Nah Ini Ada Beberapa Manfaat Berkeringat Yang Harus Anda Ketahui

Kondisi tubuh yang berkeringat bagi sebagian orang mungkin saja merupakan hal yang memalukan ketika berada di lingkungan sekolah, pekerjaan atau atau tempat umum lainnya, karena keringat ini biasanya mengeluarkan aroma bau tidak sedap. Tubuh kita setiap harinya hampir meproduksi 1 liter keringat yang bertujuan untuk dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan untuk menjaga kesehatan untuk kulita kita. Menurut salah satu ahli medis yang telah melakukan penelitian menyebutkan bahwasanya berkeringat adalah cara tubuh dan kulit melindungi diri dari kondisi rasa panas yang berlebihan pada tubuh kita. Berkeringat juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Keringat adalah bukti tubuh kita mempunyai mekanisme otomatis yang akan menjaga suhu tubuh agar tetap dingin, yang dapat membantu membuka dan menutup bagian pori-pori kulit. Nah sudah tahu bukan,? ternyata keringat itu tidak hanya membuat tubuh menjadi bau saja, akan tetapi keringat juga mempunyai efek yang sangat menyehatkan untuk tubuh kita.

Meningkatkan endorfin

Berolahraga meningkatkan tingkat hormon endorphin dengan baik yang secara alami akan dilepaskan selama aktivitas fisik. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam kelompok jurnal Biology Letters bahwa berolahraga ternyata dapat benar-benar meningkatkan tingkat endorphin dan menyebabkan rasa sakit menjadi berkurang. Tubuh akan berkeringat ketika kita melakukan olahraga yang biasanya melibatkan gerak fisik seperti halnya zumba.

Mendetoksifikasi tubuh

Salah satu cara yang paling efisien untuk mendetoksifikasi tubuh ialah dengan cara tubuh agar berkeringat. Berkeringat dapat mengeluarkan zat alkohol, kolesterol, dan garam dari dalam tubuh kita untuk keluar. Tubuh akan melepaskan racun melalui keringat sebagai caranya tersebut. Keringat akan membersihkan tubuh dari racun yang dapat menyumbat pori-pori yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Environmental Contamination and Toxicology ternyata menemukan adanya banyak unsur-unsur yang beracun dari dalam tubuh kita yang dapat dibuang melalui keringat. Para peneliti percaya bahwasanya dengan melalui keringat saja dapat membantu memeriksa keadaan racun dalam tubuh seseorang selain darah dan air urin. Kita juga harus tahu mengenai beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang berfungsi sebagai pendukung dalam proses pendetoksifikasian racun dalam tubuh kita.

Menurunkan risiko batu ginjal

Berkeringat dapat menjadi cara yang efektif untuk mengeluarkan garam dan mempertahankan kalsium dalam tulang kita. Hal ini juga akan membatasi penumpukan jumlah garam dan kalsium dalam ginjal dan urin kita, yang menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal. Karena orang-orang yang berkeringat cenderung menerima asupan cairan lebih banyak dari minum, yang merupakan metode lain untuk pencegahan dari terbentuknya batu ginjal. Sebuah penelitian dari American Urological Association di San Diego, California, menyebutkan bahwa hanya dengan berjalan saja selama beberapa jam dalam seminggu dapat mengurangi risiko untuk mengembangkan batu ginjal dan juga akan mengubah cara tubuh menangani nutrisi dan cairan yang dapat mempengaruhi pembentukan batu. Banyak dari kita yang tidak tahu mengenai asal mula atau penyebab dari timbulnya batu ginjal, jadi kita hanya bisa tahu ketika sudah terasa dan ketika batu itu sudah tumbuh, untuk itu kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa ciri timbulnya batu ginjal.

Mencegah pilek dan penyakit lainnya

Kondisi berkeringat benar-benar dapat membantu untuk melawan serta mencegah kuman tuberkulosis dan patogen berbahaya lainnya yang dapat menyerang tubuh kita. Keringat mengandung peptida antimikroba yang efektif untuk mengeluarkan radikal bebas seperti virus, bakteri, dan jamur agar hilang dari tubuh kita. Peptida ini bermuatan positif untuk tubuh dan bermuatan negatif untuk sejenis bakteri, karena peptida tersebut akan menghancurkan perkembangan dan pertumbuhan bakteri.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 dalam Proceeding National Academy of Sciences terbukti bahwa dermcidin adalah senyawa kimia yang sangat efektif untuk melawan kuman penyebab TBC ataupun sejenis radikal bebas lainnya. Para peneliti percaya bahwa zat-zat alami yang terkandung dalam air keringat tersebut lebih efektif untuk digunakan dalam mendetoksifikasi bakteri dari dalam tubuh kita dalam jangka panjang daripada penggunaan obat antibiotik yang dengan cepat dapat mengembangkan resistensi terhadap mereka. Ada juga kok beberapa gejala dan cara pengobatan penyakit flu atau filek ini, agar kita lebih mudah untuk menanganinya dengan cepat dan benar.

ZAP zits

Pori-pori kulit akan kita akan terbuka ketika berkeringat, karena akan melepaskan penumpukan bakteri ataupun penyebab jerawat lainnya dari dalamnya. Keringat adalah pembersih tubuh alami dari racun yang dapat menyumbat pori-pori dan dari kondisi penyakit kulit lainnya. Berkeringat secara berlebihan dikenal sebagai hiperhidrosis, yang dapat mempengaruhi seseorang untuk terjadinya infeksi kulit seperti kutil dan tinea. Eksim dan ruam juga lebih banyak terjadi pada orang yang memiliki hiperhidrosis.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *