pada bagian tangan, kaki dan wajah.

Kutil filiform (verruca filiformis)

Kutil filiform mempunyai bentuk panjang dan biasanya dapat ditemukan dibagian kelopak mata, leher dan ketiak.

Kutil mosaik

Kutil mosaik tumbuh dalam berkelompok. Palmar kutil juga merupakan bagian dari kutil mosaik yang biasanya tumbuh dibagian telapak tangan dan kaki.

Yang harus kita ketahui adalah timbulnya kutil tersebut karena kebersihan tubuh yang tidak terjaga, untuk itu kita harus mengetahui metode perawatan kulit agar cantik, bersih dan sehat, yang tentunya bakal terjauh dari berbagai macam virus yang dapat menyebabkan kulit menjadi rusak.

Mendiagnosis kutil

Pertumbuhan dan perkembangan kutil serta verrucas sangat mudah untuk diidentifikasi oleh dokter spesialis kulit hanya dengan cara dilihat mengenai kondisi kutil tersebut. Dan kita juga akan ditanya mengenai adakah anggota keluarga yang mempunyai penyakit kulit kutil tersebut. Yang kemudian kemungkinan besar dokter akan mengambil sampel dari beberapa jaringan kutil untuk memeriksanya lebih lanjut lagi.

Lihat juga bagaimana cara menghilangkan komedo!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *