Mioma: Pengertian, Penyebab Dan Gejala

Mioma atau fibroid merupakan penyakit yang mempengaruhi setidaknya sekitar 20 persen kalangan wanita. Di saat usia wanita dalam masa reproduksi merupakan pase yang beresiko tinggi terhadap pengembangan penyakit tersebut, dan ternyata wanita yang mempunyai berat badan berlebih dan obesitas juga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap pengembangan penyakit fibroid atau mioma tersebut, dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan yang normal.

Ada empat jenis penyakit mioma ini yang ditandai dengan dimana daerah mereka berkembang di dalam rahim: Lihat juga 5 hal penyebab kanker!

  • intramural, terletak dibagian dinding rahim dan merupakan jenis yang paling umum.
  • fibroid subserosa, terletak di luar dinding rahim tetapi di bawah lapisan jaringan yang mengelilingi rahim. Mereka dapat berkembang menjadi fibroid bertangkai (tangkai) dan dapat berkembang menjadi cukup besar.
  • fibroid submukosa, terletak dibagian otot bawah dilapisan dinding rahim. Jenis ini dapat menonjol ke dalam rongga rahim.
  • fibroid rahim, yang terletak dibagian leher rahim (serviks).

Pengobatan cepat dan ampuh penyakit kanker tanpa menimbulkan efek samping dengan GANODERMA PLUS CAPSULE, obat herbal alami kualitas dan khasiat terbukti secara PASTI!!

Penyebab fibroid

Selama dalam masa dimana wanita masih bereproduksi, maka perubahan pada estrogen dan progesteron pun menjadi tinggi. Ketika tingkat estrogen menjadi tinggi, terutama selama kehamilan, maka bagian fibroid cenderung akan membengkak. Ketika tingkat estrogen rendah, fibroid dapat menyusut, misalnya, selama menopause wanita.

Keturunan keluarga pun juga dapat menjadi faktor seseorang menderita penyakit mioma, jika seseorang tersebut memiliki kerabat dekat yang menderita penyakit mioma atau fibroid. Ada juga beberapa bukti bahwa daging merah, alkohol, dan kafein bisa meningkatkan risiko fibroid.

Gejala fibroid rahim

Kebanyakan penderita tidak memiliki gejala, tetapi dari sekitar 1 di antara 3 penderita biasanya mempunyai gejala, seperti: Lihat juga pilihan gaya hidup sehat untuk penderita kanker!

  • anemia (sebagai hasil dari periode berat)
  • sakit punggung
  • sembelit
  • ketidaknyamanan di perut bagian bawah (terutama jika fibroid sudah mulai membesar)
  • sering buang air kecil
  • rasa sakit di kaki
  • ketika berhubungan seks menimbulkan rasa sakit
  • pembengkakan pada perut bagian bawah (terutama jika fibroid mulai membesar)

Gejala lainnya yang dapat terjadi, seperti:

  • masalah produktivitas hidup menjadi menurun
  • masalah kehamilan
  • masalah kesuburan
  • keguguran yang selalu berulang-ulang

Diagnosis fibroid

Dalam kebanyakan kasus, gejala yang ditimbulkan oleh penyakit fibroid atau mioma ini sering timbul tanpa disadari, dan tanpa sepengetahuan si penderita pun gejala sudah banyak muncul tanpa mereka sadari bahwa mereke tersebut mulai mengembangkan penyakit mioma atau fibroid tersebut. Tapi, kita masih bisa kok untuk mengetahui diagnosis selanjutnya dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter, mengenai gejala yang dialami tersebut, dan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan melalui kondisi vagina.

  • USG

Cara seperti ini juga dapat mendeteksi kondisi seseorang jika menderita penyakit fibroid atau mioma, dan juga menghilangkan kondisi lain yang kemungkinan besar memiliki gejala yang sama. USG dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan melalui perut atau transvaginal (probe kecil dimasukkan ke dalam vagina). Hal ini dapat membantu memvisualisasikan jenis serviks dan submukosa agar kita lebih mengetahui keadaan dan kondisi selanjutnya.

  • MRI

Ini juga merupakan cara terbaik dari bentuk pencitraan untuk menentukan ukuran fibroid ataupun mengenai pertumbuhan jenis mioma atau fibroid lainnya di dalam rahim. Namun, cara pemeriksaan seperti ini biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  • Histeroskopi

Teleskop kecil ini akan berperan sangat penting dan mempunyai manfaat untuk memeriksa bagian dalam rahim. karena secara perlahan teleskop kecil ini akan di masukan kedalam bagian rahim untuk mengetahui bagian tertentu yang ditumbuhi oleh mioma. Selama prosedur ini, dokter spesialis akan melakukan biopsi (sampel jaringan kecil) yang dapat diambil dari lapisan dalam rahim.

  • Laparoskopi

laparoskopi adalah tabung fleksibel kecil yang digunakan untuk memeriksa bagian luar rahim. Selama menjalani prosedur tersebut, dokter spesialis pun akan melakukan biopsi yang dapat diambil dari lapisan luar rahim. Ini adalah prosedur pembedahan yang biasanya membutuhkan pemotongan sample dari kulit bagian luar rahim.

Jika kita masih ragu dengan jenis dan cara pengobatan di atas tersebut yang tentunya belum 100% dapat menyembuhkan dan juga tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan harus berulang-ulang untuk melakukan pengobatan tersebut untuk memastikan bahwa pengobatan tersebut memang dapat menyembuhkan kondisi tersebut secara tuntas. Tapi, kita tidak perlu khawatir lagi kok, karena sekarang sudah ada pengobatan herbal yang menawarkan penyembuhan 100% secara menyeluruh untuk masalah penyakit RAHIM yang anda derita dengan OVARY NUTRITION CAPSULE dari GREEN WORLD!!!. Sekarang giliran kalian yang membuktikan keunggulan obat herbal ini, tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan pada si penderita, jadi tidak perlu khawatir lagi ya!!!!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *