Otak

Apa Benar Kebiasaan Menyundul Bola Dapat Merusak Otak?

Kita harus mengetahui bahwasanya tidak semua jenis olahraga mempunyai manfaat loh, karena sebagian jenis olahraga dari tinju dan sepakbola saja mempunyai efek bahaya dan pengaruh buruk terhadap kesehatan kita. Kok bisa?, ya memang bisa, karena olahraga tinju mempunyai gerakan saling memukul yang sudah jelas dan biasa mengenai kepala, begitu pula dengan sepak bola yang walaupun tidak saling memukul akan tetapi jenis olahraga ini kadang menuntut si pemainnya untuk bisa menyundul bola. Lihat juga penyakit dan kondisi cedera otak traumatis!

Dan jika dilakukan dalam waktu yang lama, maka kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk bahkan merusak pertumbuhan dan perkembangan otak kita sehingga menyebabkan cidera. Nah sekarang dalam artikel ini kita akan membahas mengenai dampak masalah kesehatan otak yang di sebabkan oleh kebiasaan menyundul bola, agar kita tahu dampak buruk apa jika anak kita yang mempunyai hobi bermain sepak bola mempunyai kebiasaan selalu menyundul bola.

Penelitian yang telah dibuktikan mengenai masalah dampak buruk kebiasaan menyundul bola terhadap kesehatan otak yaitu dapat menimbulkan masalah neurodegenerative, seperti ensefalopati traumatik kronis. Peneliti membandingkan pemain sepak bola dengan perenang, dan hasilnya terlihat perbedaan pada otak perenang yang terlihat normal sedangkan otak pemain sepak bola memiliki kelainan pada saluran serat materi putih mereka. Sel-sel saraf mengirimkan pesan ke sel saraf lainnya dengan cara saluran serat atau akson, dan jika otak mengalami guncangan cukup keras, maka seseorang tersebut dapat memiliki gangguan saluran serat.

Apa efek dari kelainan otak ini?

Goncangan pada bagian otak yang berlebihan dapat menyebabkan subconcussive otak dan trauma concussive yang juga dapat menyebabkan gejala kognitif, termasuk dengan timbulnya masalah memori serta perilaku dan masalah suasana hati seperti kecemasan dan depresi. Gejala lain termasuk masalah dengan tidur, pusing dan sakit kepala.

Apakah ada batas kekuatan seseorang yang dapat dengan aman untuk menyundul bola?

Sebenarnya timbulnya masalah cidera otak bisa di sebabkan oleh bagaimana benda tersebut membentur kepala kita dengan seberapa kuat dan berat dari benda tersebut. Kondisi tersebutlah yang akan membuat otak kita menjadi tidak kuat untuk menahan benturan keras yang terjadi sehingga merusak bagian-bagian lunak tertentu dari otak kita. Karena para peneliti belum mengetahui bagaimana pukulan tersebut dapat menghasilkan trauma subconcussive, akan tetapi sebagian pukulan ke kepala tidak menghasilkan gejala, akan tetapi menghasilkan perubahan struktural yang diamati dari neuroimaging. Lihat juga informasi makanan sehat untuk anak-anak dibawah usia 5 tahun!

Mengapa diperlukan waktu yang lama bagi para peneliti untuk memahami dampak dari dampak concussive dan subconcussive pada otak?

Ada banyak faktor biologis yang mempengaruhi apakah yang manusia tersebut dapat menderita gegar otak atau tidak. Berapa banyak gegar otak yang orang telah derita sebelumnya dan seberapa parah kondisi gegar otak tersebut. Faktor-faktor lainnya termasuk: usia yang lebih mudah untuk menderita gegar otak biasanya pada usia awal dewasa, dan pemulihan pun akan lebih lambat. Jika kekuatan leher kita kuat saat pukulan tersebut mengarah ke kepala, maka secara signifikan uga dapat mengurangi kesempatan kita untuk menderita gegar otak. Kondisi lain seperti dehidrasi dan jenis kelamin perempuan juga menjadi faktor resiko tinggi terhadap kemungkinan untuk menderita gegar otak.

Saran terbaik untuk penggemar sepak bola

Para penelitian merekomendasikan bahwa anak-anak di bawah usia 14 untuk tidak melakukan kebiasaan menyundul bola ketika bermain sepak bola. Dampak buruk terhadap kepala lebih merusak di bawah usia tersebut, karena sejumlah alasan struktural dan metabolik. Otak anak-anak yang tidak mielin sebagai otak orang dewasa. Myelin adalah lapisan dari jenis lapisan serat neuron seperti yang ada pada kabel telepon. Hal inilah yang akan membantu transmisi sinyal dan juga memberikan kekuatan yang lebih besar pada neuron, sehingga otak muda lebih rentan.

Untuk menghindari kondisi buruk yang tidak kita inginkan dan untuk mengobati permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan otak, maka ada solusi terbaik dari BRAIN CARE CAPSULE yang akan membantu si penderita masalah otak seperti cidera otak, geger otak, penyakit parkinson dan gangguan otak lain yang biasanya di sebabkan oleh pukulan keras pada kepala. Obat herbal ini sangatlah aman dan menjadi solusi terbaik untuk digunakan untuk menyembuhkan penyakit otak dari pada kita harus menjalani operasi yang membutuhkan biaya mahal dan juga dengan kekhawatiran akan efek samping yang dapat di timbulkan.

Jika permasalahan si anak tidak hanya berkaitan dengan otak saja, namun juga berkaitan dengan kondisi pertumbuhan dan perkembangan yang bermasalah karena kekurangan asupan nutrisi tertentu yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh, kini waktunya kita memenuhi asupan suplemen dari ZINC TABLET yang bertujuan untuk memberikan pemenuhan asupan nutrisi yang akan mempengaruhi perkembangan jaringan dan sel tubuh yang normal.

17 Feb 2017

Cara Terbaik Untuk Memiliki Bayi Cerdas

Kita sudah tahu bahwa dengan cara menjalani gaya hidup yang sehatketika hamil tentunya kita  mengharapkan mempunyai bayi yang tumbuh sehat dan kuat, tanpa disadari kita juga harus membuat si bayi menjadi lebih cerdas dan pintar. Seperti halnya dengan secra teratur mengkonsumsi salad berdaun hijau yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kecerdasan serta perkembangan otaknya. Apa yang kita lakukan saat sedang hamil dapat menghasilkan banyak dampak pada perkembangan dan kecerdasan otak sibayi pada masa depan.

Lihat juga makanan yang dapat meningkatkan sistem imun!

Kesempatan untuk menurunkan resiko penyakit autisme

Menggunakan suplemen prenatal, yang mengandung tinggi asam folat dan vitamin B yang sangat penting untuk masa kehamilan. Asam folat sangat penting terhadap manfaatnya dalam pembentukan bagian sel-sel otak yang sehat, dan sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat secara teratur dalam empat minggu sebelum konsepsi melalui delapan minggu dalam kehamilan hanya akan memiliki risiko 40 persen lebih rendah untuk melahirkan anak yang dapat menderita penyakit autisme. Kita bisa menggunakan sereal, kacang, dan sayuran hijau seperti bayam, yang mempunyai kandungan tinggi asam folat.

Asam lemak omega-3, terutama DHA, juga memiliki dampak yang besar pada produksi neuron, saraf-saraf di otak yang mengeluarkan impuls listrik dalam mengirim pesan ke seluruh tubuh. Salmon dan ikan berlemak lainnya, kenari, biji rami tanah, dan telur juga ternyata mempunyai kandungan yang diperkaya dengan omega 3. Zat besi membantu meningkatkan pertumbuhan sel-sel darah merah yang sehat, yang akan membawa oksigen ke otak bayi. Daging merah merupakan sumber terbaik dari omega 3, tapi dapat ditemukan juga dalam makanan nabati seperti kacang-kacangan, bayam, dan tofu, serta sereal yang mengandung tinggi zat besi. Untuk itu, ada baiknya kalau kita mengetahui beberapa gejala gangguan penyakit autis pada anak, agar kita lebih cepat dan lebih mudah untuk mendiagnosis penyakit tersebut lebih awal.

Meningkatkan kecerdasan

Dengan melakukan aktivitas fisik juga akan memberikan stamina tambahan yang akan kita butuhkan untuk proses persalinan dikemudian hari yang tentunya juga dapat memperkuat otak bayi. Menurut sebuah studi dalam Journal of American College of Sports Medicine, anak-anak dari ibu yang rutin melakukan olahraga selama masa kehamilannya dinilai mempunyai lebih tinggi pada tes kemampuan bahasa dan kecerdasan disaat usia 5 tahun dibandingkan dengan anak-anak dari ibu yang tidak pernah melakukan aktivitas fisik lainnya. Mengapa?, alasannya yaitu karena tingkat kortisol yang sedang menurun oleh hormon stres yang juga sudah disekresikan ketika kita berolahraga.

Hal ini juga akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi, serta organ utama lainnya. Para ahli juga sudah merekomendasikan para wanita hamil untuk meluangkan waktunya sekitar 30 menit dalam seminggu untuk melakukan olahraga ringan yang dapat melibatkan gerak fisik. BRAIN CARE CAPSULE, suplemen obat herbal untuk pertumbuhan dan kesehatan otak!!

Meningkatkan IQ

Beberapa wanita mengalami masalah dengan tiroid selama kehamilan, entah terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid dalam darah ibu dapat berbahaya bagi janin atau tidak, untuk itu sangat penting untuk melakukan pengobatan secepat mungkin. Rendahnya tingkat hormon tiroid telah dikaitkan dengan perkembangan otak yang akan mempengaruhi IQ si bayi tersebut.

Para peneliti saat ini tidak merekomendasikan skrining hormon tiroid untuk semua wanita hamil, tapi sebagian ibu menjadi lebih berisiko dengan cara pengontrolan kesehatan lewat tes darah. Untuk membantu menjaga kelenjar tiroid berfungsi secara normal, kita hanya cukup mengkonsumsi 220 mg yodium per hari yang bisa kita dapatkan dalam yogurt dan susu, serta garam yang memiliki kandungan yodiumnya.

Meningkatkan kedekatan

Mungkin saja terdengar aneh bukan, ketika kita harus berbicara dengan bayi yang masih didalam kandungan?, tetapi itu merupakan hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk membangun hubungan yang intim dan lebih dekat lagi dengan bayi sedari dini. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar setengah dari masa kehamilan, bayi kita sebenarnya sudah dapat mendengar dan menanggapi suara. Kita dapat berbicara, menyanyi, atau membaca untuk si bayi. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwasanya si bayi tampaknya sudah mulai dapat merasakan ketenangan dan kenyamanan ketika diperdengarkan sebuah lagu, bacaan buku, atau suara dan dapat mengenali irama yang mereka dengar di dalam rahim.

Kekuatan maksimum otak bayi

Kebiasaan merokok, meminum alkohol (bagian otak yang di pengaruhi oleh alkohol) atau menderita penyakit serius seperti diabetes atau kondisi stres yang berlangsung lama, tentunya menjadi faktor yang sangat luar biasa dampaknya terhadap perkembangan otak si bayi tersebut.

Benar saja kalau otak juga membutuhkan perkembangan dan kesehatan sedari dini dari mulai sejak bayi, untuk mendukung kesehatan dan perkembangan otak, kita juga membutuhkan jenis asupan vitamin dan nutrisi untuk otak, agar pertumbuhan dan perkembangannya pun menjadi lebih sehat dan kuat tentunya berfungsi dengan semaksimal mungkin.

29 Nov 2016

Penyakit Dan Kondisi Cedera Otak Traumatis

Beberapa dari kondisi tersebut tentunya mempunyai penyebab dan gejala yang berbeda juga. Dari beberapa cidera pun dapat mengganggu beberapa sistem kerja fungsi otak, seperti yang terjadi akibat penggunaan minuman beralkohol yang dapat merusak beberapa bagian dari otak. Artikel ini akan sedikit membahas mengenai penyebab dan gejala dari cedera otak traumatis.

Penyebab

Cedera otak. Traumatis biasanya disebabkan oleh pukulan atau cedera traumatis lainnya yang mengarah ke kepala atau tubuh. Tingkat kerusakan dapat bergantung pada beberapa faktor, termasuk keparahan cidera dan kekuatan pukulan itu sendiri.

Cedera dapat mencakup satu atau lebih dari faktor-faktor berikut:

  • kerusakan sel-sel otak masih terbatas ke bagian langsung di bawah titik tengkorak dari dampak tersebut.
  • pukulan keras dapat menyebabkan beberapa titik kerusakan pada otak kita karena otak dapat bergerak dibagian tengkorak.
  • kondisi tubuh yang berputar atau adanya sentakan keras dapat menyebabkan robeknya struktur selular.
  • suara ledakan seperti dari bahan peledak, dapat menyebabkan kerusakan luas pada otak.
  • suatu benda yang dapat menembus tengkorak dapat menyebabkan kerusakan parah pada sel-sel otak, pembuluh darah dan jaringan pelindung lainnya di sekitar otak.
  • pendarahan, pembengkakan, dan pembekuan darah di sekitar otak dapat mengganggu suplai oksigen ke otak.

Terjatuh. Jatuh dari tempat tidur, tergelincir di kamar mandi, jatuh dari tangga dll adalah penyebab secara keseluruhan yang paling umum dari cedera otak traumatis, terutama pada orang dewasa yang lebih tua dan anak-anak.

Kecelakaan kendaraan. Kecalakaan seperti tabrakan yang melibatkan mobil, sepeda motor ataupun kendaraan lainnya merupakan penyebab umum dari cedera otak traumatis.

Kekerasan. Sekitar 20 persen dari cedera otak traumatis disebabkan oleh kekerasan, seperti luka tembak, kekerasan dalam rumah tangga atau pelecehan anak. Sindrom bayi cedera otak traumatis disebabkan oleh kekerasan pada bayi yang merusak bagian sel otak.

Cedera olahraga. Cedera otak traumatis dapat disebabkan oleh beberapa aktivitas kita saat berolahraga, termasuk sepak bola, tinju, bisbol, lacrosse, skateboard, hoki, dan dampak tinggi dari jenis olahraga ekstrim lainnya, seperti gulat.

Ledakan dan cedera bertempur lainnya. Ledakan adalah penyebab umum dari cedera otak traumatis seperti yang paling banyak di alami oleh para personil militer yang masih aktif. Meskipun mekanisme kerusakan belum dipahami dengan baik, banyak peneliti percaya bahwa gelombang tekanan yang melewati otak secara signifikan dapat mengganggu fungsi otak. Cedera otak traumatis juga dapat disebabkan oleh pukulan parah pada kepala, benturan keras pada kepala dan masih banyak lagi.

Gejala

Cedera otak traumatis dapat memiliki efek luas terhadap fisik dan psikologis. Beberapa tanda-tanda atau gejala mungkin akan segera muncul setelah peristiwa traumatis terjadi, sementara gejala yang lainnya dapat muncul beberapa hari atau beberapa minggu kemudian.

Tanda-tanda dan gejala cedera otak traumatis ringan termasuk:

Gejala fisik

  • kehilangan kesadaran selama beberapa menit
  • keadaan dan pikiran yang bingung
  • disorientasi
  • sakit kepala
  • mual atau muntah
  • kelelahan atau mengantuk
  • kesulitan tidur
  • tidur lebih awal dari biasanya
  • pusing atau kehilangan keseimbangan

Gejala sensorik

  • masalah sensorik, seperti penglihatan kabur, telinga berdenging atau rasa tidak enak di mulut
  • perubahan kemampuan untuk mencium
  • sensitivitas terhadap cahaya atau suara

Gejala kognitif atau mental

  • gangguan pada memori atau konsentrasi
  • perubahan mood atau suasana hati
  • merasa tertekan atau cemas

Tanda-tanda dan gejala cedera otak traumatis parah termasuk:

Sedang untuk cedera otak traumatik yang parah dapat mencakup tanda-tanda dan gejala cedera ringan, serta gejala berikut yang mungkin muncul dalam beberapa jam atau hari setelah cedera kepala:

Gejala fisik

  • kehilangan kesadaran dalam beberapa menit atau jam
  • sakit kepala terus-menerus dan semakin memburuk
  • muntah dan mual berkali-kali
  • kejang
  • pelebaran satu atau kedua pupil dari mata
  • cairan bening mengalir dari hidung atau telinga
  • ketidakmampuan untuk bangun dari tidur
  • kelemahan atau mati rasa di jari tangan dan kaki
  • kehilangan keseimbangan dan kontrol

Gejala kognitif atau mental

  • kebingungan yang mendalam
  • agitasi atau perilaku yang tidak biasa lainnya
  • bicara cadel
  • koma dan gangguan kesadaran lainnya

Gejala yang menyerang anak-anak

Bayi dan anak-anak dengan cedera otak mungkin tidak memiliki keterampilan komunikasi untuk menunjukan kondisi sakit kepala, masalah sensorik, kebingungan ataupun gejala lainnya. Pada anak yang mengalami cedera otak traumatis, kita bisa mencoba untuk mengamatinya dengan:

  • perubahan disetiap kebiasaan makan atau menyusui
  • mudah menangis dan ketidakmampuan untuk berada dalam kondisi senang
  • mudah marah yang tidak biasa
  • perubahan kemampuan dalam kondisi perhatiannya
  • perubahan kebiasaan tidur
  • suasana sedih atau tertekan
  • kehilangan minat dalam mainan atau kegiatan favorit lainnya

Untuk itu, kita harus bisa mengetahui beberapa nutrisi dan cara pelatihan untuk pemulihan cedera otak, agar kita dapat dengan mudah untuk melakukan sesuatu terbaik dalam menangani masalah yang berhubungan dengan otak kita.

17 Oct 2016

Nutirisi Dan Latihan Pemulihan Cedera Otak

Pasien yang bertahan dari cedera otak traumatis sering menghadapi jalan panjang dan menantang pemulihan untuk mengembalikan fungsi kerja otak dan normal tubuh. Asupan nutrisi sangatlah penting baik untuk pemulihan cedera ataupun untuk menjaga kesehatan otak kita. Cedera otak dapat menghancurkan beberapa jaringal sel dalam otak dan tidak meyebabkan cacat fisik saja, tetapi kondisi ini juga dapat menganggu memori, ucapan, pemikiran kognitif serta proses penalaran. Dalam beberapa kasus, kita mungkin saja dapat mengembalikan fungsi dan menyembuhkan kembali bagian otak yang rusak dengan cara terapi ucapan atau terapi okupasi. Cedera otak juga dapat menimbulkan beberapa masalah komplikasi kesehatan lainnya.

Asupan nutrisi:

Omega-3

Asam lemak omega-3 berperan penting dalam pemenuhan asupan bagian dari sel-sel otak tertentu, kandungan omega-3 ini terdapat dalam makanan seperti ikan, minyak ikan, biji rami, ganggang dan kenari. Menurut University of Maryland Medical Center, kebanyakan orang Amerika kekurangan omega-3, dan menjadi penyebab dari gangguan tertentu seperti disleksia. Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal “Neurosurgery” menunjukkan bahwa suplemen omega-3 ini dapat membantu melindungi saraf dari kerusakan setelah cedera dan mencegah otak terhadap perubahan perilaku negatif. Suplemen omega-3 suplemen juga telah dikenal untuk meningkatkan fungsi mental pada orang dewasa yang lebih tua.

Asam amino

Protein digunakan untuk pertumbuhan, perbaikan dan pemeliharaan hampir pada setiap jaringan dalam tubuh kita. Asam amino di otak berhubungan dengan tingkat neurotransmitter di otak. Para peneliti di University of Pennsylvania School of Medicine menemukan bahwa suplementasi dengan kandungan asam amino leusin, isoleusin, dan valin dapat memulihkan fungsi kognitif otak yang cedera.

Air

Sebuah studi pada tahun 2011 dalam jurnal “Brain Mapping” menunjukkan bahwa kondisi dehidrasi dapat mengubah struktur fisik otak. Dehidrasi juga mengganggu fungsi otak, sehingga sulit untuk menghasilkan konsentrasi dan menyebabkan pemikiran otak kita menjadi lambat.

Makanan lain

Hindari dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi akan lemak jenuh, lemak terhidrogenasi dan natrium, karena mereka dapat meningkatkan risiko penyakit stroke. Mengkonsumsi berbagai makanan yang baik akan membuat tubuh kita untuk menerima jumlah yang cukup akan kandungan vitamin dan mineralnya, beberapa di antaranya sangat berkaitan dengan fungsi otak. Misalnya, dengan senyawa kolin ini ternyata dapat memberikan kontribusi untuk pembentukan neurotransmitter, zat yang akan membantu mengirimkan sinyal di otak. Kolin sendiri merupakan vitamin yang ditemukan dalam telur dan kacang.

Range of motion

Latihan rentang gerak adalah jenis terapi fisik yang mengatur pergerakan dan fungsi. Latihan rentang gerak bisa dilakukan oleh individu atau dengan bantuan dari terapi fisik dalam metode yang dikenal sebagai rentang pasif gerak. Latihan rentang gerak membantu mempertahankan kekuatan dalam jangka pendek atau panjang, sesuai dengan metode pemulihan dari jaringan otak yang mengalami cidera tersebut. Latihan seperti hanya memperluas dan meregangkan lengan atau kaki bagian bawah dapat membantu menjaga otot, fungsi ligamen dan juga tendon untuk mendapatkan kembali kekuatan atau fungsi dari anggota tubuh lainnya.

Latihan secara kognitif

Berbagai kegiatan dan latihan yang melibatkan fungsi kerja otak dapat membantu membangun kembali kemampuan otak secara kognitif. Latihan tersebut dapat fokus pada keterampilan menulis melalui menggambar bentuk atau menyalin bentuk. Lebih tepatnya lagi seperti spasial dan keterampilan menulis, seperti menggambar titik atau tanda di tengah-tengah garis panjang, atau belajar kembali huruf-huruf alfabet.

Latihan mendengar

Katakanlah daftar huruf atau angka dengan nada lambat dari suara dan meminta orang yang telah menderita cedera otak untuk membuat tanda di atas kertas setiap kali ia mendengar nomor atau huruf tertentu. Atau mengatakan huruf-huruf alfabet atau mengatakan kata-kata singkat dengan suara tertentu.

Neurobics

Menurut Franklin Institute melakukan latihan dasar dengan metode neurobics setiap hari, dapat membantu menciptakan dan mengembangkan sel-sel saraf dan jalur baru di otak. Neurobics dapat dilakukan dengan tertentu yang berhubungan dengan olahraga otak. Misalnya, kebiasaan kita saat makan lebih dominan menggunakan sendok dari pada dengan tangan langsung. Latihan tersebut juga dapat membantu merangsang dan menantang otak untuk meningkatkan plastisitas atau mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel serta jaringan baru diotak.

Sudah seharusnya kita bisa lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas dalam sehari-hari terutama aktivitas berat seperti pekerja bangunan yang sewaktu-waktu dapat terjatuh dari lantai atas sehingga menyebabkan gegar otak, ataupun kegiatan lain yang membuat otak menjadi cedera. Karena, walaupun otak berada didalam tempurung kepala dan terlindungi oleh tengkorak kepala, tetapi otak juga dapat memiliki beberapa jenis gangguan tertentu yang dapat membuat rusaknya fungsi kerja dari otak itu sendiri. Selebihnya kita bisa melatih otak kita dengan cara bermain games karena ini akan melatih pusat motorik pada otak kita.

12 Oct 2016

Kondisi Kelaparan Tenyata Dapat Mempengaruhi Otak

Makanan dapat memberikan asupan untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita seperti lemak, protein dan karbohidrat, yang digunakan sebagai sumber energi, serta dalam membangun atau menyembuhkan kembali otot yang cedera untuk memproduksi enzim dan hormon. Ketika perut kita berada dalam kondisi kosong, tubuh akan dengan cepat menyadari kurangnya jumlah makanan dan merespon kondisi tersebut dengan rasa lapar. Salah satu organ utama tubuh yang terlibat dalam peresponan kondisi ini ialah otak. Bahkan ada beberapa bukti mencengangkan, bahwa kondisi kelaparan dalam jangka pendek dapat membuat otak menjadi sehat, tapi keadaan ini akan memaksa otak untuk memetabolisme dan memproduksi neuron sendiri untuk menjaga otak agar tetap aktif. Karena beberapa sistem saraf pusat dan perkembangan jenis tumor di otak juga dapat terjadi, jika sel jaringan dalam otak tersebut telah terjadi perkembangan dan pertumbuhan diluar kendali.

Hipotalamus

Bagian utama dari otak yang memainkan peranan penting dalam reaksi tubuh ketika kita mengalami kondisi kelaparan ialah hipotalamus. Hipotalamus terletak tepat di atas batang otak dan bertanggung jawab untuk mengatur homeostasis atau keseimbangan dalam tubuh kita. Bagian hipotalamus ini akan bekerja cepat untuk mengembalikan keseimbangan tubuh.

Menyadari rasa lapar

Tiga bidang utama dari hipotalamus yang berhubungan dengan rasa lapar yaitu lateral, paraventricular dan hipotalamus ventromedial. Hipotalamus ventromedial ini akan membantu dalam mengatur rasa lapar. Hipotalamus lateral akan merespon ketika kita tidak makan, yang membuat kita tahu bahwa kita dalam kondisi lapar.

Ghrelin

Ghrelin diproduksi oleh kedua bagian yaitu perut dan hipotalamus serta jumlah kecil melalui plasenta, kelenjar pituitari dan ginjal. Ghrelin dibuat ketika tingkat energi terlalu rendah karena kekurangan makanan. Otak kemudian merespon dengan menciptakan rasa lapar untuk mengingatkan kita untuk memenuhi asupan makan tersebut. Kelaparan juga dapat terjadi karena kekurangan cairan atau dapat terjadi karena pola makan yang tidak teratur.

Malnutrisi dan otak

Sel-sel otak kita hanya bergantung pada energi dari asupan makanan saja. Tanpa nutrisi yang disediakan oleh makanan, fungsi saraf akan berdampak negatif terhadap perubahan kimia di otak kita. Fungsi tubuh kita juga sangat berhubungan dengan otak seperti dalam proses konsentrasi, memori, pola tidur, mood dan keterampilan motorik kita.

Keseimbangan neuron

Ada beberapa bukti bahwa ketosis ternyata dapat menstabilkan neuron di otak. Kejang yang terjadi pada epilepsi terjadi ketika neuron mengalami kondisi hyperexcited secara intens yang akan menyebar ke daerah-daerah yang lebih besar dari bagian otak lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, yang disebut diet ketogenik ini telah digunakan untuk pengobatan alami penyakit epilepsi.

Mengurangi volume otak

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010 oleh International Journal of Eating Disorders menyebutkan bahwa volume otak dapat berkurang pada orang penderita anoreksia nervosa. Ketika penderita anoreksia ini mengalami kelaparan saat mencoba menjalani proses penurunan berat badan, otak mereka akan memulai metabolisme materi abu-abu dalam otak itu sendiri.

Perincian otot dan neuron

Ketika kondisi kelaparan ini dibiarkan terus dalam jangka waktu yang panjang, sebagian besar lemak tubuh yang tersimpan telah digunakan untuk membangun energi dalam tubuh kita, serta secara signifikan dapat mengurangin jumlah kandungan vitamin dan mineral dalam tubuh. Otak juga tidak bisa mendapatkan nutrisi terpentingnya dalam kondisi lapar tersebut dan hal ini akan memulai untuk merusak neuron untuk menjaga otak agar tetap berfungsi aktif. Menurut sebuah peneliti yang diterbitkan pada tahun 2009 Journal of Biological Chemistry, otak laki-laki dan otak perempuan mempunyai reaksi dan respon yang berbeda selama dalam kondisi kelaparan. Otak laki-laki ini lebih cenderung untuk cepat menggunakan jaringannya sendiri dalam memasok asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

Makanan merupakan asupan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya, makanan yang baik juga tentunya dapat membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan membangun energi dalam tubuh kita supaya kita lebih kuat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Otak pun tidak akan bekerja secara sempurna ketika kita tidak melakukan sarapan dipagi hari, hal ini akan membuat otak menjadi tidak berfungsi secara sempurna dalam proses pembelajaran maupun untuk proses daya ingatnya. Hal sepele saja dapat membuat otak menjadi rusak dan membuatnya menjadi sulit untuk berfungsi, untuk itu sebaiknya kita untuk menjalani pola hidup yang sehat dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat yang dibarengi dengan kegiatan ringat lainnya yang dapat melibatkan daya pikir untuk melatih otak kita agar tehindar dari gangguan demensia.

Sekarang sudah banyak penyakit berat yang bisa saja menyerang otak kita sewaktu-waktu tanpa mengalami gejala terlebih dahulu seperti halnya penyakit berat yang menyerang otak kita yaitu Alzheimer, penyakit Alzheimer ini juga mempunyai hubungan dengan penuaan otak juga loh.

 

11 Oct 2016