Mengurangi Ketegangan Mata Selama Berjam-Jam Di Depan Komputer

Jika kalian termasuk pekerja yang selalu menghabiskan waktu selama berjam-jama didepan komputer, pastinya merasakan perih, panas bahkan kelelahan dibagian mata, itu disebabkan karena adanya tekanan berlebih pada mata kita dari radiasi atau cahaya komputer. Berikut adalah beberapa saran bagaimana kita dapat menjaga kesehatan mata saat berada di depan komputer: Lihat juga EYE CARE SOFTGEL Pelindung Kesehatan Mata!

Yang harus dilakukan

  • Mengistirahatkan mata setidaknya setiap dua puluh menit

Komputer mempunyai radiasi yang sangat tinggi dan berbahaya terhadap mata, dan tentunya pekerjaan kita juga mengharuskan kita untuk berada didepan komputer terus menerus, bukan?. Tidak perlu khawatir, ada baiknya kalau kita mengambil waktu sekitar 20 menit untuk mengistirahatkan mata yang dengan, perih serta lelah dengan memalingkan penglihatan ke suatu objek yang labih jauh lagi.

Ini bertujuan untuk merefleksikan bagian otot-otot mata yang tegang dan tentunya untuk menyegarkan kembali penglihatan mata kita.

  • Mengurangi pencahayaan

Masalah silau cahaya ini dapat diatasi dengan penggunaan kacamata anti radiasi dan pengaturan pencahayaan yang tepat. Tidak lupa jika kita melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah silau merupakan alasan utama kenapa mata kita menjadi perih dan tidak nyaman.

  • Pengaturan optimal untuk komputer

Idealnya, penelitian mengatakan bahwa jarak komputer harus sekitar 20-28 inci dari mata kita. Kita juga menyesuaikan pengaturan lainnya seperti kecerahan, kontras, font dan bahkan dengan memilih warna yang baik untuk mata kita. Kita juga perlu untuk menganalisa ergonomi komputer. Posisi kursi yang benar tidak hanya menghindari masalah kesehatan mata tetapi juga menjaga posisi kepala, leher dan daerah lainnya dengan baik dan terhindar dari keadaan tegang untuk jangka waktu yang lama.

  • Kerkedip secara teratur

Gejala kelelahan mata disebabkan oleh kebiasaan kita yang lupa untuk berkedip, yang kemudian dapat menyebabkan mata kering. Tidak berkedip dapat mengganggu keseimbangan kelembaban di mata kita. Jika udara terasa kering, kita bisa menggunakan humidifier untuk melembabkan ruangan sekitar. Dan jika kalian mempunyai kondisi mata yang kering, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Yang seharusnya tidak dilakukan

  • Jangan duduk di depan komputer selama berjam-jam tanpa istirahat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita harus memberikan waktu untuk mata beristirahat setiap 20 menit. Bahkan kita dianjurkan untuk melakukan aktivitas lain selain dengan komputer, seperti halnya berjalan-jalan dan yang lainnya.

  • Jangan mengabaikan gejala

Jika kita secara konsisten mengalami beberapa gejala seperti sakit kepala atau memiliki gejala seperti iritasi mata atau ketidaknyamanan di mata kita seperti terbakar, kesulitan fokus, penglihatan kabur atau ganda, jarang berkedip, mata kering, mata berair, sensitiv terhadap cahaya atau nyeri di wajah, leher, atau punggung bagian atas kita harus dengan segera mengunjungi dokter.

  • Jangan mengandalkan kacamata anti silau atau anti radiasi

Ada banyak produk jenis kacamata yang tersedia yang mengklaim dapat membantu mengurangi silau atau radiasi yang dihasilkan oleh komputer. Langkah pertama adalah dengan mengunjungi dokter mata untuk mendapatkan perubahan atau resep yang berbeda yang diperlukan untuk melihat komputer yang baik supaya kita pun nyaman untuk menatapnya.

Sebenarnya masih banyak lagi yang perlu kita ketahui untuk menjaga kesehatan mata, karena mata itu merupakan indera tubuh yang sangat sensitiv dan vital. Bukan hanya disebabkan oleh komputer saja yang dapat merusak mata, kebiasaan menatap layar telepon, video game dan perangkat mobile lainnya pun turut andil menjadi penyebab kerusakan mata apalagi dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, kita harus mengetahui beberapa penyebab mata merah dan iritasi, agar kita dengan mudah untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Menjaga kesehatan mata tidaklah mahal dan sulit, kita tidak perlu kedokter hanya untuk perawatan mata yang mahal, jika mata kita terlihat baik-baik saja dan kita pun hanya ingin merawat mata dengan sendiri dan sederhana, kita hanya cukup untuk melakukan beberapa cara dan tips untuk merawat mata kita dengan sederhana tentunya mudah untuk kita lakukan dan tidak perlu merogoh kocek banyak, seperti sama halnya perawatan yang dilakukan oleh dokter. Terkecuali, apabila mata sudah mengalami beberapa kerusakan yang membuat penglihatan kita pun menjadi tidak nyaman.

Kita bisa menyebutkan bahwasanya kerusakan atau cidera mata itu kebanyakan terjadi karena penggunaan mata yang ekstrim dalam jangka waktu yang lama seperti melihat layar komputer, hp, dan perangkat elektronik lainnya yang mengeluarkan cahaya radiasi. Tapi tidak hanya itu saja loh, kerusakan mata dapat terjadi ketika kita menggunakan aksesoris untuk seperti halnya dengan lensa mata yang sekarang ini banyak sekali digunakan karena dianggap sebagai fashion, tanpa mereka mengetahui mengenai efek samping berbahaya jika digunakan tanpa aturannya. Lihat juga cara mengatasi mata yang cidera!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *